Bidikmisi merupakan salah satu bentuk beasiswa dalam bentuk bantuan biaya pendidikan untuk mahasiswa. Beasiswa yang satu ini dikhususkan bagi mereka yang kurang beruntung dalam bidang ekonomi akan tetapi memiliki prestasi yang baik. Tidak semua orang dapat memperoleh beasiswa yang satu ini karena pemerintah benar-benar selektif dalam menentukan siapa saja yang berhak mendapatkan beasiswa bidikmisi.

Calon mahasiswa yang akan memperoleh bidikmisi juga tidak hanya memiliki kondisi ekonomi yang lemah saja, akan tetapi juga harus memiliki keunggulan dalam bidang akademik. Untuk memperoleh beasiswa yang satu ini, siswa kelas 12 SMA dapat mendaftarkan diri melalui sekolah. Cara daftar bidikmisi pun sangatlah mudah.

Cara Daftar Bidikmisi dan Syarat yang Harus Dipenuhi

Cara Daftar Bidikmisi
(Yudharta.ac.id)

Bagi siswa SMA yang berminat untuk mendaftarkan diri sebagai peserta bidikmisi, maka harus memenuhi syarat yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Adapun syarat yang harus dimiliki oleh calon peserta bidikmisi adalah sebagai berikut

Baca Juga : Cara Daftar SNMPTN

  1. Siswa SMA, SMK, MA, ataupun yang sederajat d tahun 2020. Akan tetapi, peserta dengan tahun ajaran 2019 pun dapat mengikuti program bidikmisi. Jadi bagi siswa SMA yang sudah 1 tahun lulus tetap dapat mendaftarkan diri sebagai peserta bidikmisi.
  2. Memiliki prestasi dalam bidang akademik di sekolah. Prestasi yang dimaksud dapat berupa nilai selama di sekolah. Bagi siswa yang berada di peringkat 10 besar sekolah dapat menjadi salah satu kandidat kuat untuk memperoleh beasiswa yang satu ini.
  3. Usia maksimal saat mendaftar bidikmisi 21 tahun.
  4. Memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP). Ini hanya disarankan saja, jadi bagi yang tidak memiliki kartu ini juga tetap bisa mendaftarkan diri sebagai peserta bidikmisi.
  5. Dinyatakan lulus seleksi penerimaan mahasiswa di salah satu perguruan tinggi. Ya, bagi calon peserta bidikmisi tentu harus memiliki status diterima sebagai mahasiswa di salah satu kampus. Maksud dari pernyataan ini adalah siswa kelas 12 bisa mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa bidikmisi. Akan tetapi saat siswa tersebut diterima di sebuah kampus, belum tentu menjadi mahasiswa penerima bidikmisi. Akan ada proses selanjutnya untuk menentukan apakah dia menerima beasiswa tersebut atau tidak. Jadi, proses seleksi selanjutnya akan ditentukan oleh pihak universitas. Pihak kampus dapat membatalkan status bidikmisi jika ada hal yang kurang sesuai dengan syarat pendaftaran bidikmisi.
  6. Kondisi ekonomi yang pra sejahtera atau kurang mampu. Pemerintah sendiri memiliki patokan pasti dalam pemilihan peserta bidikmisi. Pendapatan orang tua (ayah dan ibu) jika digabungkan tidak lebih dari Rp 4.000.000. Atau dengan menghitung seluruh penghasilan yang diperoleh kemudian dibagi jumlah keluarga pada KK dan memiliki hasil tidak lebih dari Rp 750.000.
  7. Pendidikan orang tua paling tinggi S1
  8. Telah masuk dalam sistem bidikmisi. Jadi, peserta harus dipastikan telah terdaftar dalam sistem bidikmisi dan dapat login menggunakan NISN dan NPSN yang valid.

Bagi calon peserta yang tidak memenuhi syarat tersebut, maka dipastikan tidak memperoleh beasiswa bidikmisi. Jadi, bagi siswa SMA yang memiliki prestasi akademik yang bagus akan tetapi dalam kondisi ekonomi yang cukup, maka dipastikan bahwa orang tersebut tidak memperoleh beasiswa bidikmisi.Bagi peserta yang telah memenuhi syarat tersebut, maka peserta dapat melanjutkan ke proses pendaftaran bidikmisi.

