Pada saat perusahaan serius ingin mendapatkan karyawan baru di posisi tertentu pasti akan membuka lowongan pekerjaan. Informasi mengenai lowongan pekerjaan biasanya akan dibagikan melalui media digital, seperti website resmi perusahaan, situs lowongan kerja, media sosial dan media konvensional. Informasi lowongan pekerjaan yang dibagikan diharapkan bisa menjangkau banyak orang sehingga banyak yang melamar pekerjaan. Terlebih biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk iklan lowongan kerja cukup besar. Tentu jika kurang ada peminatnya perusahaan akan rugi. Lalu seperti apa contoh job vacancy formal yang menari, modern dan kreatif? 

5 Contoh Job Vacancy Formal yang Menarik, Modern dan Kreatif

contoh job vacancy
(Sumber: Wartatransparasi.com)

Supaya lowongan pekerjaan yang disebar bisa menarik banyak orang, maka perlu dibuat dengan semenarik mungkin. Berikut ini beberapa contoh lowongan pekerjaan yang menarik dan bisa dijadikan referensi untuk rekrutmen karyawan:

Baca Juga : Peran, Tugas, dan Tanggung Jawab Accounting Executive dalam Perusahaan

1. Contoh Job Vacancy di Koran

Membuat job vacancy di koran atau surat kabar harus disesuaikan dengan lebar kolom yang telah disediakan. Kolom yang disediakan oleh pihak koran biasanya berukuran lebih sempit dibandingkan kolom yang tersedia di situs penyedia informasi lowongan kerja. Hal ini akan berpengaruh pada informasi yang disajikan. Informasi yang ada harus menggunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas bagi pembacanya atau job seekers.

Contoh penulisan job vacancy di koran sebagai berikut.

Dibutuhkan Supervisor Pemasaran, Laki-laki, Pendidikan Min SMA/D3, Mempunyai SIM C, Bersedia di tempat di Jakarta, Usia Max. 35 tahun. Kirim lamaran ke PT. Nusa Indah, Jl. Raden Intan No. 45, Tanjung Karang Lampung.

2. Contoh Job Vacancy di Situs Lowongan Kerja

Saat ini informasi lowongan pekerjaan lebih banyak ditampilkan di Situs penyedia jasa lowongan kerja. Hal ini dilakukan karena hampir semua orang menggunakan internet, sehingga lebih efektif ketika informasi disajikan di media tersebut. Job seeker atau pencari kerja akan dengan mudah terkoneksi. Selain menyediakan informasi, beberapa situs juga menyediakan fitur melamar kerja secara langsung, online, tanpa harus keluar dari situs tersebut. Syaratnya job seekers harus terdaftar dan login serta melengkapi data pada situs tersebut.

Beberapa situs penyedia informasi lowongan kerja diantaranya adalah Jobs.id, JobsDB, Jobstreet.co.id, Jobindo.com, kompas karier dan situs lainnya. beberapa situs tersebut bahkan sudah menyediakan aplikasi agar informasi mudah terupdate.

3. Contoh Penulisan Job Vacancy di Situs Lowongan Kerja sebagai berikut:

MT Operational Supervisor

PT. Sumber Lestari Tbk.

Deskripsi Pekerjaan

  1. Mengelola semua kegiatan operasional gudang
  2. Mengawasi kegiatan sehari-hari
  3. Menentukan jadwal kegiatan
  4. Mengimplementasikan kebijakan perusahaan

Kualifikasi

  1. Usia max 35 tahun
  2. Pendidikan S1 Akuntansi
  3. IPK min 3,00
  4. Berpengalaman di bidang terkait min 2 tahun
  5. Memiliki jiwa kepemimpinan

Baca Juga : Kenali Apa Itu HRD dan Tugas HRD Perusahaan yang Sesungguhnya

4. Contoh Job Vacancy di Media Chatting

Saat ini media chatting sangat familiar untuk semua orang. Media ini bahkan sudah menjadi gaya hidup untuk berkomunikasi baik dengan teman, keluarga, rekan kerja bahkan atas di sebuah perusahaan. Contoh media ini yaitu whatsapp, bbm, telegram dan lainnya.

Karena media ini sangat familiar dan banyak digunakan, maka media chatting ini juga bisa digunakan untuk menyebar informasi lowongan pekerjaan. Terdapat fitur khusus untuk menyampaikan informasi. Fitur ini biasanya dapat digunakan untuk mengirim satu pesan ke semua kontak yang ada. Fitur ini dinamakan broadcast.  Dengan adanya fitur ini dapat memudahkan pengguna memberikan pengumuman, berita dan informasi lainnya.

Pastikan menggunakan kata-kata yang simple dan jelas, agar penerima pesan tidak malas membaca. Biasanya menggunakan kata yang diberi huruf tebal dan huruf besar untuk memberikan kesan penekanan. Contoh informasi job vacancy yang disebar melalui media chatting adalah:

DIBUTUHKAN SEGERA

Mekanik

Persyaratan:

  1. Surat lamaran pekerjaan
  2. Fotokopi ijazah terakhir  (min D3)
  3. Pas foto 3×4 (3 lembar)
  4. Foto copy KTP / SIM
  5. Jujur, disiplin, terampil, rajin dan bertanggung jawab

Segera kirim Lamaran ke budi@sumberlesatari.com

HRD PT. Sumber Lestari Tbk.

