9.6 C
New York City
Tuesday, February 18, 2020
Home Cara Daftar Langkah Demi Langkah Cara Daftar SNMPTN 2020 Tercepat dan Mudah

Langkah Demi Langkah Cara Daftar SNMPTN 2020 Tercepat dan Mudah

Ada beberapa jalur yang bisa ditempuh untuk siswa kelas 12 yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi. Mulai dari SNMPTN, SBMPTN, hingga jalur mandiri. Jalur SNMPTN menjadi yang paling banyak dipilih karena sistem seleksinya yang dianggap paling mudah karena tidak perlu mengikuti tes. Lalu, seperti apa cara daftar SNMPTN 2020?

SNMPTN sendiri merupakan salah satu jenis seleksi penerimaan mahasiswa baru di PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dengan menggunakan nilai raport, nilai akademik, maupun nilai non akademik. Bagi para siswa yang memiliki prestasi di masa sekolahnya, maka dapat menjadi sebuah peluang untuk lolos di jalur ini.

Jadi, ketika seorang siswa dinyatakan lulus SNMPTN, maka dia tidak perlu mengikuti tes lagi yang tentunya akan memakan waktu dan biaya lebih lagi. SNMPTN juga bisa dikatakan sebagai jalur non tes. Selain itu, saat siswa SMA mengikuti jalur seleksi ini, maka tidak perlu khawatir dengan biaya pendaftaran, karena biaya pendaftaran SNMPTN 100% gratis. 

Cara Daftar SNMPTN Tahun 2020

Sebelum memasuki cara daftar SNMPTN, perlu diketahui bahwa ada beberapa syarat dasar yang harus dipenuhi oleh pihak sekolah atau siswa yang bersangkutan sebelum mendaftarkan diri di SNMPTN.

Baca Juga : Cara Daftar SBMPTN

A. Syarat Sekolah untuk Daftar SNMPTN

Sebelum mengikuti jalur SNMPTN, ada beberapa persyaratan yang harus dimiliki oleh pihak sekolah sehingga dapat mengikuti jalur seleksi SNMPTN. Berikut ini beberapa syarat yang harus dimiliki:

  1. Sekolah memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
  2. Peringkat siswa yang dapat mengikuti jalur SNMPTN berdasarkan akreditasi sekolah yang bersangkutan:
  3. Akreditasi A = 40 % terbaik yang ada di sekolahnya
  4. Akreditasi B = 25 % terbaik yang ada di sekolahnya
  5. Akreditasi C dan seterusnya = 5 % terbaik yang ada di sekolahnya
  6. Melakukan pengisian data PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa)

B. Syarat Siswa yang Akan Daftar SNMPTN

Tidak hanya sekolah saja yang harus memiliki syarat untuk masuk atau daftar SNMPTN. Akan tetapi ada syarat lainnya yang harus dimiliki oleh pihak siswa. Berikut ini merupakan syarat siswa yang dapat ikut program SNMPTN:

a. Siswa SMA kelas 12

Syarat pertama yang harus dipatuhi ketika akan mendaftarkan diri ikut program atau jalur SNMPTN adalah berstatus sebagai siswa kelas 12 di tahun 2020 ini. Setiap siswa harus memiliki prestasi, baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Selain itu, setiap siswa juga harus memenuhi syarat sesuai dengan yang ditentukan oleh PTN.

b. Memiliki NISN

NISN atau yang biasa disebut dengan Nomor Induk Siswa Nasional menjadi salah satu syarat yang harus dimiliki oleh siswa pendaftar SNMPTN. Selain itu, siswa tersebut juga harus sudah terdaftar dalam PDSS. Tidak hanya itu saja, setiap siswa juga harus memiliki prestasi di bidang akademik maupun non akademik.

c. Memilih program studi

Setiap siswa yang mendaftar ikut SNMPTN, maka dapat memilih 2 program studi di dalam 1 PTN, atau maksimal dapat memilih 2 PTN. Sangat disarankan untuk tidak lintas jurusan bagi para siswa yang ingin dinyatakan lolos SNMPTN,

Berbagai syarat yang telah disebutkan diatas, harus dipenuhi oleh setiap siswa kelas 12 yang memang berkomitmen untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Setelah melengkapi persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftarkan diri ke SNMPTN, maka setiap siswa bisa melanjutkan proses pendaftaran SNMPTN sebagai berikut:

1. Kunjungi Website Resmi SNMPTN

Bagi siswa yang berminat untuk mendaftar SNMPTN, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengunjungi website remi di https://web.snmptn.ac.id/. Akan tetapi sebelumnya siswa peru melakukan registrasi di https://portal.ltmpt.ac.id/.

2. Login

Saat mengunjungi situs resmi SNMPTN, maka selanjutnya siswa akan diminta untuk login dengan menggunakan NISN dan password yang telah diperoleh dari pihak sekolah. Bagi para siswa yang baru pertama kali login, sangat disarankan untuk mengganti password terlebih dahulu. Bagi siswa yang tidak memenuhi syarat untuk mengikuti SNMPTN, maka akan tertera keterangan tidak dapat mengikuti jalur SNMPTN dan disarankan untuk mengikuti SBMPTN.

