Untuk mendapatkan pekerjaan apalagi di perusahaan bukanlah suatu hal yang mudah. Ada banyak rintangan, hambatan, dan saingan yang begitu banyak sehingga bagi yang diterima kerja di perusahaan yang diinginkan tentu akan merasa bangga. Namun bekerja di kantor juga bisa cepat bosan. Bisa jadi, motivasi bekerja jadi turun secara mendadak sehingga dampaknya membuat performa kerja menjadi tidak optimal. Lalu, bagaimana agar motivasi yang kita miliki untuk bekerja bisa meningkat? 

7 Cara untuk Meningkatkan Motivasi Bekerja 

Inilah 7 cara mengatasi dan meningkatkan motivasi bekerja di kantor yang sangat direkomendasikan:

1. Berikan Waktu Istirahat Bagi Diri Sendiri

motivasi bekerja
(Sumber: Healthline.com)

Bekerja keras itu bagus. Tapi bekerja terlalu keras hingga memaksakan diri sendiri sampai pada tahap workaholic, itu sangat tidak bagus. Salah satu dampaknya adalah dapat membuat motivasi kerja jadi menurun. Semangat kerja sudah tidak membara lagi seperti di awal-awal. Fisik lelah, psikis juga lelah. Maka dari itu perlu ditanamkan dalam mindset bahwa hidup tidak hanya sekedar bekerja. Ada waktu istirahat, pada waktu liburan, ada waktu bersama keluarga. 

Baca Juga : PANDUAN DAN TRIK SUKSES LOLOS TES WAWANCARA KERJA

Take a break, mungkin motivasi kerja turun karena selama ini belum pernah mengambil waktu istirahat yang optimal untuk diri sendiri. Lakukan ‘me time’ saat hari libur kerja. Seperti dengan menekuni hobi atau bersantai di rumah seharian penuh. Dengan begitu saat hari kerja sudah dimulai lagi, pikiran dan tubuh akan lebih fresh sehingga motivasi bekerja akan kembali bangkit. 

2. Mengingat Kembali Tujuan atau Goals yang Ingin Dicapai

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan mengingat kembali semua target, impian, atau goals yang ingin dicapai. Dengan memutuskan bekerja di suatu perusahaan, tentu sebelumnya sudah ada bayangan mengenai tujuan atau goals yang ingin dicapai. Entah apa pun itu bentuknya, pasti dengan adanya tujuan itulah yang memotivasi diri sendiri untuk tetap bertahan bekerja di perusahaan tersebut. 

Itulah dia, tujuan atau goals. Di saat motivasi bekerja sedang dalam keadaan surut, coba ingat kembali tujuan dan goals yang ingin dicapai. Kalau tujuan itu belum tercapai, maka jangan menyerah duluan. Bahkan apabila tujuan itu sudah tercapai, maka jangan cepat puas. Tetapkan lagi tujuan baru, biar semangat bekerja tetap terjaga. 

3. Berusaha Berpikir Positif

motivasi bekerja
(Sumber: Everydaypower.com)

Positive thinking, memang sangat mudah diucapkan tapi cukup sulit untuk dijalankan. Apalagi jika beban pikiran terlalu banyak hingga rasanya kepala bisa sakit. Berpikiran positif tampaknya akan sangat sulit dilakukan terutama jika pikiran sudah dipenuhi dengan pikiran-pikiran negatif. 

Berpikiran positif ini sangat penting baik dalam kehidupan sehari-hari maupun saat bekerja. Salah satu diantaranya adalah dapat membangkitkan kembali motivasi bekerja yang sempat hilang. Berpikiran positif memiliki banyak manfaat, diantaranya mengurangi stres akibat rutinitas harian, sistem imun tubuh akan lebih kuat, menjalani hidup lebih bahagia dan panjang umur, dan sebagainya. 

Lalu bagaimana caranya berpikiran positif dikala semangat kerja sedang surut?

  1. Yang pertama adalah dengan membiasakan diri menggunakan kata positif saat berbicara pada siapa pun. Usahakan mengganti kata-kata negatif yang hanya melemahkan semangat, dengan kata-kata positif yang dapat membangkitkan semangat. 
  2. Yang kedua adalah dengan membuang semua perasaan atau pikiran negatif. Fokuskan diri pada hal-hal positif yang terjadi dalam hidup. Yakni dengan bersyukur pada apa yang diberikan oleh Tuhan. 
  3. Yang ketiga adalah dengan memulai berlatih untuk memuji diri sendiri. Bukan untuk melatih diri menjadi orang yang narsis atau overproud, tapi mulailah untuk membiasakan diri tidak merendahkan atau menjelek-jelekkan diri sendiri. 
  4. Yang keempat adalah menganalisis apa yang salah. Berpikiran positif bukan berarti menyangkal kalau tidak ada satu hal pun yang salah. Tapi dengan menganalisis apa yang salah sehingga dapat menghindari kesalahan yang sama di masa depan. 
  5. Yang kelima adalah memaafkan diri sendiri. Kalau ternyata pikiran-pikiran negatif yang menyebabkan semangat kerja jadi turun karena melakukan kesalahan, daripada menyalahkan diri sendiri, analisa apa yang salah lalu maafkan diri sendiri. 
  6. Yang keenam adalah dengan menganggap bahwa kegagalan adalah kesempatan untuk melakukan yang terbaik di masa depan. Dari kegagalan itu akan tahu apa saja kesalahan yang dilakukan, sehingga nantinya tidak akan membuat kesalahan yang sama untuk kesempatan berikutnya. 

