Umumnya seorang karyawan kantoran harus bekerja di kantor selama hampir seharian, mulai pagi hingga sore, bahkan ada juga yang sampai malam. Tentunya jika ruang kerjanya tidak nyaman, bekerja juga tidak akan menyenangkan dan malah rentan membuat bosan dan penat. Maka dari itulah pengelolaan ruangan kerja kantor harus diatur dengan sebaik mungkin dengan mempertimbangkan kenyamanan, keindahan, dan juga segi efektivitas.
Strategi Mengelola Ruangan Kerja Kantor
Sebenarnya tidak sulit untuk mengelola ruangan kerja kantor agar lebih efektif dan juga nyaman. Tidak pula membutuhkan banyak waktu dan biaya untuk mengelola ruangan kerja kantor agar lebih efektif. Yang harus diterapkan adalah aspek keindahan dan kenyamanan, sehingga bekerja juga lebih menyenangkan dan performa kerja pun akan meningkat. Ada 9 strategi yang bisa dilakukan untuk mengelola ruangan kerja kantor, diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Memberikan Tanaman Hidup di Meja Kerja
Salah satu tips untuk memperindah ruangan kerja kantor adalah dengan memberikan tanaman hidup sebagai hiasan di meja kerja. Tanaman hidup sangat penting supaya rasa penat akibat bekerja bisa sedikit berkurang. Khususnya bagi yang bekerja di ruangan tertutup dan memiliki ruang gerak yang sangat terbatas.
Tanaman hidup yang bisa ditempatkan di ruangan kerja salah satunya kaktus hias. Kaktus hias dengan berbagai pilihan bentuk yang menarik dan ukuran yang kecil akan sangat bermanfaat untuk mengurangi stress akibat bekerja. Jadi selama beberapa menit sekali, alihkan pandangan dari layar komputer/laptop barang sejenak dengan melihat tanaman hias di meja. Adanya tanaman hidup ini dapat memberikan energi positif serta membuat meja kerja terlihat lebih segar.
Dari segi efektivitas, adanya tanaman hidup ini juga sangat bermanfaat untuk memberikan nilai estetika. Sehingga stress bisa dikurangi dan dalam waktu yang bersamaan keindahan meja kantor juga bisa meningkat.
2. Mengatur Pencahayaan
Supaya bekerja lebih nyaman, maka perlu adanya pengaturan pencahayaan di ruangan kerja. Terutama bagi yang bekerja di dalam ruangan. Umumnya ruangan kerja kantor sudah diberi lampu utama, tapi mungkin pencahayaannya masih kurang terang karena berbagai faktor. Kalau alasannya karena tertutupi oleh barang-barang lain seperti lemari, maka lakukan penataan ulang barang-barang tersebut supaya tidak menghalangi cahaya.
Kalau pencahayaannya minim karena meja kerja berada di sudut ruangan, bisa dengan menambahkan lampu meja. Sudah tersedia banyak jenis desk lamp yang bisa digunakan untuk memaksimalkan pencahayaan di meja kerja. Dengan menggunakan desk lamp ini, maka masalah pencahayaan di meja kerja akan tersolusi dan kesehatan mata juga terjaga.
3. Menambahkan Laci Kecil
Bekerja akan lebih nyaman apabila meja bersih dari barang-barang kecil yang berserakan. Akan terasa penat sekali saat melihat meja kerja yang berantakan oleh barang-barang kecil seperti alat tulis, ponsel, usb, dan sebagainya yang diletakkan sembarangan karena kalau ditaruh di laci meja pasti akan sulit mencarinya karena ruang yang terlalu besar. Untuk itu, cara agar ruangan kerja kantor lebih efektif adalah dengan memberikan laci susun kecil.
Menambahkan laci susun kecil ini, akan secara khusus digunakan untuk menaruh barang-barang kecil. Laci susun kecil ini bisa ditempatkan di atas meja, dan barang-barang kecil dapat disimpan dengan cara dikelompokkan. Sehingga tidak ada lagi barang-barang yang berserakan di atas meja, dan akan sangat mudah mencari barang yang diinginkan.
Baca Juga : Situs Pencari Kerja Terbaik untuk Korban PHK Akibat Corona
4. Memasang Papan Tambahan
Untuk pengingat jadwal atau to do list, kita bisa menambahkan papan tambahan supaya lebih efektif dan jadwal kegiatan bisa terlaksana dengan tepat waktu. Papan tambahan ini bisa dibuat dari bahan apa pun. Bisa dengan menggunakan papan tulis kecil, sterofoam, maupun kertas karton. Tempatkan papan tambahan itu di tempat yang strategis, dalam artian mudah dijangkau dan bisa dibaca jelas. Memasang papan tambahan ini sangat membantu bagi yang suka membuat memo atau catatan penting terkait tugas-tugas maupun hal penting lainnya.
