Apakah anda sering mendengar istilah marketing komunikasi alias marketing communication atau komunikasi pemasaran? Jika pernah, apakah anda sudah mengetahui apa istilah dari marketing komunikasi tersebut? Jika belum, mari kita bahasa sejenak tentang apa itu komunikasi pemasaran, bagaimana peranannya dan apa sebenarnya manfaat menggunakan layanan tersebut.
Pengertian Marketing Komunikasi
Kata marketing sendiri pasti sudah tidak asing bagi sebagian orang. Apalagi jika anda adalah pengusaha atau seorang yang sedang menekuni sebuah bisnis. Sebab, kata marketing itu sendiri mengarahkan kepada penjualan. Menurut pandangan para ahli, bahasa penasaran ini adalah salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan atau yang bertindak sebagai produsen untuk menjangkau pasar. Kasarnya, bahasa pemasaran ini lah yang nantinya menjadi alat agar banyak yang berminat dan mengetahui tentang produk ataupun jasa yang anda miliki sebagai produsen.
Tanpa bantuan alat ini, maka peningkatan penjualan akan mengalami kesulitan. Belum lagi masalah produk yang tidak dikenal oleh orang banyak. Dalam bahasa pemasaran anda harus memastikan bahasa tersebut diterima dan tersampaikan dengan baik bagi pasar. Sebab jika tersampaikan dengan baik, maka kamu tidak hanya mendapatkan keuntungan dalam penjualan yang berlimpah tapi juga mendapatkan pelanggan yang akan membeli lagi serta lagi. Menarik, bukan? Untuk itu, mari kita bahas lebih dalam mengenai marketing communication ini.
Baca Juga : 4 Tugas Asisten Apoteker Yang Wajib Diketahui
Seberapa Pentingkah Marketing Communication Tersebut?
Dari pembahasan di atas, anda pasti tahu bahwasanya marketing communication ini termasuk elemen penting bagi sebuah usaha atau bisnis. Ketika memutuskan untuk menggunakan layanan bahasa pemasaran, tentunya sebagai seorang pemilik usaha anda sedang melakukan investasi jangka panjang terhadap usaha tersebut. Anda bisa mendapatkan brand awareness dan poin ini sangat penting baik bagi usaha yang baru dirintis ataupun yang sudah lama berjalan. pernahkah anda melihat iklan di televisi? Bukankah mereka menyajikan iklan dari beberapa produk yang sama berulang-ulang?
Bahkan mereka rela membuat video terbaru dari satu produk agar diputar lagi dan lagi di siaran televisi anda. Apa sebenarnya yang mereka cari? Padahal budget pembuatan video iklan dan pembayaran untuk pihak channel Televisi tentunya tidak sedikit. Ternyata yang mereka cari adalah brand awareness. Supaya produk atau jasa mereka selalu diingat dan dikenal oleh masyarakat luas. Sebab, hampir semua orang sudah menggunakan televisi sekarang ini. Hasil akhirnya tentu dengan meningkatnya penjualan. Misalnya saja ketika seseorang membutuhkan bumbu dapur, maka yang di iklankan di televisi akan lebih mudah diingat daripada mereka mencari-cari secara manual. Inilah pentingnya marketing communication agar bisa merubah persepsi masyarakat dan membuat brand anda dikenal.
Baca Juga : Kenali Apa Itu Multitasking dan Cara Multitasking Karyawan
Jenis-Jenis Marketing Communication
Jika anda masih penasaran tentang marketing komunikasi, maka anda juga bisa mempelajari jenis-jenis (bentuk) yang bisa digunakan, yaitu:
1. Advertising
Advertising alias iklan adalah salah satu bentuk komunikasi pasar yang kian populer. Apalagi dengan kemajuan teknologi, kita sudah bisa menggunakan banyak media untuk melakukan advertising alias iklan tersebut. Advertising sekarang tidak hanya dilakukan secara konvensional namun juga secara online yang tentunya mudah menjangkau banyak orang.
2. Sales Promotion
Siapa sih yang tidak menyukai sebuah promo? Bukankah promo adalah hal yang selalu ditunggu-tunggu banyak orang? Dan, promo sendiri ternyata masuk dalam jenis-jenis bahasa pasar yang menarik minat secara langsung.
3. Personal Selling
Jenis yang satu ini tentunya tidak mungkin didapatkan oleh semua konsumen. Biasanya pihak marketing communication harus pandai memanfaatkan situasi untuk menarik minat pelanggan. Caranya? Tentu dengan menawarkan dan memberikan promo menarik secara personal agar mereka tertarik apalagi berubah menjadi pelanggan setia.
