Ibadah haji merupakan salah satu dari rukun islam yang kelima. Sedangkan menunaikan ibadah haji juga merupakan penyempurnaan ibadah dan juga penyempurnaan agama. Siapapun bisa menunaikan ibadah haji, bahkan dari kalangan yang kurang mampu pun rela menabung bertahun tahun untuk dapat melakukan ibadah haji.

Lalu bagaimana syarat administrasi, biaya, dan cara daftar haji yang harus dipenuhi oleh seseorang untuk dapat melakukan ibadah haji dengan baik?

Syarat Administrasi Cara Daftar Haji di Kementrian Agama atau Kemenag

cara daftar haji
(Sumber: Fainun.com)

Sebelum melakukan perjalanan haji, terdapat beberapa syarat administrasi yang harus dipenuhi oleh calon jamaah haji. Berikut ini beberapa persyaratan administrasi untuk dapat mendaftar haji di kantor kementerian agama atau kemenag:

Baca Juga : Trik Paytren: Cara Daftar Paytren, Biaya dan Lama Proses

  1. Yang pertama adalah fotokopi rekening bank yang digunakan untuk daftar haji atau tabungan haji yang dimiliki dengan ukuran yang sama atau 100% sebanyak 2 lembar
  2. Fotokopi kartu tanda penduduk atau KTP yang dimiliki sebanyak 2 lembar dengan ukuran 100%
  3. Fotokopi kartu keluarga 2 lembar
  4. Fotokopi dokumen lain seperti akta atau ijazah, kemudian buku nikah sebanyak 2 lembar
  5. Foto kopi sebanyak 2 lembar surat keterangan sehat dengan ukuran 100% yang telah dilakukan di puskesmas atau rumah sakit yang didalamnya mencakup informasi kesehatan seperti golongan darh, tinggi badan dan juga berat badan
  6. Foto diri sebanyak 17 lembar dengan ukuran 3×4 dengan persyaratan haru menampilkan ukuran wajah 80% dan memiliki baground putih
  7. Foto diri dengan banyak 3 lembar dan ukuran 4×6 dengan persyaratan haru menampilkan ukuran wajah 80% dan memiliki baground putih
  8. Map yang mana merknya ditentukan oleh bank dan dengan jumlah 2 lembar
  9. Selanjutnya setelah sampai pada tahap ini calon jemaah akan diminta untuk melakukan verifikasi dengan datang pada bank untuk melakukan pengecekan berkas. Saat id bank nasabah akan mendapatkan:
  10. 4 lembar surat validasi dari pihak bank
  11. Surat pernyataan dari bank yang bermaterai sebanyak 1 lembar
  12. Surat kuasa dari pihak bank yang bermaterai sebanyak 1 lembar
  13. 1 lembar slip yang menerangkan setoran awal sebanyak Rp. 25.000.000

Selanjutnya, setelah memenuhi semua persyaratan administrasi tersebut nasabah dapat membawa semua persyaratan administrasi yang suda lengkap ke kantor kementerian agama setempat.

Biaya yang Harus Dikeluarkan untuk Dapat Melakukan Ibadah Haji

cara daftar haji
(Sumber: Makkah-madinah.accor.com)

Seperti yang sudah diketahui bersama haji merupakan salah satu anjuran yang harus dilakukan oleh orang-orang yang  sudah mampu dalam segi pembiayaan. karena untuk dapat melakukan perjalanan atau ibadah  haji tidak memerlukan uang yang sedikit dan juga harus sabar menunggu giliran dari tahun ke tahun.

Baca Juga : Berikut Ini Tata Cara Daftar Sensus Penduduk Online

Berikut ini biaya untuk ongkos perjalanan haji sesuai dengan keputusan presiden no 8 tahun 2019 tentang biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) reguler tahun 1440/2019 M. Untuk biaya haji reguler di tahun 2020 juga tidak mengalami kenaikan dan sama dengan di tahun 2019.

Hal ini disesuaikan dengan ketentuan komisi VII DPr yang melakukan koordinasi dengan pemerintah lewat kementerian agama atau kemenag yang telah menetapkan biaya penyelenggaraan ibadah haji tahun 2020 sebesar RP. 35.235.602.

