Pasar kerja untuk setiap industri lebih kompetitif dari sebelumnya. Jadi, jika Anda ingin membuat tanda dalam situasi seperti itu, Anda memerlukan CV atau resume yang dibuat dengan baik dan berdampak. Tapi bagaimana Anda bisa membuat CV seperti itu? Nah, itulah yang dicakup oleh posting blog ini.

Posting blog ini akan membagikan lima tip dan trik untuk membantu Anda menulis CV yang berdampak. Nah, tanpa memperpanjang perkenalan ini, langsung saja kita ke tipsnya.

1.   Mulailah Dengan Struktur Yang Jelas

Tip pertama untuk menulis resume fantastis yang dapat membuat Anda dipekerjakan adalah membuat struktur yang jelas. Mengapa? Ya, karena Anda membutuhkan CV yang mudah dinavigasi.

Sebuah studi pelacakan mata menyarankan agar pejabat perekrutan hanya menghabiskan beberapa detik untuk melihat CV atau resume Anda. Karena itu, Anda perlu membujuk mereka untuk bertahan. Dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan judul bagian yang jelas dan ringkas serta menulis konten yang menarik untuk setiap bagian. Namun karena tip ini tentang struktur, kita akan fokus pada ‘menulis konten yang menarik’ nanti dalam diskusi ini. Jadi, mari tetap berpegang pada bagian ‘struktur’ penulisan CV untuk tip ini.

Baca Juga: 4 TUGAS ASISTEN MANAGER: PENGERTIAN, FUNGSI DAN TANGGUNG JAWAB

Dalam hal membuat struktur CV yang jelas, berikut adalah beberapa saran mengenai bagian yang harus Anda sertakan:

  • Informasi kontak seperti nama, nomor telepon, kota, dan negara bagian Anda.
  • Ringkasan karir.
  • Beberapa pengalaman kerja.
  • Dilanjutkan dengan pendidikan dan pelatihan Anda.
  • Bagian keterampilan teknis.

Tapi ini hanyalah beberapa saran, karena Anda juga bisa menjadi sedikit kreatif. Misalnya, Anda dapat menyertakan bagian yang sama sekali baru, seperti penghargaan dan penghargaan, sertifikasi, kerja komunitas, kompetensi bahasa, keanggotaan profesional, dan pengalaman sukarela.

2.   Ingatlah Untuk Menyertakan Ringkasan Karir yang Kuat

Tip kedua untuk membuat CV atau resume Anda luar biasa adalah dengan menyertakan ringkasan karir yang kuat. Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, Anda hanya memiliki beberapa detik untuk meyakinkan pejabat perekrutan bahwa mereka harus mengundang Anda untuk wawancara. Dan bagian ringkasan karier adalah tempat Anda akan melakukan keajaiban ini.

Bagian ringkasan karir adalah tempat yang tepat untuk tampil menonjol dan mewakili apa yang Anda tawarkan. Jadi, jangan menahan diri di sini dan gunakan tip berikut untuk membuat resume atau CV Anda bagus:

  • Mulailah ringkasan karir Anda dengan judul posisi yang Anda lamar atau judul pekerjaan Anda saat ini.
  • Kemudian, sertakan tiga keterampilan penting. Tetapi pilihlah dengan hati-hati karena Anda hanya boleh menyebutkan keterampilan yang:
    • Pamerkan kekuatan terbesar Anda.
    • Telah ditekankan dalam deskripsi pekerjaan.
  • Jelaskan bagaimana sejarah, pendidikan, dan pengalaman Anda menjadikan Anda kandidat yang ideal dalam tiga hingga empat kalimat. Sasaran Anda adalah untuk menunjukkan bagaimana Anda dapat membantu menyelesaikan beberapa masalah perusahaan yang paling signifikan.
  • Kemudian, gunakan daftar berpoin untuk menampilkan sorotan karier Anda, termasuk semua hal hebat yang telah Anda capai di berbagai posisi atau pengalaman profesional Anda.
  • Hindari menyebutkan klise seperti ‘ingin mengambil langkah berikutnya dalam karir saya’ atau ‘ingin mengembangkan industri saya . Sebaliknya, Anda harus menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang mereka butuhkan untuk posisi itu.
  • Ingatlah untuk menjelaskan bagaimana Anda ingin menggunakan keahlian Anda untuk beralih ke industri atau pekerjaan baru.

