PT. Indo Premier Sekuritas adalah sekuritas yang paling aktif di Indonesia, mencatatkan transaksi senilai 13.273 lot saham dengan nilai Rp14,04 Triliun pada April 2019. Indo Premier menjadi sekuritas yang terkenal karena inovasinya pada tahun 2007, yang mana meluncurkan produk Exchange Trade Fund berbasis saham pertama di Indonesia di index LQ45. Selain itu terdapat pula kelebihan dan keunggulan lain Indo Premier sehingga menarik minat calon investor untuk berinvestasi IPOT. Untuk itu pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara daftar IPOT.

Untuk buka akun saham di Indo Premier, calon investor tidak perlu repot-repot datang ke kantor cabang, ataupun mengirimkan berkas-berkas yang waktu pengirimannya memakan waktu cukup lama. Calon investor dapat membuka akun saham lewat aplikasi IpotGo yang dapat diunduh di Google Play Store maupun App store. Lebih cepat, hemat biaya, dan bisa dilakukan di mana saja.

Baca Juga : Cara Daftar Binary Option dan Trik Rahasia Menggunakannya

Langkah-langkah Mendaftar IPOT di IpotGo

Langkah-langkah Mendaftar IPOT di IpotGo
(Sumber: Play.google.com)

Mempermudah para calon investor untuk membuka akun saham, Indo Premier menyediakan pilihan registrasi secara online melalui aplikasi IpotGo yang diinstal di smartphone. Adapun langkah-langkah mendaftar IPOT adalah sebagai berikut.

  1. Instal aplikasi IpotGo di Google play store : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ipotgo.app&hl=in&gl=US, untuk pengguna android, atau App Store untuk pengguna iOS : https://apps.apple.com/id/app/ipotgo/id1160259651
  2. Buka aplikasinya, calon investor akan diminta untuk mengisi alamat email dan No. handphone untuk registrasi, klik tombol Lanjut.
  3. Re-type atau ketik ulang email untuk konfirmasi, lalu klik OK.
  4. Buka aplikasi SMS, lihat pesan masuk dari Indo Premier. Sistem mengirimkan kode OTP yang harus diinput calon investor ke kolom isian yang tersedia, klik Lanjut.
  5. Berikutnya calon investor akan diminta untuk mengisi nomor KTP dan nomor NPWP (bila punya), kalau sudah klik Lanjut.
  6. Kemudian akan muncul notifikasi pop up yang memberikan konfirmasi nama e-KTP calon investor. Jika namanya sudah sesuai, klik OK.
  7. Calon investor akan diminta untuk memilih data pekerjaan dari opsi yang ada. Pilihannya antara lain Karyawan Swasta, PNS, TNI/Polisi, Karyawan BUMN dan Profesional. Pilih Profesional jika pekerjaan calon investor bukan PNS, TNI/polisi, maupun karyawan di perusahaan dan BUMN. Klik Lanjut.
  8. Bagi yang memilih Profesional, maka calon investor akan diminta untuk menuliskan nama profesinya, misal Blogger.
  9. Isikan detil perusahaan atau tempat kerja calon investor, seperti nama perusahaan, bidang usaha serta nomor telepon kantor.
  10. Berikutnya isikan alamat kantor, serta kelurahan/kode pos kantor.
  11. Pilih opsi tujuan pembukaan rekening dana nasabah dan rekening efek.
  12. Pilih data korespondensi calon investor.
  13. Isikan data tambahan berupa rekening bank pribadi, nomor rekening serta nama gadis ibu kandung.
  14. Berikutnya ambil selfi bersama KTP.
  15. Isikan berapa penghasilan per tahun.
  16. Lalu fotokan e-KTP, dan tanda tangan di atas kertas putih.
  17. Berikutnya calon investor diminta untuk membuat username dan password, bagian ini harus diingat karena nanti digunakan untuk login.
  18. Berikutnya buat PIN yang terdiri dari 8 angka dan sebisa mungkin yang mudah diingat.
  19. Cek ulang data yang sudah disubmit tadi.
  20. Lalu buat rekening dana nasabah dengan membaca perjanjian serta menyetujui desclaimer dari Permata Bank dan IPOT.
  21. Terakhir calon investor akan diminta melakukan video call dengan membaca sesuai petunjuk yang ada.
  22. Registrasi selesai dilakukan. Berikutnya calon investor harus melakukan konfirmasi pembukaan rekening dengan membuka email yang tadi didaftarkan. Buka pesan dari support@indopremier.com.
  23. Lakukan login di aplikasi IpotGo dengan memasukkan username serta password yang telah dibuat saat mendaftar.
  24. Setelah itu calon investor diminta untuk verifikasi data.
  25. Cek kembali email untuk melihat pesan dari support@indopremier.com mengenai pembukaan akun sedang diproses.
  26. Cek juga email masuk pemberitahuan SID dan SRE.
  27. Dengan begitu akun telah berhasil dibuat dan sudah dapat digunakan untuk bertransaksi saham.

