OVO telah menjadi salah satu aplikasi transaksi digital terbaik di Indonesia yang tidak hanya membantu memudahkan konsumen tetap juga membantu memudahkan usaha dari merchant nya. Sehingga tidak heran apabila banyak yang ingin mendaftar menjadi merchant dari OVO. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara daftar OVO Merchant secara lengkap bagi pemula.

Menjadi mitra OVO merchant akan mendapatkan berbagai kemudahan dalam menjalankan usaha. Terutama transaksi dengan pembeli. Dimana pembeli akan diberi pilihan untuk melakukan transaksi tanpa uang cash, tapi cukup dengan menggunakan aplikasi OVO.

Baca Juga : Cara Daftar OVO Paylater yang Mudah dan Cepat untuk Pemula

Kemudahan dan Keuntungan Daftar OVO Merchant

Tidak hanya konsumen saja yang akan mendapat keuntungan dari OVO, para pelaku usaha yang mendaftar sebagai OVO merchant juga akan mendapatkan berbagai kemudahan dan keuntungan. Selain kemudahan dalam bertransaksi, menjadi OVO merchant juga akan memberikan kemudahan dan keuntungan lain pada pelaku usaha seperti yang tertulis di bawah ini.

1. Pelayanan yang Cepat

Pelayanan yang Cepat
(Sumber: Magazine.job-like.com)

Melayani pembayaran konsumen tidak perlu pakai lama lagi, cukup dengan scan code QR maka transaksi pun berhasil dilakukan. Hal ini tentu mempercepat pelayanan proses transaksi dengan pembeli, karena tidak perlu menyediakan uang kembalian.

2. Transfer dapat Dilakukan Setiap Hari

Penghasilan yang didapat dari transaksi OVO bisa dengan mudah ditransfer ke rekening bank setiap hari, tanpa perlu khawatir mengenai perputaran hasil usaha hingga perputaran modal. Bahkan saat transfer ke rekening bank tidak akan dikenai biaya transfer sepersen pun. Terlebih nominal untuk transfer maksimal Rp10.000.000.

3. Mempermudah Pengelolaan Keuangan

Dengan mendaftar sebagai OVO merchant, pelaku usaha akan lebih mudah dalam mengelola keuangan usaha. Segala transaksi telah tercatat secara digital, sehingga mudah untuk dicek kembali melalui riwayat penjualan. Hal ini sangat membantu pengusaha kecil yang masih baru karena masih mengelola keuangan secara mandiri, dengan begitu para pelaku usaha akan dipermudah dalam menghitung pengeluaran serta pemasukan.

4. Mengetahui Kemajuan Usaha

Terakhir, pelaku usaha dapat menghitung jumlah keuntungan, kerugian serta terbantu dalam menyisihkan modal untuk melanjutkan usahanya kembali.

Baca Juga : Peraturan Penting Cara Daftar OVO agar Tidak Keliru

Syarat Mendaftar OVO Merchant

Syarat Mendaftar OVO Merchant
(Sumber: Riaupos.jawapos.com)

Untuk mendaftar menjadi OVO Merchant, pelaku usaha harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh pihak OVO. Persyaratan ini meliputi validasi data identitas diri pemilik usaha serta usaha dan bidang usaha yang ingin didaftarkan sebagai OVO merchant.

1. Memiliki kartu identitas yaitu KTP.

2. Memiliki nomor yang bisa dihubungi, dan alamat email aktif, serta menyertakan nama lengkap pemilik usaha.

3. Menyertakan identitas usaha yang meliputi nama toko, jenis usaha, bidang usaha, serta alamat lengkap toko yang akan didaftarkan sebagai OVO merchant.

4. Wajib mencantumkan dokumen berisi proposal pengajuan kerjasama dengan OVO dalam format pdf.

5. Telah mengantongi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

Syarat yang ditentukan oleh pihak OVO ini memang sangat sederhana karena tidak ingin mempersulit pemilik usaha untuk bekerjasama menjadi OVO merchant. Terlebih pendaftaran dibuka setiap waktu dan siapa saja yang memiliki usaha dapat mengajukan diri sebagai OVO merchant. Setelah semua syarat telah terpenuhi, pemilik usaha sudah dapat melakukan pengajuan pendaftaran ke OVO.

Cara Daftar OVO Merchant dengan Cepat

Dengan persyaratan yang mudah, pendaftaran OVO merchant juga terbilang mudah dan dapat dilakukan secara online. Untuk mendaftar, pemilik usaha wajib memiliki email aktif untuk melakukan apply OVO merchant.