Berikut adalah implementasi praktis dari semua saran ini untuk bagian ringkasan karir seorang analis bisnis senior:

Seni Menulis CV

Informasi ini akan memberi tahu pejabat perekrutan tentang posisi yang Anda cari dan apa yang diharapkan dari CV atau resume Anda. Ini pada akhirnya akan menyederhanakan pekerjaan mereka dengan menghilangkan dugaan.

Baca Juga: 6 TUGAS MARKETING MANAGER, GAJI DAN PENDIDIKAN TERAKHIR

3.   Tambahkan Pernyataan Pencapaian Berbasis Hasil yang Dapat Dikuantifikasi

Kiat ketiga yang akan membantu Anda menulis CV atau resume yang bagus adalah dengan menyertakan pernyataan pencapaian yang digerakkan oleh hasil yang terukur. Nah tip ini mungkin terlihat rumit, dilihat dari namanya. Tapi mari kita uraikan ini.

Anda ingin resume Anda menyoroti tugas yang telah Anda selesaikan dan hasil yang telah Anda capai. Ketika Anda dapat mengukur hasil Anda, Anda memperkuat CV Anda. Jadi, apa sebenarnya yang bisa Anda ukur? Nah, ini hanya beberapa contoh:

  • Penurunan biaya.
  • Peningkatan peringkat pelanggan.
  • Meningkatkan konversi pemasaran.
  • Peningkatan penjualan.
  • Peningkatan pengikut media sosial.
  • Prosedur inovatif yang mempercepat atau meningkatkan jumlah alur kerja klien yang Anda rawat.
  • Jumlah klien baru yang diperoleh.
  • Jumlah anggota tim baru yang bergabung.

Tapi mari kita pahami ini lebih lanjut melalui sebuah contoh.

Misalnya, Anda dapat menentukan bahwa Anda mengelola akun Instagram untuk perusahaan ritel pakaian kecil. Demikian pula, Anda juga dapat mengatakan bahwa Anda meningkatkan pengikut Instagram sebanyak 500 dalam waktu enam bulan, yang pada akhirnya menghasilkan peningkatan pendapatan dan peluang kemitraan baru. Seperti yang Anda lihat, contoh kedua terlihat kuat karena mengukur kesuksesan Anda dan menceritakan apa yang Anda lakukan dan hasil dari tindakan Anda.

Tapi bagaimana Anda bisa membuat pernyataan pencapaian Anda sendiri yang digerakkan oleh hasil? Nah, inilah rumus singkatnya:

Seni Menulis CV

4.   Jadikan CV Anda Mudah Dibaca

Tip keempat untuk menulis CV yang bagus yang membuat Anda dipekerjakan adalah membuatnya mudah dibaca. Anda tidak hanya perlu membuat resume Anda mudah dibaca untuk sistem pelacakan pelamar , tetapi Anda juga harus membuatnya dapat dibaca oleh pejabat perekrutan. Jadi, pertama-tama mari kita bicara tentang membuatnya bisa dibaca manusia.

Pemberi kerja memindai resume atau CV dengan cepat. Oleh karena itu, Anda harus membuat kesan yang baik sesegera mungkin dan menghindari membuat mereka mencari informasi. Dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan kata-kata sederhana dan menulis konten yang menarik untuk setiap bagian.

