Memiliki pekerjaan yang berkualitas seperti bekerja di perusahaan BUMN juga menjadi dambaan banyak orang. Hal ini dikarenakan bekerja di perusahaan BUMN akan mendapatkan gaji yang cukup besar dan mendapatkan fasilitas maupun jaminan yang menggiurkan. Jadi, bisa dibilang bekerja sebagai pegawai BUMN menjadi kebanggaan tersendiri. Namun, supaya bisa bekerja di perusahaan BUMN bukanlah hal yang sangat mudah, harus melewati persaingan yang cukup ketat dengan ribuan orang lainnya. Sebelum mendaftar sebaiknya ketahui dulu syarat dan cara daftar BUMN seperti apa. 

Syarat Daftar BUMN

cara daftar BUMN
(Sumber: Magazine.job-like.com)

Sebelum beranjak pada cara daftar BUMN, hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah syarat pendaftaran BUMN. Pelamar harus menyiapkan segala berkas yang kemungkinan dibutuhkan sebagai syarat pendaftaran. Di samping itu, tahap pertama pendaftaran adalah proses pengumpulan bekas baik itu pendaftaran secara online maupun offline. Untuk pendaftaran online, semua berkas harus di scan dan disimpan dalam bentuk soft file. Apabila pendaftaran menggunakan sistem offline, maka peserta harus melengkapi berkas berupa hard file. 

Namun saat ini, sistem yang digunakan oleh perusahaan sangat canggih tidak kalah dengan perusahaan swasta maupun startup. Karena sistem pendaftaran yang digunakan adalah  secara online. Setiap perusahaan BUMN saat ini sudah memiliki website yang dikelola dengan sangat baik dan selalu memperbarui informasi lowongan pekerjaan secara update. Pendaftaran pun terkadang bisa dilakukan secara online di website tersebut.

Baca Juga : Cara Daftar Gemscool Lengkap dengan Syarat dan Ketentuan

Untuk melakukan pendaftaran lowongan pekerjaan secara online, pelamar harus mengupload berkas/dokumen yang diminta. Perusahaan akan meminta beberapa dokumen dan apabila pelamar tidak melengkapinya maka proses pendaftaran tidak dapat dilanjutkan. Hal yang sangat perlu diperhatikan adalah kualitas dokumen yang di upload. File dokumen harus jelas atau tulisan yang ada di dalamnya harus dapat dibaca. Dan terkadang sistem online meminta file dengan ukuran relatif kecil namun dengan kualitas yang bagus. Pastikan pelamar mengupload sesuai dengan kolom yang disediakan.

Beberapa dokumen standar yang harus disiapkan adalah:

1. Data Diri atau Curriculum Vitae

Pelamar harus menulis secara terperinci di dalam berkas ini, mulai dari nama lengkap, tempat tanggal lahir dan riwayat pendidikan. Apabila pelamar aktif dalam organisasi, pengalaman kerja, dan penghargaan maka hal ini menjadi nilai lebih yang dapat dijadikan bahan pertimbangan.

2. Identitas Pelamar 

Selain itu pelamar harus melampirkan scan KTP/SIM/kartu identitas lainnya. akta kelahiran, kartu keluarga dan Ijazah terakhir. Dokumen ini tidak boleh sampai terlewatkan karena menjadi poin yang sangat penting untuk digunakan untuk mendaftar. 

3. Melampirkan Sertifikat TOEFL atau IELTS

Apabila menggunakan sertifikat TOEFL, maka standar skor yang digunakan adalah 450-500. Sedangkan sertifikat IELTS harus memiliki skor 6-7.5 sebagai modal bersaing dengan kandidat lain. Pastikan pelamar menggunakan sertifikat yang masih memiliki masa berlaku. Apabila masa berlaku sudah habis, maka harus melakukan ujian ulang untuk mendapatkan sertifikat terbaru.

4. SKCK yang dikeluarkan oleh Polres Setempat

Untuk mendapatkan SKCK, pelamar dapat membuatnya terlebih dahulu melalui berbagai tahapan proses. Pertama harus memperoleh pengantar dari ketua RW setempat, setelah itu datang ke kantor desa dan mengisi sejumlah formulir yang dibutuhkan. Setelah memperoleh pengantar dari desa, maka pelamar harus mempersiapkan berbagai persyaratan sebelum ke Polsek.

Bekas yang dibutuhkan yakni fotocopy KTP/SIM, fotocopy kartu keluarga, fotocopy akta kelahiran/ijazah terakhir dan pas ukuran 4×6 dengan latar belakang merah sebanyak 6 lembar. Setelah semua proses dilalui di tingkat Polsek, selanjutnya datang ke Polres denga membawa surat rekomendasi dari Polsek. Bagi yang baru pertama kali mengurus SKCK di Polres, pelamar harus mendapatkan kartu/rumusan sidik jari dengan mendatangi bagian tersebut di Polres.

