Google adalah bagian dari kehidupan banyak orang sehari-hari. Setiap anak di generasi sekarang pasti tahu ungkapan “Tanya Google”. Dengan kehebatannya inilah, banyak orang yang penasaran, bagaimana sih cara kerja di Google dan bisa diterima menjadi karyawan di sana?
Google adalah perusahaan multidimensi yang sangat populer. Misi dari Google adalah mengatur semua informasi yang tersedia dan menyebarkannya secara universal agar bisa bermanfaat. Duh, jadi penasaran ya bagaimana cara agar bisa kerja di Google, cari tahu triknya, yuk!
Trik dan Cara Kerja di Google
Mungkin Anda penasaran, bagaimana cara mendapatkan pekerjaan di Google? Apakah syaratnya sangat ketat? Apa saja ya yang perlu dipersiapkan? Nah, bagi Anda yang fresh graduate atau ingin sekali berkarir di perusahaan Google, coba deh Anda persiapkan beberapa cara di bawah ini:
Baca Juga : INFO GAJI DAN KEAHLIAN BACK OFFICE YANG WAJIB DIPELAJARI
1. Refleksi Diri, Kenali Diri Anda Terlebih Dahulu Sebelum Memulai
Sebelum Anda menyelidiki apa saja karir yang ada di Google, coba yuk fokuslah pada diri sendiri. Pelajari tentang kekuatan dan kelemahan serta hasrat Anda. Pikirkan tentang pengalaman Anda yang terbaik dan paling sukses.
Gambarkan karir Anda yang pernah dimiliki hingga saat ini dan bagaimana Anda ingin membentuknya lebih jauh. Nah, untuk membantu proses refleksi, beberapa poin di bawah ini mungkin bisa membantu:
- Keterampilan apa saja yang pernah dikuasai dan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah?
- Bagaimana saya mendapatkan hasil terbaik, dari usaha sendiri atau bekerja dengan tim?
- Dari semua pekerjaan yang saya geluti, manakah yang paling bermanfaat dan mengapa?
- Apa kontribusi terbaik saya untuk kerja tim? Mengapa hal itu menjadi pencapaian yang luar biasa?
- Mengapa saya ingin mendapatkan pekerjaan di Google?
Nah, pertanyaan-pertanyaan di atas bisa coba Anda jawab dan refleksikan. Dengan pertanyaan di atas akan memungkinkan Anda untuk fokus pada diri sendiri, memahami keterampilan, minat, tujuan dan bagaimana hal ini selaras dengan misi dan visi Google.
2. Buka Google Career dan Cari Pekerjaan yang Cocok
Langkah pertama untuk bisa bekerja di Google adalah dengan membuka situs Google Career di https://careers.google.com/. Anda bisa mengubah lokasi pencarian kerja menjadi Jakarta jika memang berkarir di perusahaan Google yang ada di Jakarta.
Nantinya, Anda akan memiliki informasi yang cukup untuk memilih pekerjaan yang tepat karena situs otomatis akan menampilkan banyak sekali lowongan pekerjaan yang tersedia.
Ada banyak informasi yang tersedia terutama di halaman perusahaan. Teliti dan pahami perusahaan, skill dan kualifikasi yang dibutuhkan. Tujuannya adalah agar ambisi atau keinginan Anda untuk jenis pekerjaan/lingkungan kerja tertentu bisa sesuai dengan perusahaan.
Google mendorong pelamar untuk mencocokkan keterampilan dan minat dengan pekerjaan yang Anda sukai dan masalah yang ingin diselesaikan.
Meskipun disarankan untuk melamar hanya untuk peran yang paling cocok, jika Anda merasa pekerjaan lain cocok dengan keahlian Anda, maka cobalah melamar lebih dari satu pekerjaan.
Namun berhati-hatilah untuk tidak apply terlalu banyak pekerjaan karena hal itu dapat berdampak buruk pada peluang kerja Anda.
Baca Juga : 7 JENIS BAJU KERJA PRIA BESERTA FUNGSINYA
3. Kirim Resume dan Surat Lamaran
Jika Anda melamar lebih dari satu pekerjaan, maka rancang resume secara terpisah untuk masing-masing lamaran. Google memiliki kecenderungan untuk mempelajari resume kandidat secara detail. Apakah resume Anda menunjukkan kualitas-kualitas yang dibutuhkan?
Nah, berikut cara melamar kerja di Google saat membuat resume:
- Sesuaikan keahlian dan pengalaman dengan detail peran pekerjaan. Sertakan contoh dan data pekerjaan yang dilakukan.
- Tulis tentang proyek yang pernah Anda ikuti, keberhasilan dan pelajaran yang didapat, bagaimana pencapaian diukur, dll.
- Ungkap bagaimana gaya kepemimpinan Anda, tim yang Anda kelola, tantangan, dan ruang lingkup pekerjaan terdahulu Anda.
