8.7 C
New York
Tuesday, March 31, 2020
Home Bisnis Apa Itu Bisnis Model Canvas? Definisi, Pengertian, dan Cara Memulai

Apa Itu Bisnis Model Canvas? Definisi, Pengertian, dan Cara Memulai

Ketika seorang pebisnis akan memulai sebuah bisnis, maka langkah utama yang harus diambil ialah menentukan model bisnis yang akan diambil. Salah satu jenis model bisnis yang telah lama ada ialah bisnis model canvas. Namun, bagi para pebisnis yang terbilang masih baru dalam dunia bisnis, tentu akan bertanya-tanya apakah itu bisnis model canvas?

Definisi dan Pengertian Bisnis Model Canvas (BMC)

Bisnis Model Canvas atau yang juga sering disingkat menjadi BMC adalah sebuah model dalam melakukan bisnis yang telah lama ada. Bisnis model canvas pertama kali diperkenalkan oleh seseorang bernama Alexander Osterwalder.

Bisnis model canvas diketahui telah ada sejak tahun 2011. Pertama kali model bisnis canvas muncul di negara Swiss. Alexander sendiri merupakan seorang pebisnis yang telah banyak meneliti tentang model-model dari sebuah bisnis.

Ketika akan memulai sebuah bisnis yang menggunakan canvas sebagai modelnya, maka artinya pelaku bisnis harus mengerti betul tentang sembilan elemen bisnis model canvas. Sembilan elemen bisnis model canvas tersebut tidak dapat dipisahkan, karena satu sama lain saling terhubung.

Nah penasaran bukan apa saja kesembilan elemen-elemen yang saling terhubung dalam bisnis canvas?

Cara Memulai Bisnis Model Canvas

Memulai sebuah bisnis tentunya bukanlah sebuah hal yang dapat dilakukan sembarangan tanpa perhitungan. Salah satu hal yang tak lepas dari perhatian misalnya saja ialah ketika memulai bisnis canvas.

Ketika seorang pebisnis memutuskan untuk menggunakan sebuah model bisnis, maka harus paham mengenai apa saja elemen-elemen yang ada di dalamnya. Dengan begitu, maka para pebisnis akan mampu menjalankan bisnis dengan benar. Berikut sembilan elemen bisnis model canvas yang saling terhubung satu sama lain.

1. Menentukan Customer Segment

Tahap awal ketika memulai bisnis model canvas adalah menentukan customer segment. Customer segment sendiri memiliki arti yang berarti sebuah proses penentuan target pasar yang akan menjadi incaran.

Penentuan bisnis melalui customer segment berawal dari adanya sebuah pertanyaan yang saling terkait, dalam artian apa yang akan didapatkan oleh pembeli ketika membeli dan menggunakan produk yang ditawarkan dalam bisnis tersebut.

Baca Juga : Bagian-Bagian Contoh Proposal Bisnis

Contoh dari customer segment tersebut misalnya saja ialah penjualan dari obat pelangsing, maka jelas sudah jika manfaat yang didapatkan ialah konsumen akan mengalami penurunan berat badan tanpa harus olahraga terlebih dahulu.

Untuk itu mencari spesifikasi dari kriteria barang yang akan dibeli oleh konsumen menjadi hal yang sangat penting. Pasalnya, hal tersebut akan berpengaruh dalam penjualan produk yang akan dijual.

2. Menjelaskan Value Propositions

Langkah selanjutnya adalah value propositions. Value propositions merupakan sebuah proses dimana pelaku bisnis harus dapat memberikan penjelasan mengenai sebuah solusi yang akan diberikan untuk menyelesaikan problem yang dihadapi.

Proses ini berkaitan dengan manfaat dari produk yang ditawarkan, itulah sebabnya proses ini disebut value. Yakni fokus terhadap manfaat yang diberikan.

3. Membuat Channels yang Tepat

Channels merupakan sebuah cara dimana sebuah produk yang memiliki value tinggi, dapat sampai ke tangan para konsumen yang telah ditetapkan sebelumnya. Artinya, para pelaku bisnis harus memiliki strategi agar para konsumen dapat menjangkau produk yang ditawarkan.

Salah satu cara agar para konsumen mampu menjangkau produk yang ditawarkan ialah dengan cara menjualnya melalui sosial media seperti Instagram, Facebook Ads, atau jenis sosial media yang lainnya.

4. Customer Relationship

Apabila konsumen yang telah ditawarkan produk tersebut membelinya, maka langkah selanjutnya adalah membangun customer relationship. Customer relationship adalah sebuah proses agar para konsumen tersebut tetap setiap membeli produk yang sebelumnya telah ditawarkan. Harapannya tentu agar para konsumen tersebut melakukan repeat order pada produk yang ditawarkan.

Cara membuat customer relationship sebetulnya cukup mudah, salah satunya ialah dengan membuat sebuah newsletter yang isinya sebuah konten pembelajaran. Salin itu membuat kartu selamat ulang tahun yang diberikan melalui laman website dan pemberian produk secara gratis juga cukup membuat konsumen tertarik untuk selalu repeat order.

