Bekerja di luar negeri tampaknya menjadi impian bagi sebagian orang. Selain ingin merasakan pengalaman tinggal di negara orang, bekerja di luar negeri juga dapat memperluas pengetahuan terhadap bahasa dan budaya dari negara tempat bekerja. Salah satu caranya adalah dengan menjadi Tenaga Kerja Indonesia atau TKI. Saat ini mendaftar TKI sangat mudah, namun calon pekerja harus berhati-hati karena banyak lembaga palsu yang bisa melakukan tindakan penipuan. Oleh karena itulah diperlukan pemahaman mengenai cara mendaftar TKI resmi yang memang terpercaya.
Keuntungan dari mendaftar ke lembaga resmi salah satunya adalah tidak akan dipungut biaya pendaftaran. Selain itu atasan atau majikan tidak akan berlaku seenaknya, karena TKI resmi telah dilindungi oleh negara, dan masih banyak lagi keuntungan menjadi TKI resmi.
Berkas Persyaratan dan Cara Mendaftar TKI Resmi yang Aman dan Sesuai Aturan
Berikut ini merupakan beberapa berkas persyaratan yang harus dipenuhi serta panduan cara mendaftar TKI resmi:
1. Berkas-berkas Persyaratan yang Harus Disiapkan
Cara mendaftar TKI resmi sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Calon pekerja tidak perlu menyiapkan uang, cukup dengan menyiapkan berkas atau dokumen yang diperlukan. Adapun berkas atau dokumen yang harus dipersiapkan di antaranya:
- Kartu Tanda Penduduk (KTP)
- Ijazah pendidikan terakhir yang diterbitkan secara resmi oleh sekolah
- Akta Kelahiran atau bisa juga menggunakan surat keterangan kenal lahir
- Sertifikat kompetensi kerja
- Surat keterangan sehat berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan baik secara fisik maupun psikis
- Paspor resmi yang diterbitkan oleh Kantor Imigrasi di kota domisili
- Visa kerja
- Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN)
- Perjanjian penempatan
- Perjanjian kerja
- Surat keterangan status perkawinan, atau melampirkan fotocopy buku nikah bagi yang telah menikah
- Surat keterangan izin orang tua, wali, suami atau istri.
Baca Juga : GAMPANG BANGET BEGINI CARA DAFTAR BEDAH RUMAH GTV
Semua berkas di atas harus dipenuhi secara lengkap oleh para calon pekerja. Apabila calon pekerja belum mempunyai visa kerja, KTKLN serta paspor resmi, maka terlebih dahulu diwajibkan untuk membuatnya atau cara mendaftar tki resmi tidak bisa dilakukan.
Urutannya adalah dengan membuat paspor dulu, lalu visa kerja, dan yang terakhir KTKLN. Ketiga dokumen ini sangat penting supaya cara mendaftar TKI resmi lancar dan proses bekerja di luar negeri dapat dilakukan tanpa kendala apa pun. Paspor ini sebagai tanda identitas bagi warga negara dalam hal ini TKI ketika sedang bekerja atau berada di negara lain.
Sementara itu visa kerja adalah untuk membuktikan bahwa seorang TKI yang bersangkutan telah memiliki izin kerja di negara yang dituju. Kemudian KTKLN yang bentuknya sama persis dengan KTP, digunakan sebagai bukti bahwa TKI yang bersangkutan telah memenuhi prosedur sebagai tenaga kerja yang siap bekerja di luar negeri, sekaligus dapat menjadi pelindung bagi TKI tersebut. Pembuatan paspor, visa kerja, dan KTKLN membutuhkan waktu yang tidak sebentar, sehingga calon pekerja harus membuatnya dari jauh-jauh hari sebelum mendaftar.
2. Lembaga untuk Mendaftar TKI Resmi
Setelah semua berkas atau dokumen yang dibutuhkan sudah siap, cara mendaftar TKI resmi selanjutnya adalah calon pekerja yang langsung mendaftar menjadi TKI resmi, yaitu ke Kantor Dinas Ketenagakerjaan yang ada di kabupaten atau kota domisili.
Pendaftaran tidak dipungut biaya apapun, cukup dengan membawa berkas atau dokumen persyaratan lengkap. Lembaga resmi lain yang bisa didatangi untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai pendaftaran TKI resmi di antaranya adalah:
- Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS)
- Bursa Kerja Luar Negeri (BLKLN)
- Kelompok Berlatih Calon TKI Berbasis Masyarakat.