Baca Juga : Cara Daftar SPAPEX Terbaru dan Login dengan Mudah dan Cepat

Langkah-langkah Daftar IPOT Manual

Langkah-langkah Daftar IPOT Manual
(Sumber: Indopremier.com)

Selain registrasi melalui aplikasi, calon investor yang ingin mendaftar secara manual karena tidak memiliki e-KTP atau ingin buka akun syariah, caranya adalah sebagai berikut.

  1. Buka website https://www.indopremier.com/ipotmember/register_manual.php.
  2. Isikan formulir isian yang ada. Seperti alamat email, nomor handphone, kode referral, serta centang checkbox jika ingin membuka akun syariah.
  3. Berikutnya calon investor akan diminta mengisi formulir Data Profil Nasabah diantaranya Nama Lengkap, Nomor KTP, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, status pernikahan, agama, kebangsaan, alamat rumah lengkap, serta centang checkbox jika ingin menjadikan alamat yang telah diinputkan menjadi alamat korespondensi.
  4. Selanjutnya isikan formulir Data Pekerjaan dan Bank. Meliputi jenis pekerjaan, jabatan, nama kantor, alamat lengkap kantor, penghasilan per tahun, kekayaan bersih, sumber dana, tujuan investasi, nama gadis ibu kandung, nomor rekening serta nama bank. Jangan lupa centang checkbox di bawah.
  5. Berikutnya calon investor akan diminta membuat sendiri username dan password untuk nantinya login. Setelah itu klik Finish Registrasi.
  6. Setelah registrasi selesai, maka akan muncul pemberitahuan untuk melanjutkan mengaktifkan akun. Yakni dengan cek email, print dokumen yang meminta calon investor membubuhkan tanda tangan, dan terakhir mengirimkan formulir serta dokumen yang diperlukan ke kantor pusat atau cabang IPOT.
  7. Dokumen dan formulir diterima oleh IPOT, yang kemudian akan segera diproses untuk pembuatan rekening saham, SID, SRE, serta Rekening Dana Investor yang akan dibuatkan oleh pihak Bank.
  8. Setelah investor mendapatkan nomor RDI, maka akun IPOT sudah dapat digunakan untuk bertransaksi.

Baca Juga : Tips Rahasia Cara Daftar Super Deal Terbukti Berhasil

7 Hal yang Harus Diketahui Tentang IPOT

7 Hal yang Harus Diketahui Tentang IPOT
(Sumber: Pasardana.id)

Sebelum memutuskan membuka akun saham IPOT, sebaiknya calon investor mengetahui 7 hal tentang IPOT terlebih dahulu.

  1. RDN yang tersedia hanya Bank Permata, akan tetapi investor dapat mengganti RDN setelah berhasil terdaftar.
  2. Pendaftaran sebaiknya dilakukan di jam bursa yaitu setiap hari senin sampai Jumat pukul 9 pagi hingga pukul 4 sore.
  3. Untuk daftar melalui IpotGo, investor akan secara otomatis mendapatkan akun reguler. Jika ingin mendapatkan akun syariah, maka harus mengajukan ke IPOT.
  4. IPOT tidak menentukan jumlah setoran awal ke RDN boleh nominal Rp50.000.
  5. Indo Premier meluncurkan aplikasi baru bernama IPOT yang bisa dikatakan sebagai super app Indo Premier yang menggabungkan semua aplikasi IPOT sebelumnya. Dengan aplikasi ini pengguna dapat melakukan pembelian saham, pembelian Reksadana, dompet digital, melakukan perencanaan keuangan, serta portal berita seputar pasar modal Indonesia.
  6. Cara beli saham IPOT adalah dengan transfer terlebih dahulu ke RDN, lalu pilih saham yang akan dibeli.
  7. Untuk pendaftaran, rekening pribadi yang dimiliki boleh dari bank apa saja, tidak harus Bank Permata.

Demikian informasi mengenai cara daftar IPOT. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram CaraDaftar.Id. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.