Bagi karyawan, kantor merupakan rumah kedua baginya. Hal ini dikarenakan hampir sepertiga harinya dihabiskan dengan bekerja di kantor. Supaya betah dan mudah bosan disarankan untuk mendekorasi kantor supaya lebih nyaman dan tambah semangat bekerja. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat ruangan menjadi nyaman, salah satunya dengan menata meja kerja kantor. Bagaimanakah cara yang bisa dilakukan untuk menatanya? Supaya lebih jelas, simak uraian dibawah ini. 

9 Cara Mudah Menata Meja Kerja Kantor yang Bikin Semangat 

1. Jaga Kerapian dan Kebersihan Meja

Kondisi meja kantor yang berantakan dan kotor akan sangat berpengaruh terhadap mood dan fokus ketika bekerja. Usahakan sebelum pulang, meja kerja kantor ditinggalkan dalam kondisi rapi dan bersih. Meja yang rapi dan bersih secara tidak langsung akan menunjang kinerja. Kerja akan lebih cepat karena perlengkapan penunjang kerja dapat ditemukan dengan mudah. 

Baca Juga : Faktor-faktor yang Memotivasi Karyawan

Apabila karyawan suka ngemil, jangan biarkan camilan mengotori meja. Tempatkan camilan pada wadah yang mudah diletakkan diatas meja. Sisa camilan sesegera mungkin dibersihkan dan dibuang ke tempat sampah. Karyawan harus selalu meluangkan waktu untuk menata, merapikan dan membersihkan meja kerja.

2. Letakkan Layar Komputer Sejajar dengan Mata

meja kerja kantor
(Sumber: Properti.kompas.com)

Hal ini sangat penting bagi karyawan yang menggunakan Komputer ketika bekerja. Posisi layar yang terlalu rendah atau tinggi akan membuat leher menjadi sakit. Letakkan posisi layar komputer atau laptop sejajar dengan mata. Biasanya hal ini bisa disesuaikan dengan ketinggian tempat duduk. Apabila tidak ada pengaturan tinggi rendah pada kursi, lebih baik gunakan barang-barang yang tidak diperlukan sebagai alas agar layar menjadi sejajar dengan mata.

Layar komputer juga sebaiknya diatur 10-15 derajat ke belakang, sedikit miring. Hal ini akan berguna agar mata dan punggung tidak mudah lelah ketika berlama-lama menatap layar, terutama bagi yang menggunakan laptop.

3. Beri Hiasan Secukupnya

Apabila meja kerja sudah rapi dan bersih namun semangat belum juga muncul, sebaiknya beri hiasan atau dekorasi yang diletakkan di atas meja kerja kantor. Ketika memberi hiasan ada hal yang perlu diperhatikan yaitu  hiasan dipasang secukupnya, tidak mengganggu ketika bekerja. Jangan sampai keberadaan membuat meja kerja terasa sempit. 

Karyawan dapat memberikan hiasan berupa foto kekasih, foto keluarga, pot dan bunga berukuran mini dan hiasan lainnya. Hiasan yang diletakkan usahakan memberi kesan fresh sehingga semangat untuk kerja terjaga. Hiasan harus ditata dengan rapi. Jangan biarkan hiasan yang ada malah membuat kesan berantakan dan mengganggu konsentrasi ketika bekerja.

4. Buang Barang yang Tidak Diperlukan

Segala macam barang yang ada di atas meja kerja kantor hendaknya harus selalu berkaitan dengan pekerjaan dari karyawan tersebut. Jangan biarkan barang yang memenuhi meja kerja berupa barang yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. 

Apabila terdapat dokumen-dokumen lama, coba pilah secara rutin. Dokumen yang tidak diperlukan seharusnya tidak berada diatas meja kerja, buang atau simpan. Jika hal ini benar-benar dilakukan maka meja kerja akan terlihat rapi dan bersih sehingga menambah semangat bekerja. 

Baca Juga : Cara Daftar Payoneer Paling Cepat Untuk Pemula

5. Menata Barang

meja kerja kantor
(Sumber: Bypink.highheels.blogspot.com)

Barang-barang yang memiliki hubungan dengan pekerjaan hendaknya ditata. Penataan ini bertujuan agar meja kerja kantor memiliki space yang cukup untuk digunakan. Pastikan penataan membuat meja berfungsi efektif dan efisien. Meja dalam kondisi bersih dan rapi akan menjadi mood booster

Penataan barang juga berperan dalam menunjang kinerja dan barang mudah dijangkau atau ditemukan ketika dibutuhkan. Apabila menggunakan hiasan, pastikan hiasan yang ada di atas meja tidak mengganggu pekerjaan. Kabel-kabel (apabila menggunakan komputer) harus ditata dengan rapi. Simpan alat tulis pada tempatnya. Apabila karyawan membawa tempat minum, pastikan memiliki tutup agar tidak tumpah dan merusak elektronik yang ada. 

