Di era digital ini, berbelanja secara online kini seolah menjadi kebiasaan. Ditambah lagi keadaan pandemi yang belum berakhir ini, membuat kita lebih aman untuk menghindari kerumunan. Dan memenuhi kebutuhan dengan membelinya di online shop maupun marketplace, bisa menjadi solusi. Setelah kita melakukan transaksi pembelian, biasanya pihak seller akan memberikan kita bukti pengiriman berupa rangkaian angka bernama nomor resi. Kemudian, resi itulah yang akan digunakan untuk melacak sudah sampai mana atau bagaimana status barang yang kita pesan tersebut. Salah satu istilah yang sering kita temui dalam pengecekan status adalah received at warehouse. Lalu, apakah arti received at warehouse tersebut?

JNE Tracking

JNE Tracking
(Sumber: Google.com)

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai status pengiriman beserta artinya, paket yang dikirim oleh sender bisa kita lakukan pelacakan atau tracking, caranya bisa dengan mengunjungi laman www.Jne.co.id atau instal aplikasi MyJNE pada smartphone Anda. Bisa juga dengan mengetik JNE Tracking di Google.

Baca Juga : Panduan Lengkap Cara COD Shopee Terbaru yang Benar dan Aman

Mengenal Arti Received At Warehouse

Apa sih arti received at warehouse itu? mungkin Anda pengguna jasa kurir JNE seringkali bertanya-tanya saat sedang melakukan pengecekkan resi. Yuk, kita cari tahu sekarang!

Received at warehouse dalam Bahasa Indonesia artinya diterima di gudang. Dalam artian, paket yang akan segera kita terima itu, sudah tiba di gudang JNE kota tujuan. Status ini biasanya muncul setelah sebelumnya terdapat keterangan received at origin gateway. Sebetulnya, Anda tidak perlu khawatir, karena biasanya setelah paket tiba di gudang, maka selanjutnya akan diproses dan dikirimkan ke alamat kita sebagai penerima. Jadi, kita hanya tinggal menunggu paketnya datang.

Berapa Lama Proses yang Dilakukan Di Gudang?

Pertanyaan tersebut mungkin juga sering terpikirkan oleh kita. Barang memang sudah ada di kota tujuan, namun berapa lama proses yang dilakukan di gudang supaya barang tersebut bisa sampai di tangan kita?

Untuk informasi yang satu ini, sebetulnya tergantung pada pihak ekspedisi, termasuk paket pengiriman yang kita pilih, misal apakah JNE Oke, JNE Reg, atau JNE Yes.

Dengan pengiriman JNE Yes, maka prosesnya terhitung lebih cepat. Dalam waktu hitungan jam, status received at warehouse tersebut akan berubah menjadi with delivery courier yang artinya paket sedang diantar oleh kurir dalam perjalanan.

Jika Status Paket Received At Warehouse terus, Apa yang Harus Dilakukan?

Biasanya status tersebut dalam waktu yang lama, karena adanya ketidak lengkapan pada data alamat ataupun alamat yang mungkin masih rancu. Misal tidak ditulis jalan atau komplek, atau bahkan tujuan pengiriman ke tempat A, namun yang tertulis ke tempat B yang tidak jelas. Jika seperti itu biasanya status akan berubah lebih detail, menjadi bad addressbox delay.

Ada dua cara yang mungkin saja bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Mendatangi Kantor JNE

Mendatangi Kantor JNE
(Sumber: Kabar24.bisnis.com)

Sebetulnya, setiap paket yang ada di gudang bisa kita ambil sendiri. yang perlu kita lakukan adalah, mendatangi kantor JNE yang digunakan sebagai gudang tersebut, kemudian membawa dan menunjukkan identitas serta nomor resi dari paket yang akan diterima.

Hal ini bisa menjadi cara yang cukup efektif, jika kita memang sudah menunggu barang tersebut datang, apalagi untuk paket dengan status pending dan lain sebagainya.

Baca Juga : Tutorial Cara Kredit di Shopee dan Syarat Kredit di Shopee

2. Menghubungi JNE untuk Konfirmasi dan Mendapat Info Lebih Lanjut

Pilihan lainnya adalah dengan menghubungi pihak JNE untuk bertanya dan mendapat informasi lebih jelas dari sana. Hal ini bisa dilakukan oleh Anda yang mungkin memang belum ada waktu juga tak sempat datang ke kantor/ gudang JNE.

Sebetulnya, ada acara lain selain menghubungi JNE via telepon, yaitu dengan chat di media sosial, responnya pun cukup cepat. Jangan lupa untuk sertakan nomor resi atau jelaskan secara detail ya.

