Tugas marketing manager yang paling utama adalah mengatur strategi pemasaran suatu produk atau jasa dari perusahaannya. Sehingga bisa dikatakan peran manager di bidang marketing memang sangat vital. Karena tanpa strategi pemasaran yang tepat, perusahaan nantinya akan kesulitan saat memasarkan produknya.

Pekerjaan seorang marketing manager tidak semudah kelihatannya. Posisi ini memerlukan seseorang yang handal dan berpengalaman di bidangnya. Oleh karena itu terdapat persyaratan dan kualifikasi yang harus dipenuhi untuk mengisi posisi marketing manager.

Lantas apa saja tugas serta persyaratan seorang marketing manager? Langsung saja simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Baca Juga : Pengertian dan Tugas Marketing Komunikasi untuk Bisnis

Peran dan Tugas-Tugas Marketing Manager 

Marketing manager adalah manager yang memimpin divisi marketing atau pemasaran. Tugasnya tentu saja mengenai seputar pemasaran produk perusahaan. Keberhasilan pemasaran suatu produk ditentukan berdasarkan strategi yang dibuat oleh marketing manager. Oleh karenanya manager di bidang marketing memiliki tugas-tugas sebagai berikut.

1. Mengkoordinasikan Strategi Pemasaran Produk

Mengkoordinasikan Strategi Pemasaran Produk
(Sumber: Harmony.co.id)

Yang pertama adalah membuat strategi pemasaran produk. Marketing manager harus dapat menyusun konsep bagaimana produk perusahaan akan dipasarkan pada masyarakat. Yakni dimulai dari melakukan identifikasi, kemudian mengembangkan konsep hingga mengevaluasi strategi pemasaran yang dibuat.

Untuk membuat strategi pemasaran ini, marketing manager perlu mempertimbangkannya dengan banyak hal. Diantaranya tujuan berdirinya perusahaan, budget, karakteristik pasar, hingga faktor kenaikan harga. Sehingga dari konsep tersebut akan dihasilkan strategi pemasaran yang tepat sasaran dan proses kampanye pun berhasil.

Namun di beberapa perusahaan peran marketing manager hanya sekadar evaluator, yakni mengevaluasi strategi pemasaran produk perusahaan. Mereka dapat bertanggungjawab untuk semua produk, atau hanya satu produk saja.

Meski begitu pada umumnya marketing manager memang mengerjakan keduanya, yakni sebagai konseptor dan evaluator. Ketika merancang konsep pemasaran, marketing manager mendiskusikannya bersama seluruh tim yang berhubungan dengan produk. Namun saat melakukan evaluasi strategi pemasaran, marketing manager hanya berhubungan dengan tim marketing saja yang bertanggungjawab dalam pemasaran produk.

2. Mengatur Budget Promosi

Selain mengkoordinasikan strategi pemasaran, marketing manager juga bertugas dalam mengatur dan mengevaluasi aspek keuangan untuk kebutuhan pemasaran produk. Mengingat dalam melakukan kampanye atau promosi tim marketing tidak hanya menggunakan satu macam media promosi saja, sehingga dibutuhkan pengelolaan budget yang tepat. Adapun aspek-aspek yang diperhatikan antara lain anggaran, pengeluaran, proyeksi laba rugi, penelitian dan pengembangan alokasi, serta laba atas investasi.

3. Mengawasi Kinerja Manajemen Pemasaran

Tugas seorang marketing manager juga termasuk mengawasi kinerja manajemen pemasaran. Termasuk dengan melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap promosi serta penjualan produk.

4. Monitoring Pertumbuhan Perusahaan

Untuk mengetahui apakah strategi pemasaran telah tepat sasaran, maka manager marketing juga melakukan monitoring terhadap pertumbuhan perusahaan. Dalam hal ini meliputi evaluasi dampak yang terjadi setelah kampanye atau promosi dijalankan, yaitu tingkat kepercayaan pengguna/pelanggan terhadap produk yang ditawarkan, hingga seberapa jauh pengguna atau konsumen mau terus menggunakan produk tersebut.

5. Membuat Laporan Kegiatan

Selain merencanakan, menjalankan serta mengevaluasi strategi pemasaran, marketing manager juga bertanggung jawab dalam membuat laporan kegiatan. Laporan kegiatan tersebut berfungsi sebagai pertanggungjawaban seluruh aktivitas marketing dalam pemasaran, penjualan serta promosi produk. Laporan ini dibuat setiap sebulan sekali untuk diserahkan kepada Direktur Utama maupun CEO.

Baca Juga : 10 Tugas Admin Marketing, Kualifikasi dan Gaji yang Layak

6. Mengarahkan Karyawan

Mengarahkan Karyawan
(Sumber: Bali.tribunnews.com)

Tak kalah pentingnya tugas seorang marketing manager adalah mengarahkan karyawan di dalam tim pemasaran. Manager harus memiliki leadership yang baik untuk mengarahkan tim atau bawahannya menjadi karyawan yang profesional, efektif dan efisien. Sekaligus membina karyawan untuk dapat memanfaatkan seluruh sumber daya yang ada secara optimal demi kepentingan perusahaan.