5. Contoh Job Vacancy dengan Poster / Selebaran Pengumuman

Job vacancy juga bisa disebar melalui poster atau selebaran pengumuman yang ditempel di ruang public atau pusat pelayanan informasi lowongan pekerjaan. Membuat poster yang berisi lowongan pekerjaan dapat menggunakan beberapa software. Software ini memiliki tool desain agar poster memiliki tampilan yang menarik. Beberapa software desain juga dapat digunakan secara online, diantaranya adalah canva.com, id.postermywal.com dan lainnya.

Situs desain poster tersebut sangat cocok digunakan bagi yang masih merasa kesulitan untuk menggunakan software sekelas coreldraw dan lainnya. Jangan khawatir situs tersebut dapat digunakan secara gratis.

Poster ini hendaknya menyediakan informasi yang jelas tentang pekerjaan. Dari mulai posisi yang ditawarkan, nama perusahaan, syarat atau kualifikasi, dokumen yang harus dilengkapi dan alamat untuk mengirim berkas baik itu berupa email maupun alamat kantor perusahaan. Poster akan tampil lebih menarik dan interaktif apabila dilengkapi dengan gambar yang sesuai dengan posisi yang ditawarkan pada perusahaan tersebut dan gambar logo perusahaan.

Cara Membuat Job Vacancy yang Menarik 

Perlu diketahui jika membuat job vacancy yang menarik bukanlah sesuatu yang mudah. Jika job vacancy dibuat dengan asal-asalan dan tidak benar maka bisa merugikan perusahaan. Contohnya seperti pelamar yang datang tidak sesuai kualifikasi, jumlah pelamar sedikit dan sebagainya. lalu bagaimana cara membuat job vacancy yang menarik?

Baca Juga : Daftar Pertanyaan Wawancara Kerja Paling Sulit dan Jawaban

1. Buat Judul yang Menarik 

Langkah pertama untuk membuat job vacancy adalah membuat judul yang menarik berupa posisi dan juga pekerjaan yang dicari. Pastikan jumlah kata yang digunakan untuk judul maksimal 5 kata. Buatlah judul dengan singkat, padat dan jelas sehingga tidak membutuhkan banyak waktu untuk memahaminya.

2. Buat Deskripsi Singkat Tentang Perusahaan 

contoh job vacancy
(Sumber: Economy.okezone.com)

Tidak cukup hanya dengan judul yang menarik. Hal ini dikarenakan calon kandidat juga membutuhkan informasi tambahan mengenai perusahaan dan pekerjaan yang ditawarkan. Buatlah deskripsi secara singkat tidak lebih dari 40 kata.  biasanya deskripsi yang dibuat berisi tentang visi misi perusahaan, posisi yang ditawarkan, lingkup kerja dan juga tipe kontrak yang ditawarkan. 

3. Mencantumkan Poin-poin Kualifikasi Pelamar yang Dicari 

Langkah selanjutnya dan tidak boleh sampai terlewatkan adalah mencantumkan poin-poin kualifikasi yang dicari. Dalam bagian ini berisi tentang kualifikasi karyawan yang dibutuhkan dan juga syarat yang harus dipenuhi oleh calon karyawan. Sangat disarankan untuk mencantumkan poin-poin kualifikasi dan persyaratan sebanyak 7 poin saja.

4. Mencantumkan Poin-poin Benefit yang Ditawarkan 

contoh job vacancy
(Sumber: Lokerbali.info)

Rekrutmen karyawan yang dibagikan bertujuan untuk menyejahterakan kedua pihak yaitu perusahaan dan karyawan. Dimana nantinya karyawan memberikan kontribusinya berupa tenaga dan pikiran untuk menyelesaikan jobdesk. Sedangkan perusahaan memberikan benefit sebagai timbal balik untuk karyawan. Benefit yang ditawarkan perusahaan dalam job vacancy menjadi daya tarik tersendiri bagi kandidat. Poin-poin benefit seperti gaji pokok, uang transportasi, jenjang karir dan sebagainya.

5. Memberikan Instruksi Cara Melamar Pekerjaan yang Ditawarkan 

Langkah terakhir yaitu memberikan informasi bagaimana cara melamar pekerjaan yang ditawarkan. berikan informasi mengenai berkas-berkas yang harus dikiri, melalui email atau dikirim langsung ke alamat kantor, kapan batas terakhir lamaran dan sebagainya.

Nah itulah 5 contoh job vacancy formal yang menarik, modern dan kreatif. Diharapkan informasi diatas bisa membantu perusahaan untuk membuat job vacancy dengan baik dan benar supaya banyak peminatnya. Semoga bermanfaat. 

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram CaraDaftar.Id. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.