1. Login ke email, lalu klik Pesan Baru.

2. Masukkan alamat email penerima yakni merchant.support@ovo.id.

3. Tulis “Daftar OVO merchant” di subjek.

4. Kemudian ketikkan identitas dari pemilik usaha yang meliputi nama lengkap, nomor Hp yang dapat dihubungi, serta alamat email aktif.

5. Ketik juga identitas usaha meliputi nama usaha/toko, bidang usaha, jenis usaha besar atau kecil, serta alamat lengkap toko berikut dengan kode pos.

6. Lampirkan dokumen-dokumen pendukung diantaranya foto KTP, proposal pengajuan kerjasama OVO merchant, serta bukti SIUP.

7. Cek ulang untuk menghindari kesalahan ketik atau lampiran, jika sudah benar silahkan klik Kirim.

8. Pemilik usaha harus menunggu balasan dari OVO selama 2-3 minggu untuk mengetahui apakah permintaan diterima atau tidak. Hal ini dikarenakan OVO perlu memvalidasi data yang dikirim, apakah telah memenuhi persyaratan atau tidak.

9. Setelah permintaan disetujui, pemilik usaha akan mendapatkan balasan melalui email atau SMS.

10. Pemilik usaha akan mendapatkan email yang berisi QR Code untuk dipasang di lokasi usaha yang nantinya akan discan oleh pembeli untuk melakukan transaksi pembayaran.

Baca Juga : Tutorial Cara Kredit di Shopee dan Syarat Kredit di Shopee

Tutorial Menggunakan Aplikasi OVO Merchant

Tutorial Menggunakan Aplikasi OVO Merchant
(Sumber: Play.google.com)

Setelah permintaan telah disetujui, pemilik usaha sudah dapat menerima transaksi pembayaran melalui aplikasi OVO merchant. Aplikasi ini berbeda dengan aplikasi OVO biasa, di aplikasi OVO merchant pemilik usaha login sebagai OVO Merchant.

1. Langkah pertama adalah dengan instal aplikasi OVO merchant dari Google Play Store atau Appstore untuk pengguna iPhone.

2. Install aplikasi hingga terpasang di perangkat.

3. Buka aplikasi OVO merchant lalu lakukan login “Sebagai OVO merchant”.

4. Yang dibutuhkan untuk login adalah nomor Hp yang telah didaftarkan. Isikan dengan benar, lalu klik Lanjutkan.

5. OVO akan mengirimkan kode OTP melalui SMS ke nomor Hp yang didaftarkan.

6. Masukkan kode OTP tersebut ke isian yang tersedia.

7. Sistem akan secara otomatis melakukan otentikasi seluruh data pengguna.

8. Berikutnya pengguna akan dialihkan ke halaman transaksi dan nantinya akan muncul penghasilan dari transaksi pembayaran konsumen.

9. Pemilik usaha dapat mengecek riwayat transaksi pada menu Transaksi, mengecek laporan uang masuk dan uang keluar secara harian maupun bulanan di menu Laporan, serta profil usaha di menu Profil Usaha.

10. Untuk tarik tunai saldo OVO bisa dengan membuka aplikasi OVO, lalu transfer ke rekening bank.

Dengan terdaftar sebagai merchant OVO, pemilik usaha cukup menyediakan kode QR sebagai sarana pembayaran oleh konsumen terhadap barang yang dibeli. Pembeli akan menscan kode QR dengan menggunakan aplikasi OVO, kemudian nominal sejumlah barang yang dibeli akan secara otomatis terkirim ke OVO pemilik usaha.

Selain itu pemilik usaha juga dapat memantau riwayat transaksi serta laporan keuangan untuk disesuaikan dengan laporan dari karyawan. Caranya cukup dengan membuka menu Transaksi untuk mengecek riwayat transaksi, atau menu Laporan untuk mengecek berapa uang masuk, berapa uang keluar, serta saldo yang ada dari transaksi menggunakan OVO.

Oleh OVO, penghasilan akan sebisa mungkin ditransfer ke rekening bank pengguna setiap hari. Jika terjadi permasalahan dengan OVO merchant, pemilik usaha dapat menghubungi call center di nomor 1500167, atau melalui alamat email merchant.support@ovo.id.

Demikian informasi mengenai cara daftar OVO merchant dengan mudah dan cepat untuk pemula. Dengan menjadi OVO merchant pemilik usaha tidak perlu lagi repot-repot mencari uang kembalian karena transaksi pembayaran dilakukan secara online.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram CaraDaftar.Id. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.