Di dalam dunia bisnis dan perkantoran, presentasi merupakan salah satu hal yang penting. Presentasi di dunia bisnis akan selalu diadakan di berbagai rapat baik rapat internal maupun rapat dengan klien atau investor. Oleh karena itu, tampilan presentasi harus menarik dan berkelas supaya dapat menarik perhatian audiens. Salah satunya dengan memanfaatkan Prezi, berikut ini cara daftar prezi.

Prezi adalah software yang dikembangkan untuk membantu siapapun mendesain media presentasi dengan cantik, menarik, dan berkelas. Dikembangkan pada tahun 2009, Prezi menggunakan teknologi cloud serta menawarkan gaya presentasi berbentuk storytelling.

Dalam Prezi, terdapat kanvas virtual yang memungkinkan penggunanya bebas mengembangkan ide. Ditambah dengan fitur Zooming User Interface yang dapat memperbesar dan menavigasi presentasi dengan cara unik dan cantik, serta tool dan palette yang memungkinkan penggunanya melakukan berbagai aktivitas pada kanvas presentasi seperti resize, rotasi, menampilkan video, dan lain sebagainya.

Untuk dapat menggunakan Prezi, penggunan harus mendaftar terlebih dahulu. Software Prezi sendiri bisa digunakan secara online maupun offline. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara daftar Prezi serta bagaimana cara menggunakan Prezi.

Baca Juga : Tips Membuat Materi Pelatihan Kepemimpinan yang Bagus dan Efektif

Langkah-langkah Mendaftar Prezi dengan Cepat

Langkah-langkah Mendaftar Prezi dengan Cepat
(Sumber: Prezi.com)

Prezi selain digunakan untuk membuat media presentasi yang menarik dan unik, juga dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk mengeksplorasi berbagai ide di atas kanvas virtual. Namun sebelum itu, harus mendaftar terlebih dahulu agar dapat menggunakan semua fitur Prezi. Begini cara daftar Prezi bagi pemula.

  1. Pergi menuju alamat web www.prezi.com melalui browser PC/laptop.
  2. Mendaftar akun Prezi tidak perlu mengisi formulir, cukup dengan mengetikkan alamat email pribadi yang aktif, serta membuat password. Lalu klik Get Started.
  3. Berikutnya pengguna akan diberi pilihan Prezi License, yang terdiri dari Public, Enjoy dan Pro. Bagi yang ingin menggunakan Prezi dengan tujuan non-komersial seperti presentasi mahasiswa, maka bisa dipilih akun Public, yang itu berarti merupakan akun gratis.
  4. Selanjutnya pengguna akan diminta untuk mengisi formulir info personal, yang terdiri dari nama depan, nama belakang, alamat email, serta password. Jangan lupa centang checkbox ‘I Agree to the term of use’, setelah itu klik Sign Up.
  5. Terakhir, pengguna akan dibawa menuju Dasbor dan sudah bisa membuat presentasi menggunakan fitur-fitur yang tersedia. Akun gratis ini dapat digunakan untuk login di Prezi online maupun offline.

Cara Menggunakan Prezi Secara Online

Bagi pengguna Prezi dengan akun public atau akun gratis, membuat presentasi hanya dapat dilakukan secara online. Setelah mengikuti cara daftar Prezi seperti yang telah dijelaskan di atas, pengguna dapat langsung membuat presentasi melalui halaman Dasbor.

Untuk lebih jelasnya, begini cara menggunakan prezi secara online.