6. Rapikan Berkas dan Alat Tulis

Coba gunakan organizer untuk menata berkas dan alat tulis yang ada di atas meja kerja kantor menjadi rapi. Berkas yang masih digunakan hendaknya dimasukkan ke dalam map secara terpisah sesuai dengan kategori atau kebutuhan. Apabila sudah dikumpulkan ke dalam map, taruh berkas tersebut pada tempat yang aman. Jangan lupa beri label pada map agar memudahkan pencarian berkas bila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Alat tulis dan barang-barang yang berukuran kecil hendaknya dikumpulkan. Barang-barang tersebut biasanya mudah terselip dan hilang. Kumpulkan dan simpan semuanya pada keranjang kecil atau tempat khusus alat tulis. 

7. Sediakan Keranjang Sampah

Keranjang sampah sangat berguna agar meja kerja kantor selalu dalam kondisi rapi dan bersih. Ini adalah salah satu faktor yang dapat menunjang produktivitas kerja selain beberapa hal yang telah dijelaskan sebelumnya. Jangan biarkan sampah berserakan dan memenuhi space meja kerja. Sampah tersebut bisa berupa kertas yang tidak terpakai, bungkus permen dan camilan serta sampah-sampah lainnya.

Keranjang sampah diletakkan pada tempat yang mudah dijangkau, tidak jauh dari tempat duduk. Hal ini akan memudahkan merapikan meja kerja dan membuang sampah. Karyawanpun tidak malas dan tidak perlu repot-repot berpindah untuk merapikan ketika terdapat sampah di atas meja. Gunakan keranjang sampah yang unik dan ukuran yang sesuai dengan tempat kerja. Selain menaruh keranjang sampah di samping, karyawan juga bisa menaruhnya di kolong meja kerja. Dengan menaruh di kolong meja akan membuat tempat selalu terlihat rapi dan memiliki kesan yang baik bagi karyawan lain.

Baca Juga : Tips Cara Daftar Bitcoin yang Benar dan Lengkap

8. Gunakan Pencahayaan yang Cukup

meja kerja kantor
(Sumber: Glints.com)

Apabila karyawan membutuhkan pencahayaan tambahan maka dapat menggunakan pencahayaan dari lampu meja kerja kantor. Pencahayaan yang cukup akan membuat pekerjaan, fokus dan penglihatan menjadi lebih optimal. Pencahayaan yang cukup akan membuat karyawan menjadi lebih produktif. Hal ini terkadang tidak disadari karena biasanya karyawan hanya fokus menata, menjaga kebersihan dan memberi hiasan di atas meja agar lebih menarik. 

Pencahayaan tambahan akan membuat mata tidak cepat lelah, terutama karyawan yang harus focus bekerja dengan angka-angka. Letakkan lampu meja ditempat yang benar. Jangan meletakkannya di atas layar komputer karena layar komputer menghasilkan cahaya sendiri. Lebih baik letakkan di dekat keyboard agar membantu membaca angka dan membantu pengetikan menjadi lebih cepat dan tidak banyak kesalahan.

9. Jangan Letakkan Smartphone di Atas Meja Kerja

Smartphone memiliki banyak fungsi salah satunya adalah menunjang pekerjaan. Namun meletakkan Smartphone di atas meja kerja akan membuat fokus teralihkan dan ujungnya karyawan tidak produktif. Bukannya menyelesaikan pekerjaan yang ada, karyawan malah sibuk dan asyik menggunakan Smartphone terutama bermain game atau media sosial. 

Karena alasan tersebut, sebaiknya karyawan tidak meletakkan smartphone di atas meja kerja kantor. Apabila ingin meletakkan smartphone maka hendaknya diletakkan di laci, tas ataupun tempat lainnya yang tidak mengganggu fokus pekerjaan namun masih bisa dijangkau apabila ada pesan atau panggilan yang dianggap penting.

Nah itulah 9 cara mudah menata meja kerja kantor yang bikin semangat. Semoga informasi yang disampaikan diatas bisa membantu untuk menata meja di kantor supaya lebih produktif. Semoga bermanfaat. 

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram CaraDaftar.Id. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.