Teknologi yang semakin canggih sangat membantu manusia dalam melakukan pekerjaan. Dahulu jika ingin melamar pekerjaan maka harus menulis tangan lamaran pekerjaan lalu mengirimnya melalui kantor pos. Namun, saat ini hal tersebut tidak lagi dilakukan karena berkat adanya teknologi segala sesuatunya menjadi dipermudahkan. Sekarang jika ingin melamar pekerjaan maka hanya perlu mengirim lamaran pekerjaan via Email PDF. Selain lebih mudah pastinya juga lebih hemat biaya. Inilah contoh lamaran kerja via email PDF yang baik dan benar.
Persiapan Sebelum Melamar Kerja via Email PDF
Sebelum mengirim lamaran pekerjaan via email PDF, terlebih dahulu harus mempersiapkan segala sesuatunya yang dibutuhkan. inilah beberapa persiapan sebelum melamar pekerjaan via Email PDF.
- Pelamar harus mempersiapkan surat lamaran kerja dalam bentuk PDF, Word atau format file lainnya yang dapat di unggah di lampiran email.
- Buat daftar riwayat hidup dengan isi nama, alamat, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan dan jabatan sebelumnya, keahlian, kursus, prestasi dan beberapa hal lain yang dianggap penting.
- Scan beberapa dokumen penting, seperti KTP, SIM, Ijazah, sertifikat prestasi, sertifikat kursus dan beberapa dokumen penunjang lainnya.
- File pas foto.
- Surat atau dokumen lain yang diminta oleh pihak HRD pada saat melamar kerja via email.
Baca Juga : Rahasia Menulis Surat Lamaran Kerja dan Daftar Riwayat hidup yang Terbukti Berhasil
Poin Penting Pengisian Lamaran Kerja via Email
Melamar kerja via email tentu harus memperhatikan alamat email yang digunakan. Pelamar harus membuat alamat email. Suapaya email terlihat professional maka perlu membuatnya dengan cara, seperti menggunakan nama asli pelamar baik nama panggilan maupun nama lengkap. Hal ini akan sangat berkaitan dengan kesan yang diberikan. Pihak HRD perusahaan akan melihat bahwa pelamar menunjukkan minat dan profesionalisme terhadap bidang pekerjaan yang dilamar.
Sebelum membahas tentang contoh lamaran kerja via email, pelamar harus memperhatikan 4 bagian pokok. Bagian ini sangat penting baik ketika melamar kerja via email yang dikirim melalui HP maupun komputer. Semua bagian harus diisi dan dilengkapi jangan sampai kosong. Keempat bagian tersebut adalah:
1. Alamat Tujuan
Pelamar harus memastikan alamat tujuan pengiriman lamaran kerja via email. Pastikan alamat tersebut benar agar tidak salah kirim, agar sampai ke HRD perusahaan yang dituju. Banyak kasus yang terjadi yakni pelamar telah mengisi badan email dengan lengkap dan melampirkan berbagai dokumen PDF, namun lupa mengisi alamat tujuan.
Hal ini akan membuat pelamar bekerja dua kali, karena email akan di pending tidak terkirim. Pelamar akan diminta untuk mengisi alamat tujuan. Setelah mengisi alamat tujuan, jangan lupa untuk mengecek kembali. Yakinkan bahwa alamat tujuan yang diisi telah benar.
2. Subject Email
Pelamar harus memastikan subject email ketika melihat iklan lowongan pekerjaan baik melalui media cetak, media elektronik maupun aplikasi pencari kerja. Perhatikan berbagai persyaratan yang tercantum di pengumuman tersebut.
Biasanya pihak perusahaan meminta pelamar mengisi subject email sesuai dengan posisi yang dilamar. Pelamar juga harus memberi kode tertentu pada bagian ini. Contoh yang biasa diterapkan oleh beberapa perusahaan [Nama Lengkap]_[Kota]_[kode posisi yang dilamar].
3. Isi atau Badan Email
Beberapa poin penting yang harus diperhatikan oleh pelamar pada bagian isi email. Pada bagian awal isi email, tulis tujuan email tersebut seperti YTH. HRD PT. Sinar Harapan Di Tempat. Setelah itu beri salam dan tulis isi dengan singkat dan jelas.
Jangan lupa untuk menulis isi ini dengan alasan kenapa pelamar berminat pada bagian bidang pekerjaan tersebut. pelamar juga menulis harapan agar diberi kesempatan untuk wawancara agar menjelaskan secara detail tentang potensi yang dimiliki cocok dengan bidang pekerjaan yang dilamar. Jangan lupa untuk memberi penutup dan mengucapkan terima kasih.
