8.7 C
New York
Thursday, April 9, 2020
Home Cara Daftar Syarat, Biaya, dan Cara Daftar PPDB Online Lengkap

Syarat, Biaya, dan Cara Daftar PPDB Online Lengkap

Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru atau yang biasa disingkat menjadi PPDB merupakan jalur seleksi yang ditempuh untuk masuk ke jenjang sekolah selanjutnya. Di era yang semakin maju ini, pemerintah juga menerapkan sistem pendaftaran PPDB secara online.

Cara daftar PPDB online sendiri dilakukan secara mandiri oleh peserta didik, mulai dari proses pendaftaran, proses seleksi, hingga pengumuman hasil seleksi akan diumumkan secara online. Jalur PPDB online ini diharapkan menjadi salah satu cara yang tepat untuk mengurangi antri berjam-jam saat proses pendaftaran peserta didik baru.

Sayangnya, tidak semua tempat di Indonesia menerapkan sistem PPDB online. Hanya beberapa tempat saja yang sudah menggunakan sistem ini. Di internet sendiri telah tersebar data wilayah mana saja yang sudah masuk ke sistem PPDB Online. Jika pendaftar akan masuk ke sekolah di luar wilayah tersebut, maka tidak perlu mengikuti PPDB online.

Ada banyak alasan mengapa PPDB online tidak dapat diterapkan di seluruh Indonesia, salah satunya adalah jangkauan internet yang belum sampai ke lokasi tersebut. Ya, karena sistem pendaftarannya secara online, maka dibutuhkan koneksi internet yang lancar.

Baca Juga : Informasi Lengkap Cara Daftar SBMPTN Untuk Masuk Universitas Ternama

Syarat yang Harus Dipenuhi sebelum Daftar PPDB via Online

Bagi siswa yang ingin mengikuti jalur PPDB online, maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Berikut ini merupakan syarat yang harus diperhatikan bagi mereka yang akan mendaftar PPDB online:

  1. Usia maksimal bagi siswa yang akan masuk SMP adalah 15 tahun per 1 Juli. Ini dibuktikan dengan akta lahir ataupun surat keterangan lahir yang dikeluarkan oleh pihak berwenang.
  2. Memiliki ijazah SD atau sederajat. Jika ijazah SD tersebut belum keluar, maka siswa dapat menggunakan dokumen lainnya yang mendukung bahwa telah lulus tahap Sekolah Dasar (SD). Bagi calon siswa yang ikut PPDB SMA, maka diwajibkan untuk lulus di jenjang SMP dengan bukti kelulusan.
  3. Bagi calon siswa yang merupakan Warga Negara Asing atau WNA, maka perlu mengikuti program pendidikan Bahasa Indonesia selama kurang lebih 6 bulan. Program ini dapat dilakukan di sekolah yang bersangkutan.
  4. Bagi calon siswa penyandang disabilitas akan dibebaskan dari syarat ijazah dan umur.
  5. Diberlakukannya sistem jalur Zonasi dimana pihak sekolah akan lebih mengutamakan peserta didik dengan KK dari kabupaten atau kota yang sama dengan sekolah asalnya. Untuk kuota setiap sekolah sudah ditentukan termasuk untuk penyandang disabilitas.
  6. Diberlakukannya jalur Afirmasi bagi calon siswa yang ekonomi keluarganya kurang mampu. Calon siswa wajib membuktikan keikutsertaan dari program tidak mampu seperti Kartu Indonesia Pintar dan sebagainya.

Untuk syarat PPDB online SMA, SMK, MA, atau sederajat pada dasarnya hampir sama dengan PPDB online SMP. Yang membedakan hanya dari segi umur lulusan SMP.

Biaya Pendaftaran PPDB via Online

Untuk pendaftaran PPDB secara online ini tidak dipungut biaya sama sekali. Sehingga para siswa tidak akan terbebani dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk mendaftarkan diri pada PPDB secara online.

Baca Juga : Berikut Informasi Lengkap Cara Daftar PKN STAN

Cara Daftar PPDB Online

Untuk calon siswa yang merasa sudah memenuhi syarat ikut PPDB online, maka selanjutnya dapat melakukan proses pendaftaran. Berikut ini merupakan cara daftar PPDB untuk SMP dan SMA secara online:

1. Membuka Website Resmi PPDB Online

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka situs resmi milik SIAP PPDB online. Calon siswa dapat mengaksesnya di siap-ppdb.com

2.  Masuk atau Login pada Halaman Utama PPDB Online

Langkah selanjutnya adalah dengan memilih menu mendaftar atau login yang berada di pojok kanan atas pada halaman tersebut. Bagi calon peserta yang sudah pernah mendaftar, maka cukup melakukan login untuk masuk ke akun yang dimiliki. Akan tetapi, bagi yang belum memiliki akun, maka dapat mulai dengan klik pada “mendaftar”. Untuk proses pendaftaran sendiri, peserta dapat pula menggunakan akun Twitter dan Facebook.

3. Mengisi Email Siswa yang Masih Aktif

Setelah calon siswa klik pada menu “mendaftar”, maka calon peserta akan ditampilkan dengan kolom yang harus diisi. Calon siswa akan diminta untuk mengisi alamat email yang dimiliki. Pastikan bahwa alamat email tersebut masih aktif karena nantinya berbagai informasi akan disampaikan melalui email tersebut.