  1. Buka alamat web www.prezi.com melalui desktop.
  2. Klik Log-in, lalu masukkan alamat email beserta password yang telah didaftarkan.
  3. Pengguna akan dibawa menuju halaman Dasbor, silahkan pilih Prezi Present, lalu klik Create From Template.
  4. Pengguna akan diminta untuk memilih template yang diinginkan. Pilih kategori terlebih dahulu yang terdapat di bilah kiri, lalu pilih warna apabila menginginkan template dengan warna spesifik, setelah itu pilih template yang tersedia dari kategori tersebut.
  5. Klik template yang diinginkan, lakukan preview terlebih dahulu, bila sudah yakin ingin menggunakan template tersebut, langsung saja klik tombol ‘Use This Template’. Berikan judul presentasi, lalu pilih siapa saja yang bisa melihat presentasi tersebut.
  6. Berikutnya akan muncul tampilan seperti Microsoft Powerpoint. Pada bilah kiri berupa Overview dari halaman presentasi yang sedang dibuka atau dikerjakan, di bagian atas terdapat menu utama seperti Style, Insert dan Share, yang nantinya jika di klik maka akan muncul tools di bawah menu bar. Pengguna dapat mengkreasikan sendiri bagaimana tampilan dan isi dari presentasi.
  7. Untuk menyimpan file Prezi, klik saja tiga garis bertumpuk yang terdapat di pojok kiri atas, lalu pilih Save.
  8. Bila ingin membuat file presentasi baru, klik tiga garis di pojok kiri atas, lalu pilih New Presentation.
  9. Untuk menambahkan gambar, klik saja menu Insert.
  10. Pengguna juga dapat mengganti background presentasi dengan gambar yang tersedia.
  11. Perlu diperhatikan bahwa saat membuat presentasi prezi secara online membutuhkan koneksi yang stabil dan cepat. Sering-sering menyimpan setiap step pengerjaan presentasi untuk antisipasi apabila terjadi masalah dengan koneksi internet.

Baca Juga : Cara Menjawab Pertanyaan HRD: Ceritakan tentang Diri Anda?

Cara Menggunakan Prezi Secara Offline

Cara Menggunakan Prezi Secara Offline
(Sumber: Prezi.com)

Selain digunakan secara online, pengguna juga dapat membuat presentasi di prezi secara offline. Yakni dengan menginstal softwarenya terlebih dahulu dan menginstalnya di PC/Laptop. Sebelum itu pastikan pengguna sudah memiliki akun prezi dengan mengikuti cara daftar prezi di atas.

Berikut ini adalah tutorial menggunakan prezi secara offline dengan lengkap bagi pemula.

  1. Pastikan memiliki software Prezi sesuai dengan sistem operasi PC/Laptop, semisal Prezi Windows serta run as date.
  2. Instal Prezi Windows di PC/laptop.
  3. Kemudian ekstrak run as date.zip. Buka aplikasi Prezi Windows lalu pilih ‘immediate mode’ di Setting.
  4. Lalu pilih Create Desktop Shortcut, dan klik Close.
  5. Maka pengguna dapat membuka aplikasi Prezi melalui shortcut desktop.
  6. Untuk dapat membuat presentasi melalui software Prezi, pengguna diharuskan login terlebih dahulu.
  7. Saat membuka Prezi, sistem akan secara otomatis mengalihkan pengguna ke website Prezi untuk melakukan login. Isikan dengan email serta password yang telah didaftarkan. Kemudian pilih Free Basic Account.
  8. Isikan formulir untuk mendapatkan akun basic gratis.
  9. Setelah software telah terbuka, berikutnya klik New Prezi.
  10. Pengguna dapat memilih template yang telah tersedia, maupun membuat presentasi dengan template kosong.
  11. Setelah itu pengguna dapat mengembangkan ide serta kreatifitasnya untuk membuat desain presentasi yang diinginkan.
  12. Pekerjaan akan tersimpan secara otomatis, atau pengguna juga bisa klik logo Save di bagian atas.
  13. Tutup jendela dari projek presentasi yang telah disimpan, lalu klik titik-titik tiga pada salah satu projek presentasi, klik Export for Presentation. Centang Present for Windows, lalu klik Export. Pilih folder untuk mengekspor presentasi. Setelah itu klik OK.
  14. Nantinya saat presentasi tersebut dibuka dari folder, maka akan muncul jendela yang menampilkan presentasi yang telah dibuat.

Baca Juga : Tips dan Trik Rahasia Menjawab Kelebihan dan Kekurangan saat Interview

Keunggulan Prezi Dibanding Powerpoint

Keunggulan Prezi Dibanding Powerpoint
(Sumber: Blog.prezi.com)

Prezi menjadi perangkat lunak pembuat presentasi yang mulai banyak dilirik setelah Powerpoint. Hal ini dikarenakan Prezi memiliki banyak keunggulan. Antara lain sebagai berikut.

  1. Penerapan teknologi Zoom In dan Zoom Out yang membuat suatu presentasi menjadi lebih menarik.
  2. Paparan perisian lebih interaktif dan menarik.
  3. Terdapat berbagai pilihan template yang unik dan menarik.
  4. Mudah dalam memilih gerakan serta penampilan animasi.

Demikianlah artikel mengenai cara daftar prezi serta cara menggunakan prezi bagi pemula. Selamat mencoba!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram CaraDaftar.Id. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.