Jika Anda ingin menghubungi pihak JNE, berikut informasinya:

  • Telepon Call Centre JNE: di (021) 2927 8888
  • Email: [email protected]
  • Facebook: JNE
  • Twitter: JNE_ID
  • Instagram: @jne_id
  • Fitur Ask Joni yaitu fitur khusus yang ada di laman JNE www.jne.co.id. Anda hanya tinggal memilih menu Ask Joni, mengisi data diri, mengetik pesan yang ingin disampaikan, lalu mengirimkannya.

Mengenal Pilihan Paket Pengiriman JNE

Seperti yang telah sedikit dibahas di atas, lamanya pengiriman juga bergantung pada paket yang dipilih. Berikut penjelasannya:

1. OKE (Ongkos Kirim Ekonomis)

  • Proses pengiriman lebih lama dari paket Reg.
  • Tidak melayani pengiriman saat weekend dan hari libur nasional lainnya.
  • Tidak berlaku garansi uang kembali.

2. REG (Reguler)

  • Pengiriman 1-7 hari bergantung pada jarak pengirim dan penerima.
  • Tidak menerima pengiriman di hari minggu atau libur nasional.
  • Tidak berlaku garansi uang kembali.

3. YES (Yakin Esok Sampai)

YES (Yakin Esok Sampai)
(Sumber: Ardisaz.com)

Layanan paket yang waktu penyampaiannya di esok hari (walaupun weekend atau libur nasional), dengan ketentuan:

  • Berlaku batas maksimum pengiriman.
  • Berlaku pada kota yang ditentukan.
  • Penyampaian ke penerima paling lambat jam 21.00 waktu setempat.
  • Garansi uang kembali jika keterlambatan disebabkan oleh pihak JNE.

Baca Juga : Cara Daftar Shopee Mall Terbaru untuk Penjual dan Pembeli

Arti Status Pengiriman JNE

Selain arti received at warehouse, ada berbagai istilah lain status pengiriman JNE yang baiknya kita pahami, seperti:

  • Shipper: Pengirim
  • Consignee: Penerima barang.
  • Origin: Asal
  • Destination: Tujuan
  • Shipment received by JNE counter officer at: Paket diterima oleh agen JNE
  • Shipment picked up by jne courier: Paket dijemput oleh kurir JNE dari agen untuk dikirim ke pusat sorting.
  • Received at sorting center: Barang telah diterima di pusat sorting.
  • Processed at sorting center: Barang telah disorting, dan akan dilanjut ke tahap selanjutnya yakni Transit.
  • Departed from transit: Paket sedang dikirim untuk transit (pindahkan) ke kota berikutnya.
  • Received at origin gateway: Paket sudah diterima gudang yang berada di kota pengirim, dan nantinya akan dikirim ke pusat gudang yang berada di kota tujuan.
  • Received at warehouse: Paket sudah diterima di gudang yang berada di kota tujuan.
  • With delivery courier: Paket akan dikirim oleh kurir kepada alamat tujuan.
  • Delivered: Barang telah diterima pada alamat yang dituju, serta nama penerima akan dicantumkan.
  • Shipment forwarded to destination: Paket diteruskan ke agen/cabang JNE terdekat dengan alamat yang dituju.
  • Received at inbound station: Paket sudah diterima pada agen/cabang JNE terdekat.
  • Misroute: Salah rute pengiriman, misalnya (seharusnya dikirim ke kota A>B>C malah ke A>C>D)
  • Receiver: Penerima paket, pada alamat tujuan.

Ada pula istilah-istilah lain yang mungkin Anda temui, seperti:

  • Depart: Berangkat
  • Departed: Telah berangkat
  • From: Dari
  • Process: Proses
  • Processed: Telah diproses
  • Transit: Tempat singgah, tapi dalam konteks diatas bisa jadi artinya ‘dipindahkan’
  • At: Di
  • Sorting Center: Pusat Sortir (Tempat)
  • Sort: Sortir
  • Sorting: Penyortiran
  • Received: Diterima
  • Picked Up: Dijemput
  • Warehouse: Gudang
  • Courier: Kurir
  • Delivery: Pengiriman
  • Delivered: Terkirim

Demikian informasi mengenai arti dari received at warehouse serta istilah lainnya dan informasi mengenai pengiriman paket JNE yang seringkali kita temui saat berbelanja secara online maupun saling bertukar/ mengirim barang dari satu tempat ke tempat lainnya.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram CaraDaftar.Id. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.