4. Mengisi Formulir Pendaftaran Siswa Secara Lengkap

Selanjutnya, calon siswa akan ditampilkan dengan formulir pendaftaran. Calon siswa akan diminta untuk mengisi biodata sesuai dengan data diri. Beberapa data yang harus diisikan adalah nama lengkap, jenis kelamin, TTL, serta status pendaftar (seorang tenaga pendidik, guru, siswa, wali siswa, alumni, mahasiswa, dosen, atau masyarakat peduli pendidikan). Jika semua data sudah diisi, maka selanjutnya klik pada menu “Lanjut”.

5. Mengisi dan Membuat Password Akun PPDB

Kemudian, siswa akan ditampilkan dengan kolom pengisian password. Untuk kepentingan keamanan, maka alangkah baiknya jika menggunakan kombinasi antara huruf kapital, huruf kecil, nomor, dan juga simbol. Ini untuk memastikan hacker tidak mudah untuk mengakses akun anda. saat ini, ada banyak hacker yang mencoba untuk mencuri data dan menggunakannya untuk kepentingan pribadi yang merugikan pemilik akun.

6. Aktivasi Akun SIAP PPDB

Selanjutnya, calon siswa akan mendapatkan pesan melalui email yang berisi tentang aktivasi akun. Selanjutnya, copy kode aktivasi yang sudah dikirimkan ke kolom aktivasi pendaftaran pada SIAP PPDB online. kemudian klik pada tombol “lanjut”.

7. Mengisi Data Diri dengan Lengkap Pada Formulir

Jika proses pendaftaran akun SIAP PPDB telah usai, maka tahap selanjutnya adalah pengisian formulir. Calon siswa akan diminta untuk mengisi data diri dengan lengkap dan benar. Selanjutnya, jangan lupa untuk mengisi jenjang pendidikan yang dipilih, SD, SMP, atau SMA.

8. Mencetak Bukti Pendaftaran

Jika semua data diri telah diinput dengan benar, maka calon siswa akan diminta untuk mengakhiri proses pendaftaran dan melakukan cetak bukti pendaftaran. Di sini, calon siswa juga akan diberi informasi mengenai jadwal tes yang sudah ditetapkan oleh panitia.

Itulah langkah yang dapat dilakukan untuk daftar PPDB online. Untuk pelaksanaan pendaftaran PPDB online dilakukan sesuai dengan kebijakan pemerintah setempat dimana proses pendaftaran melibatkan dinas pendidikan setempat guna melakukan verifikasi. Sedangkan, Bagi daerah yang belum menetapkan aturan PPDB online, maka untuk proses penerimaan peserta didik baru dilakukan dengan datang langsung ke sekolah tersebut.

Baca Juga : Informasi Lengkap Cara Daftar SNMPTN, Buat Kamu yang Mau Lanjut Kuliah Lewat Jalur Rapot

Kekurangan dan Kelebihan Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru via Online

Seleksi PPDB online ini pada dasarnya memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk segi kelebihan yang dimiliki oleh PPDB online adalah proses pendaftarannya yang cepat dan tidak perlu mengantri terlalu lama. Calon siswa dan wali murid dapat melakukan pendaftaran di rumah dan kemudian melakukan konfirmasi ke Dinas Pendidikan setempat.

Sedangkan untuk kekurangan yang dimiliki oleh seleksi PPDB online adalah banyaknya siswa yang masih bingung mengenai proses pendaftaran. Tidak sedikit wali murid yang juga mengalami gaptek sehingga akan menyebabkan proses pendaftaran menjadi terhambat.

Bagi calon siswa dan orang tua yang masih merasa bingung dengan cara daftar PPDB online dapat bertanya kepada pihak sekolah setempat. Orang tua juga dapat mencari informasi melalui guru atau tenaga pendidik yang tentunya ikut berpartisipasi dalam seleksi PPDB. Pihak orang tua dapat meminta yang bersangkutan untuk memberikan pembelajaran tentang cara daftar PPDB secara online.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram CaraDaftar.Id. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Josua Rifandyhttps://www.caradaftar.id/
Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Skuy Raih Mimpi Mu.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Apa Itu Warung Pintar dan Cara Daftar Warung Pintar

Warung tradisional saat ini sudah dapat dioptimalkan potensinya dengan bantuan teknologi. Salah satu yang mulai berkembang di masyarakat adalah adanya warung pintar...

Cara Daftar BNI Internet Banking Melalui Prosedur yang Benar

Melakukan transaksi bank semakin dipermudah dengan adanya mobile banking dan internet banking. Nasabah tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke ATM maupun ke...

Ketahui Cara Daftar Tokopedia yang Benar dan Terpercaya

Tokopedia menyediakan sarana menjual barang secara online bagi para produsen maupun penjual tanpa harus membuat website sendiri. Tokopedia dinilai sebagai tempat belanja...

Tips Rahasia Cara Daftar Super Deal Terbukti Berhasil

Super Deal Indonesia merupakan salah satu acara kuis Indonesia yang mulai ditayangkan di televisi sejak 2006. Acara ini sudah ditayangkan selama 6...
- Advertisment -