Selain itu calon pekerja juga dapat membaca informasi mengenai kerja di luar negeri atau cara mendaftar TKI resmi lainnya melalui http://www.bnp2tki.go.id
3. Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mendaftar TKI Resmi
Meski cara mendaftar TKI resmi terbilang mudah, akan tetapi masih ada banyak hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan sebelum benar-benar memutuskan untuk kerja keluar negeri sebagai TKI. Calon pekerja harus mengetahui beberapa hal berikut supaya lebih siap bekerja di negara yang dituju:
Baca Juga : TRIK RAHASIA CARA DAFTAR KARTU PRAKERJA AGAR CEPAT DITERIMA
- Mencari informasi sebanyak-banyaknya dari brosur, agen penyalur maupun dinas tenaga kerja dan transmigrasi. Informasi yang dimaksud disini adalah informasi lowongan kerja. Dapat diakses secara online, maupun dengan mendatangi langsung ke kantor dinas tenaga kerja dan transmigrasi untuk mengetahui lowongan kerja yang tersedia.
- Mempersiapkan dokumen persyaratan. Mengingat TKI bekerja di luar negeri, maka dokumen yang dibutuhkan tentu lebih banyak dan harus segera diurus lebih awal. Di antaranya adalah visa kerja, paspor serta Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri. Memerlukan waktu untuk membuat ketiga dokumen penting ini, di mana sifatnya memang sangat utama dan penting supaya TKI tidak dianggap sebagai pekerja ilegal.
- Mendapat izin dari keluarga dan atau pasangan. Tentu saja yang paling penting bagi calon TKI adalah izin dari keluarga dan suami atau istri. Bekerja di luar negeri tidak hanya selama 1 dan 2 hari, tapi bisa sampai berbulan-bulan. Pulang ke Indonesia sudah barang tentu tidak bisa rutin sebulan sekali, sehingga izin dari keluarga sangat penting. Bahkan saat melakukan pendaftaran TKI resmi, calon pendaftar diwajibkan membawa dokumen berupa surat keterangan izin dari orangtua, wali, suami, atau istri.
- Mempersiapkan mental. Nervous sudah pasti akan dirasakan oleh calon TKI yang baru pertama kali akan bekerja di luar negeri. Inilah pentingnya mempersiapkan mental supaya diri lebih siap untuk bekerja di negeri orang. Salah satu caranya adalah dengan banyak-banyak mempelajari budaya dari negara yang dituju. Seperti bahasa yang digunakan, kebiasaan, aturan dan larangan, kehidupan masyarakatnya, makanan, cara berpakaian dan sebagainya.
- Menguasai bahasa dari negara yang dituju. Bekerja di luar negeri maka artinya calon pekerja harus siap menggunakan bahasa asli negara tersebut. Mempelajari bahasa Inggris sebenarnya sudah cukup kalau negara yang dituju adalah negara yang memang mayoritas menggunakan bahasa Inggris. Namun negara-negara seperti Jepang, Thailand, Korea, Tiongkok, Arab Saudi, masih cukup jarang masyarakat aslinya menggunakan bahasa Inggris. Sehingga calon TKI harus bisa menguasai bahasa asli dari negara yang dituju, setidaknya untuk obrolan sehari-hari. Tidak hanya untuk berbahasa secara lisan, tetapi juga secara tulisan. Karena sudah pasti di negara tujuan jarang ditemukan tulisan-tulisan dalam bahasa Indonesia.
4. Prosedur Pembuatan Visa Kerja
Visa kerja menjadi salah satu dokumen penting bagi calon. pekerja dalam proses cara mendaftar TKI resmi. Guna dari visa kerja ini adalah sebagai bukti izin bekerja. Dan mengurus visa kerja cukup rumit dan membutuhkan proses yang bisa sampai 2 minggu.
Baca Juga : RAHASIA CARA MENDAFTAR JADI ARTIS SINETRON CEPAT DAN MUDAH
Membuat visa kerja, memerlukan beberapa dokumen persyaratan diantaranya adalah:
- pas foto
- fotokopi paspor
- CV
- surat rekomendasi
- fotokopi kemampuan akademis berbahasa Indonesia dan bahasa negara tujuan (dengan cap dari penerjemah tersumpah),
- job description
- KK
- buku nikah
Dokumen-dokumen tersebut wajib dibawa saat akan mengajukan pembuatan visa kerja di kantor perwakilan dari negara tujuan. Jika visa kerja sudah dimiliki maka cara mendaftar TKI resmi bisa dilakukan dengan lancar dan tanpa halangan.
Itulah informasi mengenai cara mendaftar TKI resmi yang aman dan legal sesuai aturan hukum yang berlaku. Dengan mendaftarkan diri secara legal, maka kesempatan bekerja dengan aman dan baik di negara tujuan juga akan menjadi semakin terbuka lebar. Untuk itulah bagi para calon pelamar jangan sampai salah memilih lembaga TKI resmi ya!
Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram CaraDaftar.Id. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.