Pastikan untuk mendapat izin terlebih dahulu dari atasan untuk memasang papan tambahan ini. Disarankan pemasangan papan tambahan ini tidak merusak dinding maupun barang-barang milik kantor.
5. Mengatur Tempat Duduk Menjadi Senyaman Mungkin
Bekerja di kantor rata-rata dilakukan sambil duduk. Duduk yang terlalu lama sambil menghadap layar laptop atau komputer dapat mempengaruhi kesehatan tubuh seseorang. Apalagi jika tempat duduknya tidak nyaman sekali, masalah kesehatan seperti sakit punggung, sakit leher, dan sebagainya akan lebih sering terjadi.
Untuk itu buat tempat duduk menjadi senyaman mungkin. Semisal dengan menambahkan bantal kursi, atau bisa juga dengan menambahkan selimut bulu di permukaan kursi jika dudukannya terasa keras. Atau kalau memungkinkan gantilah dengan tempat duduk yang lebih nyaman.
6. Menyiapkan Tempat Sampah Kecil
Untuk yang bekerja di satu ruangan yang digunakan bersama, biasanya sudah disediakan tempat sampah di sudut ruangan. Hanya saja sebagian orang terlalu malas untuk beranjak dari kursi hanya untuk membuang sampah karena mungkin sedang banyak tugas yang dikerjakan sehingga harus tetap stay di meja kerja.
Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya menyiapkan keranjang sampah kecil yang bisa ditempatkan di bawah meja. Jadi membuang sampah tidak perlu beranjak dari kursi, cukup dengan dilemparkan ke keranjang sampah yang sudah disiapkan di bawah meja. Begitu keranjang sampahnya sudah penuh, bisa langsung diubah ke tempat sampah yang lebih besar. Dengan begitu ruang kerja akan bersih dan teratur dan tentu saja efektif karena tidak perlu beranjak dari tempat kerja hanya untuk membuang sampah.
Baca Juga : Faktor-Faktor yang Memotivasi Karyawan Gila Kerja di Kantor
7. Memasang Wallpaper
Jenuh bekerja dapat diakibatkan juga karena tampilan ruangan yang monoton. Semangat bekerja jadi lebih mudah surut kalau tampilan ruangannya hanya berupa cat putih polos saja tanpa ada hiasan apa pun yang menarik perhatian.
Menyiasati ini, pekerja kantoran dapat memasang wallpaper supaya dinding ruangan kerja menjadi lebih menarik dan hidup. Tentunya harus dengan seizin atasan. Jika satu ruangan digunakan untuk bersama, maka dapat didiskusikan bersama terkait motif wallpaper yang diinginkan. Dengan begitu ruangan kerja bisa menjadi lebih hidup dan semangat kerja akan bangkit.
8. Menambahkan Furniture
Menambahkan furniture dalam pengelolaan ruangan kerja kantor dapat dipertimbangkan sesuai kebutuhan. Misalnya dengan menambahkan rak untuk menyimpan buku-buku bacaan maupun hiasan. Penambahan furniture baru dapat menjadi solusi supaya ruangan tetap tertata rapi dan tidak berantakan.
Sebaiknya dipertimbangkan sesuai space yang tersedia. Kalau ruangan kerja kantor sudah cukup penuh dengan furniture yang besar, bisa dengan menambahkan furniture minimalis. Atau kalau memungkinkan bisa dengan mengganti ulang semua furniture dengan furnitur yang baru dengan manfaat yang lebih praktis.
9. Menyimpan Barang-barang dengan Cara Dikelompokkan
Barang-barang seperti alat tulis, kertas, buku, dan sebagainya adalah barang-barang yang paling banyak digunakan saat bekerja. Supaya lebih mudah untuk menyimpan serta menemukan barang-barang tersebut, maka lakukan pengelompokkan.
Salah satu contohnya adalah dengan memisahkan tempat penyimpanan untuk kertas HVS dan kertas bergaris. Dengan cara ini, ruangan kerja kantor akan lebih tertata dan tidak berantakan. Hal ini juga sangat efektif untuk menyiasati lupa menaruh barang-barang yang penting.
Baca Juga : Cara Ajaib untuk Meningkatkan Motivasi Bekerja di Kantor
Nah itulah 9 strategi pengelolaan ruangan kerja kantor yang bisa dilakukan oleh para karyawan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba ya!
Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram CaraDaftar.Id. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.