5. Key Activities

Key activities merupakan sebuah proses dimana produk yang dijual harus sampai ke setiap konsumen yang membutuhkan. Para pelaku bisnis dapat mulai berjualan online dengan dibantu layanan seperti FB Ads, IG Ads, hingga Google adwords agar setiap konsumen yang membutuhkan dapat melihat produk yang ditawarkan.

6. Menentukan Key Resources

Sebuah aktivitas tentunya hanya akan dapat berlangsung apabila terdapat orang yang mengendalikan aktivitas yang berlangsung. Artinya, key resources merupakan seorang yang mengendalikan aktivitas yang tengah berlangsung. Untuk itu, kebutuhan dari key resources dapat berupa adanya sumber daya manusia maupun tanpa adanya sumber daya manusia.

Baca Juga : Unsur-Unsur Dalam Contoh Bisnis Plan

Sebagai contoh dari key resources adalah ketika pelaku bisnis menggunakan sebuah iklan marketing seperti di Facebook Ads, maka pelaku bisnis tersebut membutuhkan seorang marketer untuk mengendalikan aktivitas tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk menyediakan peralatan elektronik untuk menunjang kegiatan para marketer, seperti laptop, jaringan internet dan kartu debit untuk aktivitas pembayaran iklan.

7. Mencari Key Partners yang Tepat

Key partners merupakan para pihak-pihak yang nantinya siap membantu perkembangan dari sebuah bisnis yang akan digeluti. Contohnya adalah ketika seorang pebisnis menggunakan sistem reseller, artinya para reseller tersebutlah yang nantinya menjadi key partners bagi para pebisnis.

Selain para resellers, media pendukung seperti Republika, Kumparan, atau Kompas juga merupakan key partners. Melalui media tersebut, nama brand produk nantinya akan dipromosikan secara luas. Dengan menggunakan media-media tersebut, maka bisnis yang digeluti akan lebih cepat berkembang.

8. Merinci Cost Structure

Sesuai dengan namanya yakni cost structure, maka elemen pada poin kali ini memiliki arti yang erat kaitannya dengan biaya-biaya yang dibutuhkan ketika memulai membangun bisnis. Biaya-biaya untuk membangun sebuah bisnis dapat mulai dihitung ketika pelaku bisnis telah menentukan key activities dan juga key resources.

Selain biaya yang dikeluarkan dari proses key activities dan key resources, jangan lupa untuk memberikan gaji pada karyawan. Berikanlah gaji pada karyawan sesuai dengan proporsi kerjanya.

9. Perhitungan Revenue Stream

Revenue stream adalah proses penghitungan hasil atau keuntungan yang didapatkan ketika memulai bisnis tersebut. Tentunya, semua pelaku bisnis membuat bisnis agar dapat memperoleh keuntungan darinya.

Para pelaku bisnis yang memiliki fokus terhadap penjualan produk, maka keuntungan yang didapatkan juga bersumber dari margin hasil penjualan produk tersebut. Namun, ketika bisnis yang dijalankan bergerak pada sebuah teknologi atau startup seperti tokopedia, bukalapak, dan shopee, maka keuntungan atau revenue stream yang diperoleh akan lebih complicated.

Nah, itu dia pengertian bisnis model canvas serta bagaimana cara memulai bisnis model canvas. Melalui sembilan elemen yang sudah dijabarkan di atas, maka kini para pebisnis bisa mulai mempelajari serta menerapkan bisnis model ini yang menawarkan banyak keuntungan.

Karena jenis model bisnis yang satu ini terbukti memberikan banyak keuntungan, maka tidak heran jika model bisnis ini pun semakin banyak digunakan oleh para pebisnis dan pengusaha.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram CaraDaftar.Id. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Syarat Administrasi, Biaya dan Cara Daftar Ruang Guru

Pendidikan menjadi pondasi dan hal terpenting yang harus selalu dipenuhi. Dengan tingginya kebutuhan akan kebutuhan pendidikan yang berkualitas membuat banyak penyedia jasa...

Tutorial Cara Daftar Youtube yang Benar bagi Pemula Banget

Youtube merupakan salah satu platform sosial media yang sangat banyak digemari oleh semua kalangan. Banyaknya youtuber (orang yang menekuni dunia youtube) membuktikan...

Apa itu Netflix dan Bagaimana Cara Daftar Netflix dengan Mudah

Untuk mengisi kekosongan waktu ada banyak sekali pilihan aktivitas yang bisa dilakukan Contohnya adalah dengan menonton film. Menonton film tidak hanya dapat...

Penjelasan Tentang Aturan Cara Daftar Facebook Terbaru

Meski sudah diluncurkan cukup lama, namun popularitas facebook memang masih sangat tinggi untuk digunakan sebagai media berkomunikasi yang sangat mudah. Cara daftar...
- Advertisment -