Bekerja di sebuah perusahaan selama kurun waktu tertentu, pastinya memerlukan validasi. Baik itu melalui bukti dalam bentuk lisan maupun tulisan, salah satunya dengan mempunyai surat keterangan kerja.

Surat ini adalah bukti tertulis yang berisi pernyataan dari pihak perusahaan yang menyatakan sedang atau pernah bekerja di perusahaan tersebut. Meskipun begitu, penerbitan surat ini cukup penting dimiliki untuk berbagai keperluan. Oleh karenanya, ketahui cara membuat surat keterangan kerja dan jenis-jenisnya sebagai berikut.

Baca Juga : Rahasia Menulis Surat Lamaran Kerja dan Daftar Riwayat Hidup yang Terbukti Berhasil

Fungsi Surat Keterangan Kerja

fungsi surat kerja
(Sumber: Lifepal.co.id)

Beberapa fungsi surat keterangan kerja itu di antaranya diperlukan untuk berikut ini:

1. Mengajukan Kredit

Produk kredit atau pinjaman uang dari bank maupun lembaga keuangan lainnya selalu ada syarat agar melampirkan surat keterangan kerja sebagai salah satu dokumen untuk pengajuan kredit.

Adanya surat ini, maka calon kreditur membuktikan bahwa dirinya merupakan karyawan di sebuah perusahaan, dan membuktikan jumlah penghasilan bulanan yang diterima melalui slip gaji.

Dari adanya keterangan pekerjaan dan penghasilan yang tetap itu, maka kemudian akan diputuskan oleh pihak lembaga keuangan mengenai besaran pinjaman yang akan disetujui.

2. Proses Lamaran Kerja

Ketika ingin pindah tempat kerja, untuk pengajuan lamaran kerja suatu perusahaan dalam beberapa proses pelamaran kerjanya (biasanya di tingkat supervisor, manager, dan level atas lainnya) membutuhkan lampiran surat keterangan kerja. Hal ini untuk membuktikan bahwa sang pelamar kerja memang pernah bekerja di perusahaan terdahulu dalam kurun waktu tertentu.

Selain itu, surat ini juga membuktikan rekam jejak karier serta kemampuan dari pelamar. Tentunya ini akan memberikan kemudahan bagi pelamar untuk mendapatkan jabatan yang sesuai dengan kemampuannya.

3. Pencairan Dana Asuransi dan JHT BPJS Ketenagakerjaan

Bagi seorang karyawan di sebuah perusahaan, tentunya memiliki asuransi kesehatan dan tabungan dana Jaminan Hari Tua (JHT) dari BPJS Ketenagakerjaan.

Surat keterangan kerja ini perlu disertakan untuk mencairkan dana asuransi kesehatan dan dana JHT setelah mengundurkan diri atau pensiun.

4. Pembukaan Rekening Bank

Bagi yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, maka surat keterangan kerja dibutuhkan. Hal ini diperlukan sebagai dokumen yang dilampirkan saat pengajuan pembukaan rekening bank di kantor cabang bank yang tidak sesuai dengan alamat yang ada di KTP.

Surat ini membuktikan bahwa sedang berada di daerah yang tidak sesuai dengan domisili KTP untuk alasan pekerjaan.

5. Pengajuan Beasiswa

Membuat surat keterangan kerja juga dibutuhkan untuk syarat pengajuan beasiswa. Sekarang sudah banyak program beasiswa yang diberikan untuk tingkat sekolah maupun perguruan tinggi.
Untuk itu, bila ingin mengajukan beasiswa dari jalur profesional, maupun pengajuan beasiswa untuk anak, maka segeralah membuat surat keterangan kerja.

Baca Juga : Jawaban-Jawaban Terbaik Pertanyaan Alasan Melamat Pekerjaan

Cara Membuat Surat Keterangan Kerja

cara membuat surat keterangan kerja
(Sumber: Glints.com)

Sebenarnya, surat keterangan kerja harus dikeluarkan langsung oleh pihak perusahaan tempat bekerja, sehingga hanya perlu memintanya melalui pengajuan ke HRD.

Akan tetapi, ada beberapa perusahaan yang meminta karyawannya untuk membuat sendiri surat ini sesuai dengan kebutuhan yang kemudian akan dilegalisir dengan tanda tangan pimpinan atau cap perusahaan.