Baca Juga : Tips Melamar Kerja bagi Pemula Dijamin Cepat Diterima
4. Lampiran
Pelamar harus memastikan memberi lampiran sesuai yang diminta oleh pihak perusahaan. Beri nama lampiran sesuai dengan jenis dokumennya. Contoh apabila melampirkan dokumen ijazah S1, maka beri nama Ijazah Ahmad 2020 jangan hanya memberi nama Ijazah saja tanpa ditambahi nama lengkap.
Pemberian nama sesuai dengan dokumen yang dilampirkan akan mempermudah HRD mengunduh, menyimpan dan menyeleksi dokumen. HRD akan menyimpan dokumen tersebut dan memudahkannya memanggil atau melakukan wawancara pada pelamar sesuai dengan spesifikasi bidang pekerjaan yang dilamar.
Cara Mengirim Lamaran Kerja via Email
1. Siapkan Dokumen/File Penunjang
Pelamar harus mempersiapkan dan menyimpan berbagai file dokumen penunjang yang akan digunakan pada saat melamar kerja via email. Pastikan ukuran file tidak melebihi kapasitas yang ditetapkan oleh HRD perusahaan, seperti tidak lebih dari 4 MB.
File dengan ukuran yang terlalu besar akan membuat proses upload menjadi lebih lama. Selain itu sistem otomatis yang digunakan oleh pihak HRD akan melakukan sortasi pada file-file yang terlalu besar dan kemungkinan besar tidak akan diterima oleh HRD.
2. Akun Email Aktif
Akun email yang digunakan untuk melamar pekerjaan harus aktif atau sering digunakan. Apabila belum punya akun, segera membuatnya. Tentu dengan nama akun yang terlihat profesional, seperti menggunakan nama lengkap. Pelamar bisa menggunakan akun yang sudah banyak digunakan di Indonesia, seperti google mail maupun yahoo mail.
Akun email yang aktif akan memudahkan pelamar menerima notifikasi ketika ada balasan dari pihak HRD. Pelamar akan segera mengetahui dan mempersiapkan segala sesuai apabila ada panggilan wawancara dengan pihak HRD.
3. Isi Subject
Pelamar harus mengisi subject email dengan benar dan tepat. Bagian ini biasanya diisi dengan posisi yang dilamar. Selain subject email, pelamar juga bisa mengisi kolom CC atau BCC apabila dirasa perlu atau diminta oleh pihak HRP perusahaan. kolom ini berfungsi sebagai Salinan yang akan diterima oleh beberapa pihak yang memiliki hubungan dengan bidang yang dilamar.
Baca Juga : Situs Pencari Kerja Terbaik untuk Korban PHK
4. Unggah Lampiran
Pada email terdapat bagian penting yang perlu diperhatikan oleh pelamar, yaitu menu Lampiran. Menu dengan simbol pin spiral ini digunakan untuk melampirkan beberapa dokumen yang diminta oleh HRD, seperti identitas berupa surat lamaran, daftar riwayat hidup, KTP atau SIM, pas foto, ijazah dan dokumen penunjang lainnya.
Contoh Lamaran Kerja Via Email PDF
To : [email protected]
CC : [email protected]
Subject : Ahmad_Internal Auditor
Kepada YTH
General Recruiter PT. Sinar Jaya, Tbk
Di Tempat
Salam hormat
Saya memperoleh informasi melalui LinkedIn bahwa PT. Sinar Jaya, Tbk membutuhkan Internal Auditor. Sesuai dengan keahlian dan bidang yang ditekuni, saya sangat tertarik dan antusias pada posisi tersebut. Mohon sekiranya Bapak / Ibu HRD berkenan membaca daftar riwayat hidup dan beberapa dokumen penunjang lainnya yang saya lampirkan di email ini. Saya juga berharap memperoleh kesempatan wawancara agar menjelaskan lebih terperinci tentang potensi yang dimiliki.
Atas perhatian Bapak/Ibu Saya ucapkan terima kasih atas kesempatannya
Salam Hormat
Ahmad, SE, MSc
Nah itulah contoh lamaran kerja via Email PDF yang baik dan benar. Diharapkan penjelasan diatas bisa membantu pembaca yang sedang bingung dalam mengirim lamaran kerja via Email PDF. Semoga bermanfaat.
Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram CaraDaftar.Id. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.