Proses pendaftaran ini dilakukan dalam 2 tahap, yaitu pendaftaran oleh pihak sekolah dan pendaftaran oleh pihak siswa yang bersangkutan. Berikut ini merupakan cara pendaftaran bidikmisi:

A. Pendaftaran Oleh Pihak Sekolah

(Pendaftaran.net)

Pendaftaran yang satu ini dilakukan oleh pihak sekolah, dapat berupa guru, wali kelas, atau bahkan oleh kepala sekolah. Berikut ini merupakan cara pendaftaran yang dapat dilakukan:

  1. Membuka alamat resmi untuk pendaftaran bidikmisi. Pihak sekolah dapat mengunjungi http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/sekolah/
  2. Di sini, kepala sekolah akan diminta untuk mendaftarkan diri sebagai salah satu instansi yang memberikan rekomendasi bidikmisi. Kepala sekolah akan diminta untuk login ke alamat tersebut dan melampirkan beberapa scan berkas untuk memperoleh kode akses sekolah.
  3. Setelah pihak sekolah mendapatkan kode akses untuk login, maka akan diminta login kembali menggunakan NPSN serta kode akses yang telah diperoleh tadi. Di sini, pihak sekolah dapat merekomendasikan siapa saja yang akan menjadi calon peserta bidikmisi.
  4. Setelah memberikan rekomendasi mengenai siswa mana saja yang berhak mendapatkan beasiswa ini, maka selanjutnya akan ditampilkan nomor pendaftaran seta kode akses untuk setiap peserta bidikmisi yang direkomendasikan tadi.
  5. Pihak sekolah akan memberikan informasi mengenai nomor pendaftaran beserta kode aksesnya kepada setiap siswa yang direkomendasikan tadi.
  6. Calon peserta bidikmisi akan diminta untuk melakukan pendaftaran online secara mandiri. Cara untuk melakukan pendaftaran untuk siswa akan dijelaskan pada point berikut ini.

B. Pendaftaran Calon Peserta Bidikmisi Oleh Siswa yang Bersangkutan

(Docplayer.info)

Pendaftaran ini dilakukan secara mandiri oleh siswa bersangkutan yang akan mendaftarkan diri sebagai peserta bidikmisi. Berikut ini merupakan cara yang dapat dilakukan:

Baca Juga : Cara Daftar SBMPTN

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan oleh siswa saat akan mendaftarkan diri sebagai peserta bidikmisi adalah dengan mengunjungi situs resmi bidikmisi di http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/siswa/
  2. Langkah selanjutnya adalah login ke akun peserta. Untuk dapat login, maka siswa harus memiliki nomor pendaftaran dan juga kode akses. Siswa akan memperoleh keduanya dari pihak sekolah. Bagi yang belum memiliki keduanya, maka dapat langsung bertanya kepada pihak sekolah.
  3. Selanjutnya siswa akan diminta untuk mengisi biodata. Setiap siswa ini akan diminta untuk mengisi biodata sesuai dengan diri sendiri. Pastikan bahwa biodata yang dimasukan merupakan biodata asli dan jujur. Jangan lupa untuk cek ulang setiap poinnya untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam pendaftaran.
  4. Jika pengisian data telah selesai dan sesuai dengan identitas diri, maka selanjutnya siswa akan diminta untuk mencetak kartu peserta bidikmisi. Dalam hal ini, peserta sudah terdaftar sebagai peserta bidikmisi yang siap masuk ke perguruan tinggi.

Nah, demikian di atas merupakan cara yang dapat dilakukan untuk mendaftarkan diri sebagai peserta bidikmisi. Cara yang sangat mudah ini tentu dapat dilakukan dengan dukungan dari pihak sekolah.

Jika pihak sekolah tidak memberikan akses, maka secara otomatis siswanya tidak dapat mendaftarkan diri sebagai peserta bidikmisi. Oleh sebab itu, bagi siswa yang pihak sekolah belum pernah mendaftarkan bidikmisi, maka dapat langsung berdiskusi dengan pihak sekolah untuk membukakan akses pendaftaran bidikmisi.

Sebelum mendaftar, jangan lupa untuk memastikan bahwa perguruan tinggi yang dilamar membuka beasiswa untuk bidikmisi, karena tidak semua perguruan tinggi membuka beasiswa bidikmisi. Oleh sebab itu, peserta wajib melakukan analisis terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk masuk ke dalam satu perguruan tinggi pilihan. 

Bagi yang telah mengamati cara daftar bidikmisi di atas, maka selanjutnya dapat melakukan pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi. Siswa dapat memilih beberapa jalur yang tersedia seperti SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, Mandiri PTN, dan masih banyak yang lainnya.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram CaraDaftar.Id. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.