Bagi para lulusan SMA yang menggunakan JobStreet untuk melamar pekerjaan pasti tidak asing dengan cara mempromosikan diri. Seperti saat sebelum mengajukan lamaran ke perusahaan yang dituju, harus menuliskan promosi singkat maksimal 300 karakter.

Namun, karena sudah terbiasa menulis surat lamaran yang panjang, pasti bingung bagaimana cara menulis promosi diri yang karakternya dibatasi hanya 300 karakter saja. Akhirnya promosi diri yang ditulis jadi kurang bagus dan tidak meyakinkan para HRD untuk masuk seleksi ke tahap berikutnya. Untuk itu berikut cara promosi di Jobstreet:

Baca Juga : Kenali Apa Itu HRD dan Tugas HRD Perusahaan yang Sesungguhnya

Cara Mempromosikan Diri di Jobstreet

Cara Mempromosikan Diri di Jobstreet
(Sumber: Liputan6.com)

Saat ingin melamar pekerjaan di Jobstreet pasti bingung cara mempromosikan diri agar lamaran segera diterima. Berikut caranya:

1. Tulis Bahasa yang Baik dan Benar

Cara mempromosikan diri yang pertama yaitu gunakan tulisan yang tanda baca dan huruf kapitalnya tepat. Susunan kalimat yang baik akan mencerminkan karakter dan tingkat intelektual yang dimiliki.

Selain itu, akan menjadi nilai tambah jika menuliskannya menggunakan bahasa Inggris dengan grammar yang benar. Namun, bagi yang kurang bisa berbahasa Inggris, jangan memaksakan diri, tulis saja sesuai kemampuan supaya dapat dipertanggungjawabkan.

2. Pastikan Posisi yang Dilamar

Cara mempromosikan diri yang kedua yatiu pastikan posisi yang dilamar sesuai kemampuan. Kemampuan diri merupakan salah satu hal yang sangat diperhatikan pemberi lowongan kerja. Mereka tentunya ingin pelamar yang memiliki pengalaman dan kemampuan sesuai posisi yang dibuka.

Oleh karena itu, jelaskan keahlian dan pengalaman bekerja dengan kalimat singkat. Misalnya, “Menguasai videografi, dan mampu mengoperasikan Adobe Premiere. Pengalaman sebagai Kameramen di SCTV selama 5 tahun. Menguasai bahasa Inggris secara lisan dan tulisan.”

Selain itu, jika telah berpengalaman, sebaiknya kalimat cara mempromosikan diri tidak menyebutkan pendidikan terakhir, dan domisili. Tekankan saja pada letak nama, pengalaman bekerja dengan posisi yang sama dan keahlian. Hal ini berpotensi agar profil dapat dilihat oleh recruiter sehingga dapat dipertimbangkan atau direview untuk diberikan kesempatan melakukan interview.

3. Hindari Hal-Hal Generik

Generik berarti umum. Karenanya cara mempromosikan diri yang Ketika yaitu hindari penggunaan kalimat yang kira-kira sudah sering digunakan banyak orang. Seperti, Besar harapan saya dapat diterima di perusahaan Bapak/Ibu, atau saya akan bekerja keras untuk kemajuan perusahaan, atau saya akan berusaha semaksimal mungkin supaya dapat memberikan kontribusi di perusahaan ini.

Kalimat generik ini yang seringkali digunakan pelamar, HRD bahkan sudah kebal dengan kalimat tersebut. Hal ini akan membuat lamaran jadi tidak mendapat penilaian.

Untuk itu, hal pertama yang dibutuhkan adalah skill dan pengalaman. Sedangkan kerja keras hanya dapat dinilai saat sudah mulai bekerja. Menggunakan hal-hal generik malah akan membuat cara mempromosikan diri tidak ada bedanya dengan yang lain alias tidak unik. Jadi, gunakanlah kalimat promosi yang langsung pada intinya.

4. Cari Pekerjaan yang Sesuai

Bagi lulusan SMA baru, lebih baik cari pekerjaan yang disertai keterangan non pengalaman atau lulusan baru dipersilakan. Namun, jika pernah magang, memiliki portofolio, sertifikat kursus dan keterampilan khusus, maka bisa juga cari pekerjaan yang sesuai profesional dan berpengalaman.

Baca Juga : Cara Menjawab Pertanyaan HRD: Ceritakan Tentang Diri Anda?

Contoh Cara Mempromosikan Diri di Jobstreet untuk Lulusan SMA

Contoh Cara Mempromosikan Diri di Jobstreet untuk Lulusan SMA
(Sumber: Sepulsa.com)

Dari uraian di atas, berikut ini contoh cara mempromosikan diri di Jobstreet.