Baca Juga : Cara Daftar BPJS Online

3. Setujui Pernyataan

Sebelum siswa mulai untuk melakukan pendaftaran, siswa akan diminta untuk membaca serta menyetujui pernyataan untuk pendaftaran SNMPTN.

4. Memasuki Proses pendaftaran

Saat siswa mulai melakukan pendaftaran, maka siswa akan diminta untuk mengisi formulir yang disediakan. Ada 4 bagian formulir yang harus diisi. Keempat formulir tersebut adalah PTN pilihan 1 dan 2, unggah foto diri, serta formulir pendaftaran.

5. Pilih Perguruan Tinggi Negeri

Seperti yang telah disebutkan di atas, setiap siswa dapat memilih 2 PTN serta 2 Program studi. Jika siswa sudah yakin dengan pilihan tersebut, maka klik pada pilihan “selanjutnya”.

6. Unggah Foto

Setelah siswa yakin dengan program studi yang dipilih, maka selanjutnya akan diminta untuk unggah foto. Foto yang diunggah harus sesuai dengan syarat SNMPTN. Foto wajah harus jelas, menggunakan pakaian rapi, ukuran 4:6, format JPEG, ukuran file foto tidak lebih dari 1 MB.

7. Mengisi Formulir Pendaftaran

Pada bagian paling atas formulir pendaftaran, akan tertera PTN serta program studi yang telah dipilih pada langkah sebelumnya. Pastikan bahwa keduanya telah benar dan sesuai dengan yang diminati. Selanjutnya, dapat dilakukan pengisian formulir. Ata dengan tanda bintang (*) wajib untuk diisi.

8. Isi Prestasi

Bagi siswa yang memiliki prestasi, baik dalam tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten, nasional, atau bahkan internasional dapat menuliskan prestasi yang diperoleh. Jangan lupa untuk menyertakan sertifikat atau bukti prestasi. Setiap siswa dapat mengunggah 3 prestasi yang paling berharga.

9. Isi Portofolio

Bagi siswa yang mendaftar pada jurusan seni dan olahraga, maka akan diwajibkan untuk unggah portofolio. Cara unggahnya sangatlah mudah. Pertama, pilih pada menu portofolio. Kemudian gunakan template yang telah disediakan.

Portofolio dapat diunggah dengan ukuran tidak lebih dari 10 MB. Untuk portofolio dalam bentuk video, ukuran file tidak boleh lebih dari 15 MB. Untuk terhindar dari server error, maka sangat disarankan untuk mengunggah portofolio jauh hari sebelum penutupan pendaftaran.

10. Melakukan Verifikasi (Khusus untuk Peserta Beasiswa Bidikmisi)

Bagi siswa yang mendaftar ke PTN menggunakan beasiswa Bidikmisi, maka perlu melakukan verifikasi terlebih dahulu. Peserta hanya cukup klik pada box verifikasi bidikmisi dan selanjutnya klik pada “Verifikasi”.

Baca Juga : Cara Daftar Paspor Online

11. Finalisasi Pendaftaran

Jika siswa sudah yakin dengan semua proses pendaftaran tersebut, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan melakukan finalisasi pendaftaran. Jika sudah melakukan finalisasi, maka semua data yang di input tidak dapat diubah.

Oleh sebab itu, siswa wajib untuk cek ulang semua data yang di input sebelum melakukan verifikasi. Jangan lupa untuk melakukan finalisasi sebelum masa pendaftaran berakhir. Jika finalisasi dilakukan setelah akhir pendaftaran SNMPTN, maka siswa dianggap tidak ikut mendaftar SNMPTN.

12. Cetak Kartu

Langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan cetak kartu peserta SNMPTN. Siswa dapat download kartu peserta di menu Home.

Itulah informasi penting seputar cara daftar SNMPTN yang harus dipahami sebagai proses utama untuk dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan selamat berjuang!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram CaraDaftar.Id. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Alur Lengkap Tata Cara Daftar Bidikmisi 2020 Dijamin Langsung Diterima

Bidikmisi merupakan salah satu bentuk beasiswa dalam bentuk bantuan biaya pendidikan untuk mahasiswa. Beasiswa yang satu ini dikhususkan bagi mereka yang kurang...

Langkah Demi Langkah Cara Daftar SNMPTN 2020 Tercepat dan Mudah

Ada beberapa jalur yang bisa ditempuh untuk siswa kelas 12 yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi. Mulai dari SNMPTN, SBMPTN,...

Cara Daftar Kartu Smartfren 2020 Ini Tahapan yang Harus Dilalui

Proses pendaftaran atau registrasi kartu smartfren adalah hal wajib yang harus dilakukan setiap pengguna. Hal ini bertujuan untuk melindungi data konsumen dari...

Tahapan Cara Daftar Grab Secara Online Terbaru 2020 [EASY]

Grab merupakan aplikasi transportasi online yang sangat populer dikalangan masyarakat. Cukup dengan menggunakan internet, maka pengguna dapat memperoleh driver yang siap mengantarkan...
- Advertisment -