Misalnya, Anda dapat menghindari kalimat yang rumit dan menggunakan susunan kata yang sederhana untuk meningkatkan keterlibatan pembaca dalam CV Anda. Jika Anda telah mencoba yang terbaik dan masih menghadapi kesulitan dalam menulis kalimat dengan kata-kata yang mudah dibaca, Anda dapat mengubah kata-katanya menggunakan parafrase online gratis. Alat online semacam itu dapat meningkatkan kompleksitas teks dengan mengganti kata-kata sulit dengan sinonimnya yang mudah. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah membuat konten CV Anda sederhana dan mudah dibaca.

juga untuk menerapkan hal-hal berikut :

  • Tulis judul yang jelas.
  • Tulis dengan ukuran font yang tidak terlalu besar atau terlalu kecil.
  • Katakan tidak besar untuk salah ketik atau salah eja.
  • Gunakan pemformatan yang konsisten.
  • Gunakan ruang putih yang bagus.

Baca Juga: ATURAN DAN SYARAT KENAIKAN PANGKAT PNS TERBARU DI INDONESIA

5.   Pelajari Seni Menyesuaikan CV Anda

Trik kelima yang akan membuat CV Anda terlihat bagus dan membuat Anda diterima adalah belajar menyesuaikannya. Merupakan ide bagus untuk menyimpan CV master atau resume di mana Anda melacak semua yang telah Anda lakukan dalam karier Anda. Namun, Anda harus menyesuaikan setiap CV atau resume sebelum melamar ke posisi baru mana pun.

Anda tidak perlu merombak atau merestrukturisasi semuanya setiap saat, karena terkadang, beberapa penyesuaian kecil saja dapat berdampak signifikan. Namun salah satu cara terbaik untuk menyesuaikan resume Anda adalah dengan mengganti ringkasan profesional Anda, yang dapat Anda lakukan dengan melakukan tindakan berikut:

  • Ubah judul dan kata kunci Anda agar lebih cocok dengan posisi. Misalnya, Anda pernah bekerja sebagai manajer nirlaba dan memiliki pengalaman membuat dan menjalankan kampanye Facebook untuk meningkatkan donasi. Namun sekarang, jika Anda melamar pekerjaan sebagai manajer media sosial, Anda mungkin ingin mengubah jabatan dan keahlian Anda untuk mencerminkan pengalaman Anda di bidang ini. Jadi, alih-alih menyebut diri Anda sebagai manajer nirlaba, sesuaikan dengan ahli strategi atau pemasar media sosial, lalu jelaskan bagaimana upaya Anda menghasilkan peningkatan pendanaan.
  • CV atau resume Anda harus disesuaikan untuk industri dan masing-masing perusahaan tertentu. Oleh karena itu, pelajari lowongan pekerjaan dengan hati-hati untuk menentukan kata atau frasa apa yang terus digunakan perusahaan. Misalnya, jika Anda melihat kata ‘ dukungan pelanggan’ disebutkan tiga atau empat kali dalam posting pekerjaan, Anda harus menyebutkannya di CV Anda.
  • Anda juga dapat mengubah urutan poin-poin Anda, yang merupakan cara terbaik lainnya untuk menyesuaikan CV Anda. Katakanlah Anda melamar pekerjaan di layanan pelanggan. Jadi, untuk pekerjaan seperti itu, Anda dapat menyebutkan bahwa Anda telah mendatangkan klien baru, membantu menyelesaikan masalah melalui telepon, atau meningkatkan skor kepuasan pelanggan.

Jadi, dengan menyesuaikan resume Anda untuk menyertakan judul yang kuat dan ringkasan profesional yang menarik, Anda dapat menarik perhatian manajer perekrutan dan mendorong mereka untuk terus membaca.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, ingatlah bahwa CV Anda adalah dokumen yang dinamis. Oleh karena itu, Anda harus memperbaruinya secara berkala untuk mencerminkan pencapaian dan pengalaman terbaru Anda. Dan untuk itu, Anda dapat mengambil bantuan dari petunjuk yang ditentukan dalam pembahasan di atas.

Jadi, dengan menerapkan tip dan trik yang ditentukan di atas, Anda akan berhasil membuat CV yang kuat yang menunjukkan kualifikasi Anda secara efektif dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram CaraDaftar.Id. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.