Baca Juga : KENALI LEBIH JAUH PROSEDUR KESELAMATAN KERJA LABORATORIUM

4. Mendengarkan Masukan dari Orang Lain

Supaya semangat dan motivasi bekerja dapat kembali membara seperti sebelumnya, cobalah dengan mendengarkan pendapat dan masukan dari orang lain. Di antaranya adalah rekan kerja, atasan, konsultan, sahabat, keluarga, maupun pasangan mengenai pekerjaan. 

Diskusikanlah apa saja yang harus dilakukan untuk meningkatkan performa kerja. Bisa saja dengan saran dan masukan dari orang lain justru akan membuka pandangan baru dan dapat meningkatkan semangat bekerja. Intinya jangan terlalu menutup diri terhadap nasehat, masukan, ataupun kritik dari orang lain. 

5. Memberikan Penghargaan Terhadap Diri Sendiri

motivasi bekerja
(Sumber: Xant.ai)

Mungkin saja semangat kerja jadi turun atau hilang karena kurang merasa dihargai. Kalau perusahaan atau tempat kerja tidak memberikan penghargaan yang sepantasnya terhadap pencapaian brilian yang dilakukan, maka lakukanlah sendiri. Bukan dengan lembur supaya dilihat atasan, tapi dengan memberikan hadiah pada diri sendiri. Karena dari setiap kerja keras harus diberi penghargaan. 

Misalnya setelah berhasil mengerjakan suatu proyek dan sukses, maka hadiahi diri sendiri dengan memanjakan diri ke salon atau berlibur. Dengan ini maka tidak ada lagi rasa bosan karena bekerja, justru makin semangat bekerja dan motivasi bekerja bisa meningkat karena merasa bahwa usaha yang telah dilakukan mendapat apresiasi. 

6. Buang Jauh-jauh Keraguan dan Ketakutan

Adapun menurunnya semangat kerja bisa jadi disebabkan oleh keraguan dan ketakutan dalam menunjukkan kemampuan dengan lebih optimal. Solusi agar motivasi bekerja naik adalah dengan membuang jauh-jauh rasa takut dan ragu tersebut. Tanamkan keberanian pada diri sendiri. Bagaimana performa kerja bisa optimal kalau ragu dan takut melakukan sesuatu? 

Baca Juga : STRATEGI JITU DAN TIPS INTERVIEW KERJA UNTUK GENERASI MILENIAL

7. Menikmati dan Mencintai Pekerjaan

Sepele, tapi sangat berpengaruh terhadap semangat kerja. Motivasi bekerja itu ada kalau orang tersebut mencintai dan menikmati pekerjaan yang dilakukan. Kalau tidak, pastinya akan merasa terbebani dan berat sekali untuk menjalaninya. Bisa saja mengambil pekerjaan itu karena terpaksa oleh desakan banyak hal. Tapi kalau sudah terlanjur bekerja di perusahaan tersebut dengan posisi itu, mau tak mau seseorang harus menyukai pekerjaan tersebut. 

Caranya adalah dengan menikmati prosesnya. Membuat diri sendiri nyaman dengan pekerjaan tersebut dan mulai membiasakan diri dengan keadaan. Melakukan suatu pekerjaan dengan rasa terpaksa, hanya akan membuat diri sendiri menjadi tertekan dan performa kerja pun jadi menurun. Tetapkan tujuan-tujuan baru, terapkan kebiasaan untuk berpikir positif dan banyak-banyak bersyukur. Dengan begitu meskipun awalnya bekerja karena tuntutan, tapi dengan mencintai pekerjaan, segalanya akan menjadi lebih mudah dan semangat kerja pun tetap terjaga.  

Itulah 7 cara meningkatkan motivasi bekerja yang bisa dicoba. Dengan cara ini, semoga motivasi dan semangat yang dimiliki bisa naik dan sudah tidak malas lagi dalam mengerjakan tugas kantor ya! 

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram CaraDaftar.Id. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.