“Lulusan SMA IPS. Memiliki kemampuan menulis artikel soft/hard news yang baik. Menguasai fotografi dan editing. Kemampuan menulis dan berbicara dalam Bahasa Inggris. Pengalaman magang di JobNews selama 4 bulan.”

“Nama saya Nandi, lulusan SMK Kencana jurusan Multimedia. pernah magang di perusahaan startup dan dipercaya untuk handle project event dengan nilai hasil akhir sangat baik.”

“Mempunyai pengalaman kerja selama 6 bulan sebagai sales and marketing di perusahaan PT Sejagat. Mempunyai kemampuan public speaking yang baik dan bisa mempromosikan barang dan jasa produk dari perusahaan. Mampu bekerja baik secara tim maupun secara individu.”

“Saya menguasai aplikasi design grafis seperti adobe illustrator, corel draw dan photoshop. Mempunyai pengalaman sebagai freelance desain grafis. Mempunyai ide yang kreatif dan bisa menuangkannya kedalam grafis yang sesuai dengan harapan.”

“Sangat terbiasa menggunakan program MS Office. Memiliki pengalaman bekerja selama 1 tahun lebih yang membuat saya bisa bekerja secara tim maupun secara individu. Mampu bekerja efisien dan detail terhadap sesuatu.”

“Di PT. Shopee sebagai IT saya berkerja dengan baik dan sering membuat sistem yang bermanfaat untuk memudahkan pekerjaan. Di Perusahaan sebelumnya saya menjadi maintenace server dan membuat program. Selain itu, saya juga membuat dan merawat web design PT. Garda. Saya juga mampu berbicara dengan baik dalam bahasa Inggris.”

“Nama saya Hilmi. Saat ini masih aktif bekerja di salah satu perusahaan distributor sebagai staf finance spesialis AR.”

“Familiar SAP, menguasai Ms Excel. Terbiasa menggunakan rumus vlookup, Pivote, SUMIF, SUM untuk olah ribuan data kebutuhan report harian, mingguan dan bulanan.”

Baca Juga : Syarat, Ciri-Ciri dan Kriteria Pakaian Interview yang Disukai HRD

Cara Mempromosikan Diri Saat Mengisi Form Promosi di Jobstreet

Cara Mempromosikan Diri Saat Mengisi Form Promosi di Jobstreet
(Sumber: Smartpresence.id)

1. Periksa Email

Saat membuka email, dan mendapatkan email dari lina@jobstreet.com, artinya ada pemberitahuan dari jobstreet, bahwa ada posisi pekerjaan yang bisa apply/lamar. Silakan klik isi email tersebut, dan biasanya akan muncul beberapa lowongan pekerjaan yang siap untuk ditindaklanjuti.

2. Pilih Lowongan Pekerjaan yang Sesuai

Selanjutnya, pilih lowongan yang sesuai maka akan dibawa pada halaman profil perusahaan, yang menampilkan deskripsi pekerjaan, rekruitmen, lokasi kerja, gambaran perusahaan, dan informasi perusahaan. Jika lowongan tersebut sesuai dengan yang diinginkan dan cocok dengan profil perusahaan tersebut, silakan klik tombol lamar sekarang.

3. Login Jobstreet

Kemudian akan dibawa pada halaman login terlebih dahulu. Masukkan email dan kata sandi akun jobstreet yang telah terdaftar.

4. Isi Promosi Diri

Kemudian klik tombol masuk dan melamar, lalu akan diarahkan ke halaman pengisian form untuk mempromosikan diri.

Silakan mempromosikan diri dengan “Beritahu perusahaan alasan mengapa paling cocok untuk posisi ini. Sebutkan keterampilan khusus dan bagaimana akan berkontribusi. Hindari hal generik seperti yang disebutkan di atas”.

Tulisan promosi yang harus dimasukkan maksimal 300 karakter.

5. Masukkan Keterampilan yang Cocok

Sesuai dengan instruksi dari jobstreet, silakan masukkan keterampilan yang paling cocok dengan posisi yang dilamar pada perusahaan tersebut. Misalnya, apabila melamar sebagai staff admin, maka bisa memasukkan “mengetik 10 jari dengan lancar, menguasai microsoft office (word, excel, powerpoint, ms. access)”.

6. Kirim Lamaran

Selanjutnya, klik tombol kirim lamaran, dan lamaran sudah terkirim ke perusahaan yang bersangkutan.

7. Tunggu Konfirmasi

Silakan tunggu beberapa hari. Jika perusahaan yang dilamar tertarik dengan CV/resume yang telah dubuat, nantinya akan ada konfirmasi dengan panggilan interview lewat email ataupun kontak lainnya.

Itulah cara mempromosikan diri di Jobstreet untuk lulusan SMA yang bisa dipraktikkan agar lamaran segera diterima. Semoga berhasil.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram CaraDaftar.Id. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.