- Tulis resume dengan tepat dan ringkas. Resume yang ideal umumnya tidak melebihi 2 halaman.
Jika Anda ingin mengirim surat lamaran, ingatlah poin yang sama dengan pembuatan resume. Buat surat lamaran dengan menyesuaikan pekerjaan yang Anda lamar, bicarakan tentang kontribusi apa yang bisa Anda berikan ke perusahaan, dan berikan contoh praktis.
Cara melamar kerja di perusahaan Google adalah dengan mengekspresikan kepribadian lebih banyak melalui surat lamaran. Ingat, fokusnya adalah kualitas, bukan kuantitas.
4. Persiapkan Wawancara dengan Sebaik Mungkin
Jika sudah menerima lamaran dan menganggap Anda cocok untuk pekerjaan yang dilamar, maka Anda akan menuju ke proses perekrutan selanjutnya, yakni wawancara.
Proses rekrutmen dapat bervariasi tergantung pada pekerjaan, lokasi dan tim, tetapi garis besarnya tetap sama. Nah, proses wawancara dari Google yang perlu Anda ketahui adalah:
· Penilaian Online
Penilaian online adalah ujian singkat, sebuah proses awal yang umum untuk banyak perusahaan besar. Anda akan diminta menulis kode atau penalaran atau kuis, dll.
· Obrolan Informal Singkat
Sebelum wawancara yang lebih formal, Anda akan dijadwalkan melakukan wawancara informal melalui telepon atau video dengan tim HRD sebelum dilanjutkan ke manajer HRDnya.
· Pekerjaan Proyek
Selanjutnya, Anda akan diberi tugas sebuah proyek kecil yang menguji kemampuan teknis Anda. Proyek ini dirancang untuk memahami proses berpikir dan keterampilan memecahkan masalah Anda.
· Wawancara formal
Tahap selanjutnya adalah wawancara formal untuk menilai kecocokan Anda dengan perusahaan dan profil yang Anda lamar.
Google menginginkan kandidat terbaik karena perusahaan hanya diisi dengan orang-orang hebat. Proses wawancara formal ini berlangsung hangat tapi ketat, dan bisa 3-4 wawancara dalam sehari.
Susah juga ya proses interview dari Google ini? Tenang! Jika Anda yakin dengan keterampilan Anda, maka jangan insecure dahulu. Berikan yang terbaik selama proses wawancara. Pada proses wawancara, beberapa hal yang akan dinilai oleh Google adalah:
- Wawancara terstruktur: Serangkaian kriteria eksplisit yang sama digunakan untuk menilai setiap kandidat. Perspektif untuk semua orang tetap sama, sehingga keunikan Anda dapat muncul di sini.
- Pertanyaan terbuka: Pertanyaan terbuka memberi Anda ruang untuk mengatakan, mengekspresikan diri, dan memberikan solusi atau contoh pekerjaan Anda.
Pertanyaan terbuka digunakan untuk mempelajari bagaimana Anda memecahkan masalah. Manajer HRD perlu tahu bagaimana pikiran Anda bekerja, bagaimana Anda cocok dengan tim, dan apa kekuatan Anda.
Anda juga mendapatkan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan untuk mempelajari lingkungan kerja di Google. Ingatlah untuk menanyakan hal-hal yang relevan, seperti ini:
- Tanggung jawab sehari-hari
- Nilai-nilai perusahaan dan karakteristik kandidat yang ideal
- Peluang untuk mengembangkan karir profesional
- Aspek yang menantang dari pekerjaan
Baca Juga : 6 TUGAS PROGRAMMER, KUALIFIKASI DAN UPAH KERJA YANG LAYAK
5. Berdoa Sambil Menunggu Hasil
Jika proses wawancara selesai, maka tim HRD akan meninjau semuanya mulai dari aplikasi hingga wawancara. Semua penilaian memainkan peran penting, jika Anda memenuhi semua kriteria, tim akan menghubungi Anda.
Nantinya, Anda bisa mendapatkan tawaran yang paling ditunggu untuk bergabung dengan tim. Jika beruntung, Anda akan diberitahu tentang syarat dan ketentuan penawaran jika ingin bekerja di Google.
Anda akan diajak membahas syarat dan ketentuan secara rinci dan bernegosiasi jika ada yang tidak sesuai. Setelah kedua belah pihak setuju, selamat Anda telah mendapatkan pekerjaan impian Anda di Google.
Bagaimana? Apakah cara kerja di Google cukup sulit? Kalau Anda sudah dapatkan pekerjaan ini, pastikan Anda pertahankan kinerja Anda.
Ingat, ada banyak pekerja hebat di Google, jadi Anda harus memiliki keterampilan dan kepribadian yang bagus untuk mempertahankan pekerjaan tersebut.
Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram CaraDaftar.Id. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.