Berikut list daftar biaya  ibadah haji per embarkasi:

  1. Embarkasi Aceh Rp 30.881.010
  2. Embarkasi Medan Rp 31.730.375
  3. Embarkasi Batam Rp 32.306.450
  4. Embarkasi Padang Rp 32.918.065
  5. Embarkasi Palembang Rp 33.429.575
  6. Embarkasi Makassar Rp 39.207.741
  7. Embarkasi Jakarta (Pondok Gede) Rp 34.987.280
  8. Embarkasi Jakarta (Bekasi) Rp 34.987.280
  9. Embarkasi Solo Rp 36.429.275
  10. Embarkasi Surabaya Rp 36.586.945
  11. Embarkasi Banjarmasin Rp 37.885.084
  12. Embarkasi Balikpapan Rp 38.259.345
  13. Embarkasi Lombok Rp 38.454.405

Biaya ini berbeda dengan biaya untuk tim pemandu haji daerah (TPHD) yang ada di daerah per embarkasi tersebut:

  1. Embarkasi Solo Rp 66.645.504
  2. Embarkasi Batam Rp 67.905.304
  3. Embarkasi Padang Rp 68.363.504
  4. Embarkasi Medan Rp 67.363.504
  5. Embarkasi Palembang Rp 68.566.804
  6. Embarkasi Jakarta (Pondok Gede) Rp 69.963.504
  7. Embarkasi Jakarta (Bekasi) Rp 69.963.504
  8. Embarkasi Surabaya Rp 71.492.104
  9. Embarkasi Banjarmasin Rp 72.118.504
  10. Embarkasi Solo Rp 71.163.504
  11. Embarkasi Balikpapan Rp 72.243.504
  12. Embarkasi Lombok Rp 72.523.504
  13. Embarkasi Makassar Rp 73.543.504

Alur dan Cara Daftar Haji

cara daftar haji
Cara Daftar Haji (Sumber: Alkhalidtours.com)

Bagi yang sudah selesai memenuhi persyaratan administratif dan juga telah memenuhi kewajiban pembayaran haji yang ada, maka langkah seharusnya adalah daftar haji di kantor kementerian agama. Begini alur cara daftar haji yang harus dicermati :

Baca Juga : Mekanisme Resmi Cara Daftar Agen Kuota Jelas Terpercaya

  1. Untuk mencegah antri terlalu  lama calon jemaah dapat datang di kemenag pagi hari
  2. Silahkan untuk mengisi buku tamu dan petugas akan mengarahkan untuk mengisi formulir daftar haji atau surat pendaftaran pergi haji (SPPH)
  3. Silahkan untuk memasukkan seluruh persyaratan yang dibawa beserta formulir yang diisi dalam map dan serahkan pada petugas. Setelah itu calon jemaah akan diminta jaga untuk melakukan sesi foto dan scan sidik jari.
  4. Setelahnya calon jemaah akan diminta untuk menandatangani SPPH lalu petugas akan memberikan bukti pendaftaran hari dan nomor porsi atau nomor pendaftaran
  5. Pihak kemenag juga akan memberikan bukti setoran awal BPIH dari bank. Calon jamaah haji diharapkan untuk menyimpan 2 bukti tersebut secara baik baik
  6. Selanjutnya untuk informasi keberangkatan calon jemaah akan diminta untuk menghubungi wesite kemenag pada alamat https://haji.kemenag.go.id/v4/
  7. Bisa juga dengan menghubungi pendaftaran haji kemenag pusat di nomor 021-34833924
  8. Untuk perkiraan waktu keberangkatan biasanya jemaah akan diminta untuk menunggu dalam kurun waktu sekitar 18 tahun

Daftar Bank Penyedia Layanan Buka Tabungan Ibadah Haji

Bagi seseorang yang sudah memiliki niat meskipun dari kalangan orang yang kurang mampu pasti akan bertekad untuk menyempurnakan ibadah mereka. Untuk itu sebagai langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka tabungan haji di bank. Berikut daftar bank penyedia layanan buka tabungan haji

  1. Bank mandiri syariah
  2. Bank bri syariah
  3. Bank btn syariah
  4. Bank bni syariah
  5. Bank muamalat
  6. Permata bank
  7. Bank Cimb niaga syariah
  8. Panin bank syariah
  9. Bank mega syariah
  10. Bank sumut
  11. Bank dki
  12. Bank aceh syariah
  13. Bank jatim
  14. Bank sumsel
  15. Bank Riau Kepri

Nasabah juga perlu menyediakan beberapa dokumen pada saat pembukaan rekening tabungan haji di bank yaitu

  1. Kartu tanda penduduk atau ktp
  2. Membawa setoran awal yang hampir sama dengan pembukaan rekening biasa ada yang Rp. 50.000. dan juga Rp. 100.000
  3. Setelah setoran tabungan haji di rekening minimal sebesar RP.25.000.000 maka pihak bank akan memberikan lembaran syarat untuk dapat daftar haji di kementerian agama kota atau kabupaten.

Nah itulah beberapa langkah yang harus diperhatikan yang dapat dilakukan sebagai tahapan cara daftar haji.Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi para muslim dan muslimah yang ingin berangkat ke tanah suci.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram CaraDaftar.Id. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.