4. Direct Marketing
Ini juga merupakan salah satu jenis komunikasi pasar yang sering dilakukan. Pernah melihat orang-orang yang langsung menawarkan produk mereka dengan selebaran brosur? Dan ini adalah jenis dari direct marketing.
Tujuan Serta Tugas Marketing Komunikasi
Selain peranannya yang sangat penting dalam sebuah usaha, marketing komunikasi ini juga punya tujuan yang tidak kalah penting, yaitu:
- Agar produk atau jasa yang menggunakan jasa mereka mendapatkan peningkatan minat oleh pembeli serta calon pembeli.
- Memberikan fasilitas terhadap pembeli sesuai dengan kebutuhan.
- Agar brand awareness selalu meningkat pesat.
- Meningkatkan minat pasar terhadap penjualan produk atau jasa.
Setelah mengetahui tujuannya, anda juga harus mengetahui beberapa fungsi dari marketing communication, yaitu:
- Promosi : tentu saja marketing communication ini hadir agar bisa menjalankan fungsi promosi. Setidaknya, merekalah tangan kanan perusahaan agar bisa memberitahukan informasi produk mereka terhadap masyarakat luas.
- Beriklan : selain untuk promosi, layanan bahasa pasar ini juga ditugaskan untuk melakukan periklanan.
- Pemasaran Secara Langsung : layanan mereka juga ditugaskan untuk melakukan pemasaran langsung door to door terhadap pelanggan.
- Membangun relasi dan penjualan pribadi : tugas selanjutnya adalah membangun sebuah ikatan timbal balik antara produsen dan konsumen yang baik. Dan, tentu saja ada tugas lagi tentang direct selling untuk menambah kepercayaan dan minat pembeli.
Strategi-Strategi Marketing Komunikasi Agar Penjualan Meningkat
Tentu saja pihak marketing communication memerlukan segudang strategi agar tugasnya berhasil, seperti:
- Mempelajari Apa Target Pasar
Pihak marketing tentunya harus mempelajari terlebih dahulu segmentasi pasar. Setidaknya mereka harus tahu apa yang diharapkan oleh pembeli nantinya. Atau, apakah jasa dan produk yang mereka tawarkan benar-benar dibutuhkan?
- Menentukan Unique Selling Point
Pihak marketing juga harus mengetahui apa sih poin penting yang membedakan produk tersebut dengan produk yang lainnya. Jadi, harus melakukan riset terhadap kompetitor terlebih dahulu. Jangan sampai produk atau jasa tersebut malah tidak memenuhi kebutuhan atau tidak memberikan solusi terhadap kebutuhan masyarakat.
- Menyesuaikan Gaya Bahasa Penyampaian Marketing Penjualan
Pastikan gaya bahasa yang disampaikan sesuai dengan target konsumen. Misalnya produk tersebut adalah produk kecantikan untuk dewasa maka bahasanya jangan terlalu “gaul” ala-ala remaja agar mudah dipahami oleh calon konsumen.
- Salurkan Marketing Dengan Fasilitas Yang Sesuai
Setelah melakukan riset pasar, pastinya sudah diketahui siapa target pasar yang ingin ditarik minatnya. Misalnya saja para remaja, maka pihak marketing harus memanfaatkan fasilitas kekinian seperti media sosial agar lebih mudah mencapai target konsumen yang diharapkan.
Baca Juga: Tips dan Trik Rahasia Cara Mudah Cek NSIN Siswa Terbaru
Apa Saja Keahlian Yang Diperlukan Dalam Profesi Marketing Komunikasi?
Jika anda tertarik, maka kuasai beberapa kemampuan dibawah ini agar bisa bekerja sebagai marketing communication:
- Public Speaking: ya! Anda memang harus menguasai bagaimana caranya menyampaikan sesuatu di hadapan publik. Sebisa mungkin jangan grogi ataupun gagap saat berhadapan dengan calon konsumen. Dan, ingat untuk memberikan informasi sekaligus kata-kata pemikat agar mereka tertarik.
- Penulisan: anda juga harus paham bagaimana kaidah menulis yang baik dan benar serta memikat minat calon pembeli. Sebab, tidak jarang konten tulisan berbobot membawa banyak penjualan.
- Empati: sebagai seorang marketing, bagaimana tanggapan anda dalam berhadapan dengan konsumen sangat dibutuhkan. Jangan terlihat jengkel atau tidak nyaman ketika mendapatkan banyak pertanyaan yang berulang.
Demikianlah informasi terkait marketing komunikasi yang penting untuk anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat.
Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram CaraDaftar.Id. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.