Bagi banyak kegiatan bisnis, email adalah salah satu sumber komunikasi yang paling banyak disukai. Mulai dari menghubungi karyawan hingga ke pelanggan, email adalah mode paling umum yang digunakan oleh perusahaan untuk berkomunikasi.

Ada beberapa manfaat melakukan pemasaran dengan email. Penelitian telah menunjukkan bahwa pemasaran dengan email memiliki ROI (Return of Investement) sebesar 380%. Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh McKinsey menyatakan bahwa dengan mengirim email bisa 40 kali lebih efektif untuk mengakuisisi pelanggan dibandingkan dengan saluran media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Seiring dengan pemasaran email, pengurutan email juga merupakan salah satu bagian penting untuk mendapatkan pelanggan baru. Mari kita pahami apa itu email sequencing (pengurutan email), macam-macam jenisnya, dan kelebihannya.

Baca Juga : PANDUAN CARA TOP UP OVO TERBARU DENGAN BIAYA PALING MURAH 

Apa itu Pengurutan Email?

Pengurutan Email
(Sumber: Stockvault.com)

Pengurutan email dianggap sebagai salah satu alat pemasaran digital yang paling jarang digunakan. Pengurutan email didefinisikan sebagai serangkaian email yang dikirim berdasarkan interval waktu yang telah ditentukan atau berdasarkan pemicu yang otomatis.

Apa perbedaan antara pengurutan email berbasis waktu dan pemicu? Dengan pengurutan email berbasis waktu, Anda dapat mengirim email pada interval yang telah ditentukan sebelumnya. Mereka juga dikenal sebagai penjawab otomatis. Beberapa contoh email berbasis waktu termasuk mengirim email 30 hari setelah pembelian produk atau setelah membeli langganan satu tahun.

Sedangkan Pengurutan email berbasis pemicu dikirim setiap kali pengguna mengambil tindakan di situs web Anda. Tindakan ini dapat berkisar dari mengklik email, mengklik tautan dalam dua atau tiga email terakhir, saat mereka tidak masuk ke akun mereka, dan seterusnya.

Jenis Pengurutan Email

Pengurutan Email
(Sumber: Pixabay.com)

Mari kita memahami berbagai jenis pengurutan email.

#1. Urutan Pemeliharaan

Urutan pemeliharaan adalah email yang dikirim ke orang-orang yang bertujuan untuk memperkenalkan merek Anda kepada mereka. Email ini dapat berupa email tunggal atau serangkaian email. Email ini dapat membantu pelanggan memahami tentang merek Anda, produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan Anda, dan promosi atau bonus apa pun.

#2. Pengurutan Keterlibatan

Urutan email keterlibatan (Engagement email sequences) membantu Anda dalam membina hubungan dengan pelanggan Anda. Setelah pelanggan Anda mengenal merek Anda, pengurutan keterlibatan kemudian dapat digunakan untuk mendorong mereka melakukan tindakan skala kecil dan memanfaatkan peluang konversi di masa mendatang.

#3. Pengurutan Orientasi

Dengan pengurutan orientasi, pelanggan harus dibiasakan dengan produk atau layanan yang disediakan oleh perusahaan Anda. Email ini memberikan semua informasi yang diperlukan tentang bagaimana orang dapat menggunakan produk Anda dan bagaimana mereka dapat memanfaatkannya sebaik mungkin.

#4. Pengurutan Acara

Email pengurutan acara mirip dengan email konversi. Mereka bertujuan untuk mendorong tindakan pengguna, seperti menghadiri webinar, pertemuan langsung, atau peluncuran produk baru. Maksud dari email pengurutan acara adalah untuk memastikan kehadiran maksimum untuk acara dan memberi tahu pelanggan tentang manfaat menghadiri acara tersebut.