Informasi yang Harus Tercantum

Untuk membuat surat keterangan kerja, terdapat beberapa informasi yang perlu tercantum di dalamnya, di antaranya:

  1. Kop surat yang ditulis di bagian atas dan bawah surat, terdiri dari logo, nama, alamat, dan kontak perusahaan.
  2. Nomor surat dan perihal surat.
  3. Keterangan tanggal saat dibuatnya surat tersebut. Letak tanggal bisa ditempatkan setelah penulisan nomor dan perihal surat, dan sebelum tanda tangan pimpinan perusahaan.
  4. Keterangan identitas, terdiri dari nama, jabatan, alamat, nomor HP atau e-mail pimpinan perusahaan sebagai pemberi pernyataan.
  5. Keterangan identitas. Terdiri dari nama, alamat, nomor HP, e-mail, jabatan, dan lama waktu bekerja sebagai orang yang ditunjuk dalam pernyataan tersebut.
  6. Keterangan penilaian dari pemberi pernyataan atas kinerja karyawan di jabatan tersebut, serta alasan berhenti bekerja. Hal ini optional, sesuai dengan kebutuhan.
  7. Tanda tangan oleh pimpinan perusahaan sebagai pemberi pernyataan dan atau cap perusahaan sebagai tanda legalisir surat.

Baca Juga : Pahami Apa Itu CV dan Cara Membuat CV Sesuai Standar Perusahaan

Jenis-Jenis Surat Keterangan Kerja

jenis-jenis surat keterangan kerja
(Sumber: Magazine.job-like.com)

Dilihat dari berbagai kepentingan dan isinya, maka jenis-jenis surat keterangan kerja dibagi menjadi surat keterangan dagang, surat keterangan bank, dan surat keterangan jabatan. Berikut penjelasannya:

1. Surat Keterangan Dagang

Surat keterangan dagang merupakan suatu surat yang diberikan oleh sebuah perusahaan kepada perusahaan lain (yang akan menjadi kreditur) tentang keadaan calon debitur orang yang pernah menjadi langganan atau relasi dari pemberi informasi.

2. Surat Keterangan Bank

Surat keterangan bank merupakan suatu surat yang dikeluarkan oleh bank, yang berisi keterangan perusahaan yang menjadi nasabahnya. Keterangan yang diberikan ini berkaitan dengan keuangan calon debitur yang menjadi nasabah bank tersebut, kejujuran pembayaran hutangnya kepada bank, dan sebagainya.

3. Surat Keterangan Jabatan

Surat keterangan jabatan merupakan suatu surat yang diberikan sekolah atau perusahaan mengenai seseorang yang pernah bersekolah atau bekerja di tempat pemberi informasi. Keterangan ini mengenai kepribadian, kreativitas, dan sebagainya.

Contoh Surat Keterangan Kerja

MP TUNAS HARAPAN MANDIRI
Jalan Cempaka Raya Nomor 02, Kedaton Bandar Lampung
Telp. (0721) 987 055
Bandar Lampung, 20 Juli 2020


SURAT KETERANGAN KERJA
Nomor : ……………………………….

Yang bertanda tangan di bawah ini, menerangkan bahwa:

Nama : Zian Dzulfiqor
Jabatan : Guru Matematika

Adalah benar karyawan dari SMP TUNAS HARAPAN MANDIRI terhitung sejak 17 Juni 2018 sampai dengan 20 Juli 2020.

Selama berkerja sama, yang bersangkutan telah menunjukkan dedikasinya dan loyalitas yang sangat baik bagi sekolah dan selama bekerja pun, yang bersangkutan tidak pernah merugikan sekolah dalam bentuk apapun.

Melalui surat ini kami memberikan penilaian yang baik kepada yang bersangkutan dan mengucapkan terima kasih. Selain itu, diharapkan surat ini dapat membantu yang bersangkutan untuk dapat lebih sukses dimasa depan.

Demikian surat keterangan ini dibuat agar dapat digunakan dengan sebagaimana mestinya.

Bandar Lampung, 20 Juli 2020
Kepala Sekolah SMP Tunas Harapan Mandiri

Retno Yulianingsih, M.Pd.

PT. Prima Sentosa Sejahtera
Jl. Pegangsaan No.3F
Samarinda
0411-2019191


SURAT KETERANGAN KERJA
No : 041/SK.PSS/VIV/2020

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Drs. Lussy Purnama
Jabatan: Direktur
Alamat: Jl. Pengangsaan No.3F
Telp: 031-9789099

Menerangkan Bahwa:

Nama: Andi Susanto
Tempat. Tgl. Lahir: Tj. Unta, 11 Oktober 1996
Alamat: Jl. Santai Gg. Sepeda No.33

Adalah benar-benar karyawan perusahaan kami dengan jabatan sebagai Wirehouse Leader, terhitung semenjak 10 Januari 2018 sampai dengan saat ini.

Demikian surat keterangan ini kami buat agar dapat digunakan dengan smestinya.

Makassar, 22 April 2020
Direktur
PT. Prima Sentosa Sejahtera

Drs. Prima Adjisuprapto

Demikian cara membuat surat keterangan kerja dan jenis-jenisnya. Semoga dapat membantu dan menjadi referensi untuk membuat surat keterangan kerja yang baik.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram CaraDaftar.Id. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.