Cara Daftar BUMN

cara daftar BUMN
(Sumber: rekrutbersama.fhcibumn.com)

Setelah mengetahui syarat apa saja yang dibutuhkan, langkah selanjutnya yaitu harus mengetahui cara daftar BUMN. Terdapat 11.000 posisi yang ditawarkan oleh 110 perusahaan BUMN seperti bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, Jasa Raharja, Pegadaian, Angkasa Pura, KAI, INKA, WIKA, Adhi Karya, Waskita, Telkom, Pertamina, Petrokimia, Bulog, LEN dan perusahaan-perusahaan lainnya.

Untuk melakukan cara daftar BUMN, terdapat tiga jalur pendaftaran yang dibuka oleh perusahaan BUMN. Tiga jalur tersebut adalah:

Baca Juga : Apa itu Netflix dan Bagaimana Cara Daftar Netflix dengan Mudah

  1. Jalur reguler bagi lulusan SMA sederajat, Vokasi, Diploma, S1 dan S2
  2. Jalur Disabilitas yang memiliki talenta
  3. Jalur khusus bagi putra-putri terbaik dari Kawasan Timur Indonesia (KTI), seperti Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara.

Biasanya perusahan BUMN mengadakan recruitment secara online. Inilah cara daftar BUMN secara online: 

  1. Masuk ke website https://rekrutbersama.fhcibumn.com
  2. Pelamar harus membuat akun terlebih dahulu dengan cara klik buat akun kemudian masukkan nomor KTP, alamat email dan kata sandi yang akan digunakan.
  3. Tahap selanjutnya mengisi dan melengkapi data pribadi sesuai dengan kolom yang ada
  4. Pilih jalur recruitment, apakah itu regular, disabilitas ataupun KTI/putra-putri terbaik dari kawasan timur Indonesia
  5. Langkah selanjutnya isi surat keterangan sehat atau surat keterangan disabilitas
  6. Lampirkan/upload dokumen yang diminta, biasanya dalam bentuk pdf/jpg dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Apabila sistem pendaftaran tidak meminta mengupload, maka dokumen ini akan diminta pada saat proses assessment tata nilai. 
  7. Setelah semua biodata terisi klik daftar dan sistem akan melakukan seleksi administrasi

Terdapat beberapa tahap seleksi ketika mendaftar pekerjaan di perusahaan BUMN. Tapa seleksi tersebut berupa:

  1. Tahap awal berupa seleksi administrasi dan tes nilai-nilai BUMN
  2. Seleksi kemampuan dasar/SKD yang berisi memilih tiga posisi/perusahaan BUMN yang diminati sesuai dengan bakat dan tes online atau numerical verbal dan spatial.
  3. Seleksi langsung yang diadakan oleh perusahaan BUMN yang dilamar. Tahap tes ini sesuai dengan kebijakan dari masing-masing perusahaan BUMN seperti tes kemampuan bidang yang dilamar dan interview dengan pihak manajemen
  4. Tahap terakhir adalah pengumuman yang dapat dilihat dari website https://rekrutbersama.fhcibumn.com dan hasil juga dikirim melalui email pendaftar.

Tips Agar Lolos Tes BUMN

cara daftar BUMN
(Sumber: Businessnewsdaily.com)

Cara daftar BUMN yang diberlakukan adalah sistem online maka seringkali mendapatkan kendala ketika mengakses websitenya. Namun, pelamar tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips supaya bisa lolos tes BUMN. Apa saja tips tersebut, simak uraian di bawah ini:

Baca Juga : Jurus Rahasia Cara Daftar Google Adsense Langsung Berhasil

  1. Ketika melakukan pendaftaran online sebaiknya menggunakan PC/laptop, tidak menggunakan HP
  2. Pelamar harus memastikan memiliki kuota yang cukup dan koneksi jaringan internet stabil. Hal ini menghindari gangguan proses upload berkas terganggu.
  3. Menggunakan browser yang mendukung kelancaran proses pendaftaran online
  4. Pelamar harus memastikan PS/laptop memiliki fitur javascript dan fitur dalam kondisi aktif terupdate
  5. Gunakan alamat website yang benar sesuai dengan informasi di lowongan pekerjaan
  6. Lakukan pendaftaran online di luar jam sibuk. Karena pada saat jam sibuk, trafik internet lebih padat dan rentan terhadap gangguan
  7. Persiapkan diri untuk mengikuti tahap seleksi selanjutnya apabila lulus pemberkasan, seperti seleksi psikotes dan lain sebagainya
  8. Percaya diri dan perbanyak doa

Ada banyak keuntungan yang akan diperoleh jika menjadi pegawai di perusahaan plat merah seperti BUMN, Keuntungan tersebut seperti gaji yang tinggi, asuransi kesehatan, tunjangan, bonus, jenjang karir menjanjikan dan jaminan masa depan. Jika memang berminat maka harus mengetahui syarat dan cara daftar BUMN supaya bisa diterima menjadi salah satu pegawainya. 

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram CaraDaftar.Id. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.