#5. Urutan tindak lanjut

Pengurutan tindak lanjut dilakukan setiap kali pelanggan melakukan tindakan. Tindakan ini termasuk pembelian produk atau layanan, mendaftar untuk penawaran, atau menyelesaikan kursus. Selain itu, pengurutan tindak lanjut dikirim untuk memberi tahu pelanggan tentang diskon tambahan, promosi, atau produk terkait yang mungkin ingin mereka beli.

Baca Juga : CARA DAFTAR IPOT TERBARU: PANDUAN LANGKAH DEMI LANGKAH 

Manfaat Pengurutan Email

Pengurutan Email
(Sumber: Maxpixel.net)

Berikut adalah beberapa keuntungan dari pengurutan email.

#1. Pengurutan Email secara Otomatis

Pengurutan email terdiri dari dua jenis, yaitu pengurutan berbasis waktu dan pengurutan berbasis pemicu. Sementara email berbasis waktu dikirim pada interval waktu yang telah ditentukan, pengurutan berbasis pemicu didasarkan pada tindakan yang dilakukan oleh pengguna. Akibatnya, Anda tidak perlu khawatir untuk mengirim email secara manual dan mengatur pengingat untuk tetap berhubungan dengan pelanggan Anda. Email dikirim secara otomatis, berdasarkan tindakan yang dilakukan oleh pelanggan Anda.

#2. Urutan Email dapat Menghasilkan Tingkat Konversi Tinggi

Pengurutan email terdiri dari berbagai jenis, tergantung pada tindakan pengguna. Oleh karena itu, pengurutan email dapat membantu meyakinkan orang untuk membeli produk atau layanan Anda dan memperdalam hubungan Anda dengan mereka. Selain itu, dengan menggunakan urutan email tindak lanjut, Anda dapat tetap berhubungan dengan pelanggan Anda bahkan ketika mereka belum membeli produk Anda.

#3. Membantu Mencapai Tujuan Jangka Panjang

Karena email adalah salah satu mode komunikasi yang paling umum dan disukai, pengurutan email dapat membantu bisnis mencapai tujuan jangka panjangnya. Sasaran ini dapat berkisar dari menawarkan lebih banyak diskon dan penawaran, meluncurkan produk baru, atau memperoleh konsumen baru.

Baca Juga : CARA DAFTAR GOOGLE SCHOLAR DAN CARA MENGGUNAKAN YANG MUDAH 

Apa yang Harus Saya Cari di Penyedia Pengurutan Email?

Sudahkah Anda memutuskan untuk menggunakan pengurutan email? Ingin tahu bagaimana memilih penyedia fitur ini? Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ingat.

#1. Kemampuan untuk Segmentasi Pelanggan

Salah satu hal terpenting saat memilih penyedia pengurutan email adalah kemampuan untuk mengelompokkan pelanggan. Segmentasi pelanggan mengacu pada penyaringan pengguna berdasarkan persona, preferensi, dan pilihan pembelian mereka. Satu jenis email tidak dapat dikirim ke semua pelanggan. Email perlu disesuaikan dengan perilaku konsumen.

#2. Kemampuan untuk Memindahkan Pelanggan Antar Urutan

Karena urutan email memiliki kategori yang berbeda, pelanggan perlu dipindahkan menurut tindakan mereka. Setelah konsumen mendaftar pada merek Anda, Anda perlu mengirimi mereka email pemeliharaan, diikuti dengan email orientasi, email tindak lanjut, dan seterusnya.

#3. Template yang Dapat Disesuaikan

Satu template untuk semua pelanggan sangat tidak baik untuk digunakan. Template email perlu disesuaikan sesuai dengan perilaku pelanggan Anda. Oleh karena itu, sebelum memilih penyedia fitur ini, pastikan mereka memiliki banyak template email yang dapat disesuaikan.

Kesimpulan

Urutan email adalah metode yang efektif untuk membuat audiens Anda tetap terlibat. Jika Anda ingin membangun hubungan baik dengan pelanggan Anda, cobalah dengan pemasaran email.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram CaraDaftar.Id. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.