Selain itu marketing manager juga bertugas memonitor serta mengevaluasi kinerja karyawan di bawah tanggung jawabnya.

Persyaratan dan Kualifikasi Marketing Manager

Tugas-tugas dengan tanggungjawab yang besar tentu membutuhkan persyaratan dan kualifikasi untuk mengisi posisi ini. Karena tentunya perusahaan menginginkan manajer bagian marketing yang handal dan berpengalaman. Nah, apabila ingin mengisi jabatan ini, simak apa saja persyaratan dan kualifikasinya berikut ini.

1. Pendidikan Terakhir

Untuk mengisi posisi marketing manager, perusahaan menginginkan lulusan sarjana dari jurusan yang selini dengan pekerjaannya. Yaitu jurusan ilmu bisnis, manajemen, serta jurusan relevan lainnya. Tak jarang juga perusahaan menginginkan lulusan master atau S2 untuk menempati posisi ini.

Biasanya untuk menduduki jabatan manager, diperlukan pengalaman di bidang yang sama setidaknya 1-2 tahun. Fresh graduate biasanya akan lebih banyak dibutuhkan untuk mengisi posisi staff marketing atau sales.

2. Keterampilan yang Harus Dimiliki

Tidak hanya ijazah dan latar belakang pendidikan saja yang diperhatikan, melainkan juga keterampilan lainnya. Kandidat yang memiliki keterampilan di bidang yang dibutuhkan dalam marketing sudah pasti akan berpeluang lebih besar untuk diterima. Adapun keterampilan yang dibutuhkan terdapat 2 macam, yaitu soft skill dan hard skill.

Hard skill yang dibutuhkan adalah pengetahuan di bidang digital marketing dan pemasaran. Karena zaman sekarang semuanya sudah serba digital, maka seorang marketing manager harus melek teknologi. Pengetahuan digital marketing yang harus dipahami dan dikuasai oleh marketing manager diantaranya sosial media, google analytics, serta Search Engine Optimization atau SEO.

Pengetahuan di bidang pemasaran juga penting dimiliki seorang manager marketing. Terutama pengetahuan mengenai prinsip-prinsip serta metode promosi dalam penjualan produk berbentuk barang atau jasa. Pengetahuan bidang ini juga meliputi strategi pemasaran, demonstrasi produk, teknik penjualan, hingga sistem kontrol penjualan.

Hard skill lainnya yang diperlukan adalah administrasi dan manajemen, serta layanan pelanggan dan personal. Pengetahuan administrasi dan manajemen yang harus dimiliki diantaranya alokasi sumber daya, permodelan SDM, metode produksi, teknik kepemimpinan, serta koordinasi antara orang dengan sumber daya. Lalu pengetahuan layanan pelanggan dan personal meliputi penilaian kebutuhan pelanggan, evaluasi kepuasan pelanggan, serta pemenuhan standar kualitas layanan.

Sehingga soft skill yang dibutuhkan dalam pekerjaan ini meliputi kemampuan analisis, leadership, skill berorganisasi serta skill komunikasi.

3. Kepribadian yang Dibutuhkan

Marketing manager juga dituntut memiliki kepribadian yang sesuai dengan bidang pekerjaanya. Inilah daftar kepribadian yang harus dimiliki oleh seorang marketing manager:

  • Manajemen waktu yang baik.
  • Dapat bekerja sama dalam tim.
  • Berorientasi pada detail.
  • Dapat berpikir analitis.
  • Problem solver.
  • Suka dan aktif belajar.

Baca Juga : 10 Tugas Admin Gudang Lengkap Beserta Standar Gaji Terbaru

Gaji Marketing Manager

Gaji Marketing Manager
(Sumber: Talenta.co)

Gaji dari setiap pekerjaan biasanya sebanding dengan tugas dan tanggungjawabnya. Marketing manager adalah posisi vital dalam suatu perusahaan, strategi dan kinerjanya dapat menentukan keberhasilan pemasaran dari suatu produk. Tentu saja peranan dan tanggungjawabnya sangat besar, sehingga pantas untuk diberi gaji yang besar pula.

Umumnya kisaran gaji seorang marketing manager sebesar Rp10 juta hingga Rp12,5 juta. Nominal gaji bisa saja berbeda sesuai kebijakan perusahaan masing-masing. Jenjang karir marketing manager juga cukup menjanjikan di masa depan sehingga dapat menjadi pilihan karir bagi mahasiswa jurusan manajemen atau ilmu bisnis.

Demikian penjelasan mengenai tugas marketing manager. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram CaraDaftar.Id. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.